REVIEW

Saatnya Kembali ke Dunia Jade Dynasty di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   11 Jun 2019
Saatnya Kembali ke Dunia Jade Dynasty di Ponsel Pintarmu

Bagi para penggemar MMORPG Jade Dynasty, mungkin sempat berkecewa hati akibat penutupan servernya di tahun 2018 kemarin. Penggemar game MMORPG yang sudah setia mengikuti permainan tersebut dari awal berdirinya di tahun 2007, sudah pasti bersedih dan mengucapkan selamat tinggal kepada salah satu game Wuxia dari negeri China ini. Tapi jangan khawatir, karena kini Jade Dynasty hadir di tanganmu dalam bentuk game mobile.

Jade Dynasty Mobile Indonesia

Dibawakan oleh penerbit game lokal Mobiku, Jade Dynasty versi mobile pun hadir di ponsel pintar dalam bahasa lokal juga, Indonesia. Jade Dynasty yang merupakan adaptasi dari novel ternama Zhu Xian, mengambil setting di dunia China kuno, di mana rahasia hidup abadi dan kesempurnaan ilmu bela diri dipertarungkan oleh enam faksi manusia, yang pada akhirnya merembet hingga perang melawan faksi setengah dewa. Inilah saatnya kalian mengikuti kembali kisah romansa kungfu ini di ponsel pintarmu.

Mengulang Kembali dari Awal

Salah satu kekurangan dari Jade Dynasty versi mobile ini dibandingkan dengan versi PC nya adalah tidak lengkapnya job class yang diberikan. Well, memang game-nya masih awal sekali, jadi memang hanya tersedia enam buah class saja yaitu Swordmage, Warrior, Berserker, Priest, Brawler dan Mystic saja. Jadi memang bagi para veteran Jade Dynasty tidak akan bisa melanjutkan karakter mereka di game ini, karena memang game ini adalah versi yang berbeda.

Sebagian Besar berjalan secara Otomatis

Seperti game-game RPG mobile terkemuka, Jade Dynasty pun memiliki sistem otomatisasi yang mempermudah permainan. Pemain cukup menyentuh tombol Quest saja untuk menyuruh karakter buatannya pergi melakukan quest tersebut secara otomatis. Bahkan untuk bertarung pun, tersedia tombol Auto Combat yang akan mengotomatisasikan pertarungan sehingga pemain sama sekali tidak perlu berbuat apa-apa.

Virtual Analog bagi Pemain yang ingin Lebih Personal

Tentu saja, bagi mereka yang ingin memainkan game-nya dengan lebih personal, bisa mematikan fungsi auto tersebut dan menggunakan virtual analog yang berada di bagian kiri bawah layar untuk menggerakkan karakter serta menggunakan tombol-tombol virtual yang ada di sebelah kanan bawah layar untuk menyerang dan menggunakan skill.

Terbang Bebas menggunakan Esper

Salah satu fitur unik di Jade Dynasty adalah penggunaan Esper yang bisa membawamu terbang keliling di dunia Jade Dynasty. Asyik lho, terbang menikmati pemandangan dunia Jade Dynasty dari atas langit.

Multiplayer dan PvP

Selain mengikuti cerita utama Jade Dynasty, pemain juga bisa membentuk party bersama dengan pemain lain untuk membersihkan dungeon yang menantang. Selain itu, game ini juga menyediakan fitur Cross Server PvP di mana untuk kalian yang merasa sudah terlalu jago di satu server, bisa langsung menantang pemain dari server lain tanpa perlu menciptakan karakter baru di server tersebut. Ditambah dengan keberadaan fitur Territory War serta Wedding System, dijamin membuat pengalaman bermain Jade Dynasty menjadi semakin seru.

Dunia Jade Dynasty yang Cantik

Pemain Jade Dynasty dijamin akan puas dengan grafis versi mobilenya. Dunia Jade Dynasty tetap tampil dalam 3D High Definition yang cantik, bahkan bisa di-zoom untuk melihat karakternya dari jarak dekat dengan mendetail. Apalagi animasi yang digunakan ketika sedang bertarung melawan musuh, terlihat seperti pertarungan silat yang keren. Yang pasti, dukungan lagu bernuansa Mandarin, voice acting berbahasa Chinese, serta text yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia, membuat permainan lebih menyenangkan dan terasa otentik.

Pembuatan Karakter dan Kustomisasi

Bagi penggemar character creation, Jade Dynasty menyediakan sebuah pembuatan karakter yang cukup sederhana namun cukup bisa membuat karaktermu menjadi seorang individu yang unik. Ada pilihan wajah, pilihan rambut, serta pilihan pakaian yang akan membuatmu tampil berbeda dengan pemain lain. Tentu saja, selain pilihan kustomisasi awal, nantinya kalian akan bisa membeli kustomisasi premium yang menyediakan lebih banyak lagi rambut dan kostum yang keren.

Tetap Hadir secara Gratis

Jade Dynasty dihadirkan secara free-to-play oleh Mobiku, dan berhubung jiwa dari game ini adalah MMORPG, maka pemain pun wajib memainkannya secara online. Tersedia sebuah in-game Store untuk membeli berbagai macam hal, termasuk mata uang premium yang bisa digunakan untuk membeli berbagai hal seperti kostum, mount, rambut, dan lain sebagainya.

Secara garis besar, Jade Dynasty versi mobile ini adalah game yang sangat cantik, namun pemain harus bersedia menghabiskan sekitar 700MB untuk bisa menjalankan game-nya. Untungnya, penggunaan mobile data Jade Dynasty Mobile tidaklah terlalu berat, jadi jangan khawatir kalau game ini akan menghabiskan kuota kalian. Sedih kehilangan karakter Jade Dynasty kalian di PC? Ini saatnya kembali ke dunia Jade Dynasty di ponsel pintarmu!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top