NEWS

Saingi Facebook, Google Hadirkan News Feed Berbasis Machine Learning

Dikdok   30 Jul 2017
Saingi Facebook, Google Hadirkan News Feed Berbasis Machine Learning

20 tahun sudah berlalu sejak Google hadir untuk meramaikan dunia online. Kala itu, bahkan hingga saat ini, Google hadir melalui sebuah laman utama yang minimalis dengan menghadirkan sedikit elemen, seperti logo atau doodle dalam kolom search. Namun, tak lama lagi, hal tersebut kemungkinan akan sedikit berubah.

Pasalnya, Google diketahui tengah berencana untuk menambahkan fitur aliran berita (News Feed) pada halaman utamanya untuk versi dekstop dan mobile. Aliran berita tersebut saat ini barulah ditambahkan ke aplikasi utama Google untuk Android dan App Store. Sedangkan untuk laman web, fitur ini diketahui akan segera menyusul nanti.

Untuk melakukan pemilihan topik berita-berita yang muncul, Google bakal memanfaatkan teknologi machine learning yang dikembangkannya untuk menelusuri aktivitas pencarian yang biasa dilakukan oleh seorang pengguna. Hal tersebut dilakukan agar topik berita-berita yang muncul pada aliran berita tersebut akan disesuaikan dengan minat dan kesukaan sang pengguna.

Aliran berita yang muncul juga akan mencerminkan tingkat ketertarikan dari pengguna tersebut terhadap topik berita-berita yang muncul. Misalnya, jika pengguna yang dimaksud lebih menyukai fotografi dibandingkan dengan fitness, maka hal ini akan terlihat dari aliran berita di layanan Google milik pengguna itu.

Selain itu, wilayah geografis juga diketahui akan menentukan informasi-informasi apa saja yang akan dimunculkan pada aliran berita tersebut. Hal tersebut mungkin untuk dilakukan apabila sang pengguna berkenan untuk memberikan informasi mengenai posisinya kepada Google.

Melalui aplikasi Google, para pengguna juga bisa untuk mengikuti perkembangan sebuah topik dengan pilihan “Follow.” Pun begitu halnya yang terjadi bila ada topik-topik yang tidak diinginkan pengguna untuk dimunculkan di aliran berita. Hal tersebut bisa dengan mudah diatur pada aliran berita milik Google ini.

Aplikasi Google versi terbaru di iOS dan Android sudah dibekali dengan fitur News Feed ini. Belum diketahui menyoal kapan kemungkinan bagi fitur serupa akan mulai dimunculkan di situs web Google versi desktop dan mobile.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top