REVIEW

Russian Doll, Sebuah Dramedy Gelap yang Membuat Penasaran

Andy Chan   19 Feb 2019
Russian Doll, Sebuah Dramedy Gelap yang Membuat Penasaran

Pernah menonton film mengenai pengulangan hari? Tema tersebut dipopulerkan oleh film Groundhog Day yang diperankan oleh Bill Murray, di mana dia terjebak dalam satu hari peringatan Groundhog Day yang terus berulang. Beberapa film lain pun mengikuti tema tersebut seperti 12:01, Edge of Tomorrow dan Happy Death Day dengan varian cerita, namun intinya adalah, mereka semua terlibat dalam lingkaran tiada henti. Tema itulah yang dibawakan oleh satu serial Netflix yang berjudul Russian Doll.

Mengenai Russian Doll

Russian Doll atau Boneka Rusia yang juga dikenal dengan nama Boneka Matryoshka, adalah sebuah boneka yang di dalamnya berisikan boneka yang lebih kecil ukurannya. Dan apabila boneka yang lebih kecil tersebut dibuka lagi, maka akan ada lagi boneka yang lebih kecil di dalamnya. Demikian seterusnya sampai akhirnya sampai pada boneka terkecil di paling dalam. Serial yang berjudul Russian Doll ini diciptakan oleh Natasha Lyonne, Amy Poehler, dan Leslye Headland, di mana Natasha Lyonne (Orange is the New Black) sendiri lah yang menjadi tokoh utama dari film ini, didukung oleh Greta Lee, Yul Vazquez, Elizabeth Ashley, dan Charlie Barnett.

Kisah seorang Wanita Sial yang Terjebak Lingkaran Waktu

Seorang wanita bernama Nadia Vulvokov yang bekerja sebagai seorang programmer video game, baru saja berulang tahun ke-36. Dalam pesta yang dirayakan beramai-ramai bersama dengan teman-temannya itu, Nadia memutuskan untuk melangkah keluar, bersenang-senang, dan mencari kucingnya. Ketika Nadia tiba-tiba tertabrak mobil dan tewas, dia pun menemukan dirinya kembali ke pesta ulang tahunnya yang ke-36, lengkap dengan lagu Gotta Get Up oleh Harry Nilsson. Russian Doll mengisahkan usahanya menemukan cara agar dia tidak sampai tewas lagi dan lepas dari lingkaran waktu yang aneh ini.

Lingkaran Waktu senantiasa Membunuh Nadia secara Konyol

Tidak seperti Bill Murray di Groundhog Day yang tidak bisa melewati hari perayaan Groundhog Day apa pun yang dia lakukan, Nadia sebenarnya bisa melewati hari perayaan ulang tahunnya tanpa masalah. Namun apabila Nadia sampai tewas, maka dia pun akan kembali ke hari ulang tahunnya, mirip dengan situasi yang dialami oleh Tree Gelbman di Happy Death Day. Situasi yang berada di sekitar Nadia ini membuat dirinya sering tewas secara konyol, bagaikan takdir yang memberikan jari tengah kepadanya, karena apa pun bisa membunuhnya, mulai dari terpleset di tangga sehingga leher patah, tersandung sesuatu sehingga jatuh ke lubang, sampai nyemplung ke sungai. Akibatnya, serial yang bernuansa komedi drama ini menjadi lebih terasa sebagai komedi gelap.

Misteri yang bagaikan Boneka Rusia

Apa hubungan antara Boneka Rusia dengan Nadia? Ternyata selain boneka rusia tersebut tampil di salah satu episode-nya, kejadian yang dialami Nadia ini bagaikan sebuah boneka rusia juga, karena semakin sering dia tewas, semakin mengerikan pula efeknya pada lingkungan sekitarnya sampai lama-lama menjadi horor. Oleh karena itu, Nadia harus menemukan cara agar dia bisa lepas dari lingkaran ini sebelum akhirnya dia tewas sungguhan dan tidak bisa kembali lagi.

Sangat Membuat Penasaran

Dibuat dengan durasi kurang dari 30 menit per episode-nya, Russian Doll sangatlah membuat penonton penasaran. Dan dengan total 8 episode saja yang membuat total durasinya hampir 4 jam, serial ini sangat cocok untuk ditonton secara berkesinambungan.

Inilah salah satu serial Netflix yang wajib ditonton, dan yang pasti, siapkanlah waktu 4 jam, karena dijamin kalian akan terus menonton sampai tamat. Gotta get up, gotta get out, gotta get home before the morning comes~~~

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top