REVIEW

Saatnya Jadi Penguasa di GOT: Winter is Coming Mobile!

Recca   23 Jul 2020
Saatnya Jadi Penguasa di GOT: Winter is Coming Mobile!

Satu lagi rilis game yang diadaptasi dari nama beken Game of Thrones ciptaan George R.R. Martin. Setelah dibuat lebih dulu untuk PC dan keluar pada tahun lalu, game yang berjudul Game of Thrones: Winter is Coming inipun merambah ke genggaman pemain iOS dan Android pada pekan ini. Sebelumnya, game yang sama telah dimainkan para pengguna PC melalui rilisnya di beberapa platform seperti Facebook, Steam, dan GTarcade milik Yoozoo Games selaku developer game-nya sendiri. Berbeda dari beberapa versi permainan Game of Thrones yang sudah ada di mobile dalam berbagai genre, judul satu ini dibawa dengan mengusung genre real-time strategy.

Game dengan Lisensi Resmi dari WB Games dan HBO

Serial TV-nya sendiri memang sudah tamat, tapi nyatanya hal tersebut tidak menghentikan Game of Thrones untuk meneruskan ekspansinya di berbagai medium lainnya, termasuk dalam format game guna menarik khalayak yang lebih luas. Sebut saja Game of Thrones: Beyond the Wall yang beberapa waktu lalu telah keluar dengan genre tactic-RPG, atau bahkan Game of Thrones: A Telltale Games Series yang lebih dulu muncul beberapa tahun lalu dengan tipe permainan menyerupai interactive story. Itu barulah dua yang ada di mobile dari cukup banyak game Game of Thrones yang sudah ada di berbagai platform. Kini, rilis game-nya di platform mobile pun bertambah satu lagi dengan rilis mobile dari Game of Thrones: Winter is Coming.

Berbeda dari judul-judul lainnya, khusus untuk Winter is Coming ini tanggung jawab pengembangannya dipercayakan pada YOOZOO Games, developer sekaligus publisher game asal China. Sebelum Winter is Coming, YOOZOO dan platform GTarcade miliknya juga sempat dikenal dengan game-game mobile yang mungkin pernah kalian tahu seperti Legacy of Discord dan Saint Seiya Awakening. Jadi, meski game ini sendiri adalah sebuah real-time strategy yang awalnya dibuat untuk basis browser, Winter is Coming tetaplah sebuah game yang mengadaptasi konten Game of Thrones secara resmi. Tokoh-tokoh yang sudah para fansnya kenal dari dunia Seven Kingdoms dapat ditemukan hadir dan dapat direkrut di sini.

Bangun Kerajaan, Kumpulkan Sumber Daya

Saatnya fans Game of Thrones diajak untuk merasakan bagaimana rasanya memimpin sebuah kerajaan dan melakukan manajemen atas sejumlah aspek tertentu di dalamnya. Kalian yang pernah mencicipi Clash of Clans atau beberapa game browser/Facebook sejenis tentunya akan paham sedikit-banyaknya dengan dasar permainan Winter is Coming. Iya, basic-nya masih mirip-mirip kok… Hanya saja, unsur-unsur dari Game of Thrones tentulah yang jadi daya tarik utamanya. Terlepas dari kulit Game of Thrones yang dikenakannya, bisa dibilang game ini tidak terlalu banyak berbeda dibanding game-game strategi bertema serupa.

Mengatur kerajaan adalah satu-satunya hal yang akan kalian lakukan di sini. Tidak ada cerita yang dikemas dengan apik untuk para penikmat narasi, mengingat game ini merupakan sebuah game browser pada awalnya. Progress permainan dilangsungkan sebatas dengan basis sistem quest untuk membantu progress dalam mengerjakan dan mengetahui apa saja hal yang bisa kalian lakukan dengan kerajaan ini. Adapun hal-hal pokok yang dilakukan dalam game ini adalah mendirikan bangunan yang dibutuhkan, mengumpulkan sumber daya, membangun pasukan dan merekrut para tokoh Game of Thrones untuk ditempatkan sebagai Commander pasukan tersebut. Semuanya dilakukan dalam interface yang sederhana dan minim animasi, cukup dengan kontrol sentuh pada bangunan yang akan kalian interaksikan. Dengan menyelesaikan quest, kalian juga akan menerima reward yang bakal membantu dalam proses pembangunan kerajaan.

