REVIEW

Rules of Survival, PUBG ala Gawai Pintar

Anduril   17 Dec 2017
Rules of Survival, PUBG ala Gawai Pintar

Tencent dikabarkan sedang menggarap game dengan formula Battle Royale seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG. Kemungkinan pengembangan ini bakal mereka tempuh setelah mereka bekerjasama dengan Bluehole. Kejutan malah datang dari NetEase Games, yang ternyata lebih dulu untuk meluncurkan game mirip PUBG versi mobile yang bernama Rules of Survival secara global.

Game ini tiba lebih dahulu di platform iOS, dan disusul kemudian oleh versi Android-nya. Kalian akan menjadi salah satu dari 120 pemain yang berusaha untuk bertahan hidup di sebuah pulau. Semua diawali dengan aksi terjun payung dari pesawat, hingga akhirnya mendarat dan siap untuk bertempur. Jujur saja, kami pada awalnya agak bingung dengan kemampuan gawai pintar dalam urusan menyajikan gameplay sebesar PUBG.

Kalau menilik dari sisi grafisnya, kami meyakini bahwa game ini tidak dibuat dengan asal jadi. Buktinya, game ini memiliki kualitas grafis 3D yang lumayan di atas rata-rata. Itulah poin plus yang pertama, sedangkan poin plus yang kedua terletak pada kontrol permainan yang juga intuitif dan sangat mudah untuk dikuasai.

Kalian bisa bermain secara solo, duo, atau squad yang terdiri dari empat orang. Jika bermain sebagai tim, maka kalian harus berfokus untuk melakukan kerjasama. Sama seperti PUBG, setelah kalian terjun payung, maka kalian sebaiknya mulai melakukan loot secara bersama-sama atau mencari perlindungan yang diperlukan.

Taktik tentunya dibutuhkan untuk menang, mengingat game ini juga mengenal zona aman yang akan semakin mengecil setelah periode tertentu. Bertahan atau menyerang, itulah pilihan yang mesti kalian ambil di setiap fasenya. NetEase Games mengatakan bahwa Rules of Survival bukanlah hanya sekedar permainan, karena ini adalah tentang pertempuran hidup dan mati.

Satu hal yang sangat kurang dari game ini terletak pada bagaimana menu dan tampilannya diterjemahkan secara broken English, alias buruk sekali. Rasanya, setiap menu yang ada di sini diterjemahkan dengan menggunakan Google Translate sebanyak delapan kali sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam menu.

Beberapa hal lainnya juga terasa sangat sluggish. Selain itu, game ini juga kerap mengalami crash dan membutuhkan hitungan waktu tertentu sebelum akhirnya kalian bisa benar-benar masuk ke dalamnya.

Walau pun kendalinya mudah dikuasai, tetapi sejatinya ada beberapa momen canggung yang terasa kurang. Gerakan di dalam game terasa canggung dan bermain game shooter di layar kecil bukanlah sebuah pilihan yang baik apalagi mudah. Tapi, untunglah, Rule of Survival masih berhasil untuk menayangkan intisari dari format Battle Royale. Kalian bukan saja berusaha untuk membunuh, tetapi juga harus berusaha untuk bisa bertahan hidup agar tidak sampai terbunuh.

Jadi, apakah Rules of Survival layak untuk dimainkan? Well, jawabannya mungkin agak sedikit kabur dengan kondisi dari aplikasinya pada saat ini. Game ini masih membutuhkan berbagai polesan di sana dan sini sebelum akhirnya menjadi sempurna, dan dalam situasinya pada saat ini jadi cukup sulit rasanya bagi kami untuk tidak mengernyitkan dahi ketika melihat bahasa dan tampilan menunya. Bagi kami, cukup dalam waktu 10 detik saja untuk melihat apakah game ini harus dimainkan atau tidak, walau pun jawabannya sampai detik ini masihlah sedikit mengambang.

Tapi, bila kalian tidak memiliki akses ke PC yang mumpuni untuk bermain PUBG, maka Rule of Survival mungkin bisa menjadi jawaban yang pas untuk kalian. Bisa jadi, versi ini tidaklah sempurna, tetapi Rule of Survival untuk ke depannya dipastikan bakal diperbaiki dan disempurnakan sehingga lebih enak dan nyaman ketika dimainkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top