NEWS

Rumor seputar Android Q: Waktu Rilis, Fitur & Nama

Anduril   25 Jan 2019
Rumor seputar Android Q: Waktu Rilis, Fitur & Nama

Banyak dari kita masih menunggu Android Pie untuk diluncurkan ke ponsel kita, tetapi Android Q (atau Android 10) sudah dalam pengerjaan di Google HQ.

Android Q

Fitur Baru Android Q

Berita terbaru tentang OS yang akan datang menunjukkan pada akhirnya akan melihat Dark Mode untuk seluruh sistem. Digali oleh Android Police, sebuah dari Lukasz Zbylut menyatakan: "Dark Mode adalah fitur Q yang disetujui. Tim Q ingin memastikan bahwa semua aplikasi yang dimuat mendukung Dark Mode secara natif. Untuk membuat Dark Mode berhasil, kita membutuhkan semua elemen UI untuk bertema gelap pada Mei 2019.

Android 10 pertama kali disebutkan pada November 2018 selama Android Developer Summit, ketika perusahaan mengkonfirmasi bahwa sistem operasi akan memiliki 'kontinuitas layar', yang merupakan dukungan asli untuk aplikasi yang bekerja pada perangkat yang dapat dilipat. Aplikasi dapat bertransisi dengan mulus dari tata letak ponsel ke tata letak tablet yang lebih lebar dan sebaliknya.

Ini mungkin seharusnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat bahwa beberapa ponsel lipat dapat diluncurkan pada awal 2019, termasuk model dari Samsung, LG dan Huawei.

Fitur-fitur baru lainnya yang masuk ke Android Q termasuk 'multi-resume', sebuah pembaruan yang memungkinkan dua aplikasi tidak hanya dilihat tetapi juga berjalan secara bersamaan, dan peringatan tentang menginstal aplikasi lama yang dirancang untuk sistem operasi sebelumnya.

Kamu akan mendengar lebih banyak tentang fitur-fitur baru ketika OS akan diperlihatkan di awal 2019.

Kapan Android Q Diluncurkan?

Pada tahun-tahun sebelumnya kami telah melihat preview pengembang diumumkan pada bulan Maret, dengan beta publik diumumkan pada Google I / O musim panas (biasanya Mei atau Juni) dan kemudian rilis final pada bulan Agustus.

OS kemudian terpasang pertama ke perangkat Pixel dan Android One, dan disiapkan dan secara bertahap diluncurkan oleh pembuat ponsel dan operator jaringan ke perangkat lain selama beberapa bulan ke depan.

Kami mungkin masih melihat jangka waktu yang sama sejauh ini, tetapi developer bisa mendapatkan OS baru sedikit lebih awal di tahun 2019.

Selama Android Developer Summit, perusahaan mengisyaratkan bahwa sebelum preview pengembang ada kemungkinan ada image generik yang dapat secara manual dipasang ke perangkat Pixel.

Tidak semua smartphone yang ada akan mendapatkan upgrade, dan biasanya flagships dirilis pada tahun lalu atau lebih akan mendapatkan upgrade. Fragmentasi sistem operasi masih merupakan kritik utama terhadap Android, dan sampai saat ini beberapa pengguna masih menggunakan Android 2.3.3 Gingerbread, dan sedikit sekali yang menggunakan Android 9.0 Pie.

Nama Android Q?

Selain fitur apa yang akan ditawarkan oleh OS baru ini, salah satu pertanyaan utama menjelang peluncuran selalu menyangkut apa namanya. Google biasanya menggunakan nama-nama kudapan manis untuk sistem operasinya, yang dirilis dalam urutan abjad. Sejauh ini kita telah melihat:

  • Android Donut (v1.6)
  • Android Eclair (v2.0)
  • Android Froyo (v2.2)
  • Android Gingerbread (v2.3)
  • Android Honeycomb (v3.0)
  • Android Ice Cream Sandwich (v4.0)
  • Android Jelly Bean (v4.1)
  • Android KitKat (v4.4)
  • Android Lollipop (v5.0)
  • Android Marshmallow (v6.0)
  • Android Nougat (v7.0)
  • Android Oreo (v8.0)
  • Android Pie (v9.0)

Itu memberi kita masalah kecil untuk versi 10, suguhan manis apa yang dimulai dengan Q?

Ada Quality Street, tentu saja, fave Inggris. Mungkin Queen of Puddings, berpotensi disingkat menjadi Android Queen karena kita semua setuju tentang girl power. Saran lain yang belum pernah kami dengar termasuk Quindim, Quesito, Queijadas dan Qottab.

Agar adil tidak ada opsi yang terdengar sangat menarik, jadi mungkinkah ini tahun Google membuang sistem penamaan tradisionalnya?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top