p>Sebagaimana mestinya sebuah kerajaan, pencapaian dalam game ini dapat dinilai dari besarnya pertumbuhan bangunan-bangunan dan armada perang kalian. Setiap bangunan memiliki level dengan persyaratan spesifik yang berkaitan dengan bangunan atau sumber daya lainnya. So, bangunan dan instrumen perang yang ada di sini memang butuh untuk dinaikkan secara merata. Dengan title dan level istana yang makin tinggi, lebih banyak lagi bangunan dan fitur juga akan terbuka di kerajaan kalian. Dan berhubung pembangunan masing-masing instrumen kerajaan ini dilakukan dengan memakan waktu, maka ada pertimbangan mengenai efektivitas dari kebutuhan mana yang mendapat prioritas lebih dulu.

Rekrut Para Commander dan Taklukkan Pasukan Lawan

Sementara mekanisme dasar permainan seperti di atas kedengarannya tergolong umum dari game-game strategi sejenis, faktor pembeda sekaligus daya tarik untuk game ini tentunya ada dengan hadirnya tokoh-tokoh Game of Thrones itu sendiri, yang di sini berperan sebagai Commander atas armada pasukan kalian. Para karakter ini bisa dikumpulkan melalui fitur gacha yang turut diterapkan game-nya, dimana peluang gacha ini bisa didapat dengan currency khusus yang di antaranya dapat diperoleh dari in-app purchase-nya. Tapi gacha di sini tidak hanya berlaku untuk mengumpulkan karakter, yang jika beruntung akan kalian dapatkan karakternya secara langsung dan hanya sekedar berupa shard-nya yang harus dikumpulkan mencapai jumlah tertentu jika kalian tidak cukup beruntung, melainkan juga untuk mendapatkan beragam skill yang dapat dipelajari para Commander tersebut. Dan bisa ditebak, tiap karakter Commander yang kalian miliki pun dapat dinaikkan level dan bintangnya, berikut equipment dan skill-nya.

Lantas, meningkatkan aspek kerajaan dan armada perangnya jelas percuma saja dilakukan bila game ini tidak disertai dengan fitur perang antar para pemainnya. Maka dari itu, bisa dilihat dari adanya kerajaan-kerajaan pemain lain yang tersebar di seluruh peta wilayah dan memiliki potensi masing-masing untuk diserang. Selain itu, Winter is Coming pun dilengkapi dengan House yang merupakan fitur guild di game ini. Berada dalam House akan memberikan keuntungan dengan sesama anggotanya yang dapat saling membantu untuk mempercepat proses pembangunan kerajaan masing-masing, bekerjasama dengan melakukan rally attack terhadap kerajaan lain, dan adanya House Shop dimana terdapat item & shard karakter untuk dibeli menggunakan House Coins yang hanya dapat diperoleh dari membantu anggota lain.

Sederhana, namun Bukan Ditujukan untuk Fans

Walau punya embel-embel judul Game of Thrones, nyatanya Winter is Coming terasa bukanlah sebuah game yang ditujukan bagi para pecinta adaptasi cerita A Song of Fire and Ice dari George R.R. Martin tersebut. Bisa dikatakan demikian lantaran game ini sendiri bukanlah adaptasi game dengan genre permainan yang mengemas narasi di dalamnya berikut aspek-aspek Game of Thrones yang kental, melainkan lebih sebagai game real-time strategy bergaya browser-based yang memang genrenya memiliki basis penggemarnya sendiri selama ini. Mekanisme permainan ini santai dan dapat dimainkan siapapun dengan waktu luang, namun dengan elemen Game of Thrones yang tidak lebih dari sekedar bungkus pemanisnya, cukup diyakini ini bukanlah sesuatu yang pasti diapresiasi para fansnya. Tapi jika kalian pada dasarnya adalah pemain yang pernah menggiati genre permainan semacam ini, mungkin Winter is Coming ini boleh juga kalian coba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top