REVIEW

Runestone Keeper Campurkan Puzzle, Turn Based Combat RPG & Roguelike

Andy Chan   09 Apr 2018
Runestone Keeper Campurkan Puzzle, Turn Based Combat RPG & Roguelike

Terkubur di sebuah dungeon nun jauh di sana, ada sebuah kekuatan misterius yang menunggu untuk ditemukan orang. Seorang penyihir telah membuka segel dari kekuatan misterius tersebut, dan bangkitlah sang iblis purba yang akan menghancurkan dunia. Hadirlah Anda sebagai salah seorang pahlawan yang pergi melakukan ekspedisi untuk menyelamatkan dunia. Demikianlah kisah yang dibawakan oleh Innoteg dengan judul Runestone Keeper.

Runestone Keeper adalah sebuah dungeon crawler yang berbasiskan game puzzle digabungkan dengan turn-based combat RPG strategi yang juga merupakan sebuah game roguelike yang berelemen game kartu. Sepertinya terlalu banyak genre yang digabungkan di sini, namun hal tersebut justru membuat pengalaman bermain menjadi lebih kompleks.

Cara memainkan Runestone Keeper agak unik. Tidak seperti dungeon crawler biasanya, dalam Runestone Keeper medan permainannya merupakan sebuah papan dengan view dilihat dari atas. Pemain bergerak selangkah demi selangkah dengan cara menyentuh kotak di sebelah kotak yang sudah terbuka. Mirip dengan game puzzle atau sejenis Minesweeper, setiap membuka kotak baru, ada kemungkinan pemain akan bertemu dengan berbagai macam hal, termasuk tembok, perangkap, monster, barang bagus, atau bahkan pintu untuk ke level berikutnya.

Apabila bertemu dengan monster, pemain tidak harus langsung bertarung melawannya, dan masih bebas berkeliaran ke tempat lain karena monsternya bersifat statis alias tidak bergerak sampai pemain mengajaknya bertarung. Selama pemain tidak mengusik mereka, para monster pun dengan tenang bersantai di kotak tersebut.

Namun monster itu bersifat menghalangi jalan, sehingga pemain tidak bisa membuka kotak yang berlokasi di sekeliling mereka. Untuk membuka jalan, pemain harus membunuh monster tersebut. Pertarungan melawan monster terjadi secara turn based, di mana pemain cukup menyentuh kotak yang ada monsternya untuk menyerang mereka, dan sang monster akan secara otomatis menyerang balik.

Untuk bisa membuka jalan ke level berikutnya, pemain biasanya harus mencari sebuah kunci. Dan kunci tersebut kemungkinan besar berada di tangan salah satu monster yang berada di dalam level. Di sini lah pemain harus mengambil resiko bertarung melawan para monster demi mendapatkan kunci, atau mati mencobanya. Tidak ada ampun sama sekali, mati dalam Runestone Keeper membuat pemain langsung tewas dan harus mengulang lagi dari awal permainan. Itulah sifat roguelike yang dibawa oleh game ini.

Tapi jangan khawatir, karena ada banyak skill dan barang yang bisa ditemukan di dalam sebuah level untuk membantu dalam mengalahkan para monster. Selain itu, pemain pun memiliki kemampuan untuk memilih satu di antara tiga tingkat kesulitan permainan, mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sulit. Jangan salah, tingkat kesulitan paling mudah pun sudah cukup brutal, apalagi yang tingkat lebih tinggi.

Apakah ada alasan untuk memainkan Runestone Keeper di tingkat kesulitan yang tinggi? Jelas ada! Di awal permainan, Anda hanya bisa memilih satu Hero saja, yaitu Guy. Untuk bisa mendapatkan Hero yang baru, pemain harus menyelesaikan sebuah target yang sangat sulit, misalnya untuk membuka Svafa pemain harus berhasil mencapai Lantai 15 di Nightmare Mode, atau untuk membuka Hogg, pemain harus mencapai lantai 15 di Chaos Mode.

Tampil dengan grafis gothic yang khas, Runestone Keeper benar-benar membuat pemain berasa seperti sedang terjun di dunia horror fantasi yang mencekam. Memang tampilan monster cukup minimalis, hanya sebuah icon saja dengan muka monster yang tidak jelas, namun dengan lagu yang bernuansa kelam misterius, pengalaman bermain Runestone Keeper ini cukup memorable.

Runestone Keeper menggunakan sistem free-to-play yang cukup restriktif. Meskipun memang game-nya tidak membutuhkan koneksi Internet dan tidak ada sistem stamina / energi, namun keterbatasan karakter yang bisa dimainkan cukup menyebalkan. Apalagi ada sebagian Hero yang tidak bisa didapatkan sama sekali kecuali pemain membelinya via mikrotransaksi, serta berbagai hal yang dijual oleh game-nya. Tapi dengan membeli salah satu in-app purchase tersebut pemain akan menghilangkan iklan secara permanen.

Meskipun tipe permainan Runestone Keeper ini unik sekali, namun harus diakui bahwa game ini bukanlah untuk semua orang. Pasti akan ada yang merasa tidak cocok dengan gameplay campuran yang boleh dibilang "aneh" ini, jadi agak sulit untuk merekomendasikan game ini. Mungkin hanya orang-orang yang bisa mengapresiasi game unik saja yang sanggup memainkan game ini dalam jangka panjang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top