REVIEW

RWBY: Amity Arena, Clash Royale berbalut Anime

Anduril   10 Feb 2019
RWBY: Amity Arena, Clash Royale berbalut Anime

Hal pertama yang kami ingat saat mendengar anime RWBY adalah nasib nahas sang kreatornya, Monty Oum. Orang yang pernah mengembangkan combat animation untuk Midway Games dan Afro Samurai ini telah meninggalkan kita karena efek alergi obat yang menderanya di tahun 2015. Tapi nama beliau tetap abadi melalui karya-karyanya termasuk RWBY.

Anime RWBY walaupun bergaya Jepang sejatinya merupakan serial anime asal Amerika. Anime ini mengambil latar tempat dalam dunia fiksi Remnant yang berisi anak-anak muda yang berlatih untuk menjadi prajurit dengan sebutan Huntsmen dan Huntresses.

Review RWBY: Amity Arena

Pertempuran Vytal Festival

Selain di seri animenya, kamu juga bisa melihat petualangan RWBY di dalam game. Nah, NHN Entertainment dan Rooster Teeth merilis game terbaru RWBY yang berjudul RWBY: Amity Arena. Game bergenre strategi ini dirilis khusus untuk perangkat mobile, baik Android maupun iOS. Di game ini, kamu bisa membentuk tim Huntsmen dan Huntresses mu sendiri untuk bertarung di Vytal Festival.

Di game ini kamu akan dipertemukan dengan pemain lain yang dipilih secara acak. Setiap pemain akan dilengkapi dengan tiga tower pada suatu arena. Nah, tujuan utamanya adalah kamu harus menghancurkan tiga tower milik lawan dengan mengirimkan Huntsmen dan Huntresses yang kamu punya. Bisa dibilang sangat mirip dengan Clash Royale.

Gameplay RWBY: Amity Arena terbilang cukup sederhana. Kamu hanya perlu menarik kartu karakter dan menempatkan karakter tersebut di posisi yang kamu inginkan. Setelah mengirimkan satu karakter, kamu harus menunggu Aura kartu karakter lain terisi penuh untuk bisa mengirimkan karakter lainnya. Memang terdengar sederhana, namun strategi dan timing sangat dibutuhkan di game ini.

Kemampuan Karakter yang Beragam

Setiap karakter punya kecepatan pengisian Aura yang berbeda-beda. Apalagi setiap karakter juga punya damage dan defense yang berbeda juga. Jadi kamu harus tahu mana karakter terbaik yang harus kamu kirim sambil menunggu Aura kartu karakter lainnya terisi. Pokoknya, kamu harus memperhatikan betul mana karakter yang hendak kamu kirim dan mana karakter yang hendak kamu simpan.

Game ini jelas banget sebagai salah satu bentuk fan service Rooster Teeth kepada para penggemar animenya. Selain empat karakter utamanya, yaitu Ruby, Weiss, Blake, dan Yang, RWBY: Amity Arena juga menghadirkan karakter RWBY lainnya yang hadir di film kartunya, seperti Emerald, Ren, dan Neptune.

Seperti game-game lainnya, tidak semua kartu di game ini bisa kamu gunakan dari awal. kamu harus mencapai Arena tertentu untuk bisa membuka karakter lainnya. Kartu-kartu yang kamu punya tentu saja bisa diperkuat dengan menaikkan levelnya. Setiap kamu menaikkan level suatu kartu, maka status kartu tersebut juga ikut meningkat.

Mode RWBY: Amity Arena

RWBY: Amity Arena menghadirkan mode Play for Fun dan Play for Fame. Kalau kamu mau berlatih main game ini, sebaiknya main di mode Play for Fun. Walau enggak mendapatkan trofi, kamu bisa mendapatkan berbagai reward di mode tersebut. Nah, kalau kamu ingin membuktikan diri menjadi yang terbaik di antara seluruh pemain RWBY: Amity Arena, kamu bisa bermain di mode Play for Fame untuk mengumpulkan trofi sebanyak-banyaknya.

Semakin banyak trofi kamu, maka semakin tinggi peringkat kamu di leaderboard. Disarankan, untuk berlatih di Play for Fun terlebih dahulu sebelum bertarung di Play for Fame. Soalnya, kamu akan lebih sering menemui musuh yang sulit ketika bermain di mode tersebut.

Ada IAP!

Kalau kamu berhasil memenangkan pertarungan, kamu akan mendapatkan reward dalam bentuk kotak. Nah, kotak yang kamu dapatkan hanya bisa dibuka dengan menggunakan kunci. Setiap pemain akan diberikan maksimal lima kunci. Jika kunci kamu berkurang, maka satu kunci akan diberikan kepada kamu setiap 3 jam sekali.

Kalau kamu tidak sabar menunggu 3 jam hanya untuk satu buah kunci, maka kamu bisa membeli kunci dengan menggunakan Premium Dust. Seperti biasa Premium Dust merupakan IAP di dalam game, jadi kamu bisa membelinya dengan menggunakan uang sungguhan.

RWBY: Amity Arena tentunya menjadi salah satu cara buat Rooster Teeth untuk memperluas brand RWBY. Yang jelas, kehadiran game ini jadi salah satu fans service kepada para penggemar RWBY. Namun, bukan berarti orang yang tidak pernah menonton RWBY jadi tidak bisa menikmatinya. Gameplay strateginya yang cukup sederhana membuat siapapun dapat dengan mudah mempelajari game ini sehingga pada akhirnya tertarik mengetahui franchise RWBY.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top