REVIEW

RPG-nya Kura-kura Ninja, TMNT: Mutant Madness!

Recca   05 Oct 2020
RPG-nya Kura-kura Ninja, TMNT: Mutant Madness!

Cowabunga! Sudah lama rasanya seruan khas para pendekar asuhan Master Splinter ini tidak kedengaran. Tentunya banyak di antara kalian yang pernah tumbuh bersama cerita sepak terjang para kura-kura jagoan ini pada era ’90-an. Sama seperti kebanyakan franchise dan IP bertema budaya pop lainnya, Teenage Mutant Ninja Turtles sudah berkali-kali dihadirkan ke dalam medium game. Dan konsep permainan RPG berbasis mobile dengan elemen gacha pun tak pelak melandanya di rilis kali ini.

‘Modernisasi’ TMNT yang Hadir di iOS dan Android

Lahir di tahun ’80-an, populer di ’90-an dan masih berlanjut hingga sekarang, Ninja Turtles telah melalui banyak hal termasuk penyesuaian desain menjadi lebih cartoony yang dialaminya semenjak brand ini dipegang secara penuh oleh Nickelodeon pada 2009. Dan inkarnasi modern inilah yang telah dipertahankan untuk mempopulerkan Kura-kura Ninja di kalangan penggemarnya generasi ini. Sentuhan yang terkesan fresh, dan cukup dirasa lain dari ingatan masa kecil yang dulunya pernah mengikuti aksi Leonardo, Raphael, Michelangelo & Donatello, namun tetap dengan jati diri yang sama tentunya.

Masuk pada eksistensi TMNT di dunia game itu sendiri, rasanya sudah tidak terhitung begitu banyaknya game diadaptasi dari TMNT yang ada sampai saat ini. Mulai dari game-game konsol yang mengadaptasi animasi TMNT klasik hingga yang tergolong baru mengikuti animasi modernnya saat ini. Begitupun dengan platform yang menjadi tempat rilisnya. Sementara TMNT ini juga sudah sempat melakukan kiprahnya di iOS dan Android sebagai platform yang paling menjangkau kalangan pemain jaman sekarang, suguhan yang baru pun kembali dipersembahkan Nickelodeon dengan menggandeng Synapse di bawah naungan Kongregate sebagai pengembang game-nya yang dikemas sebagai RPG untuk mobile kali ini.

Lawan Musuh dengan Grinding dan Gacha

Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Madness tampil dengan mengedepankan elemen RPG seperti yang umum dilakukan kebanyakan mobage generasi ini. Gameplay di sini pada dasarnya menampilkan aksi berbasis 5v5 dimana pertarungan lebih banyak berlangsung secara otomatis, dengan tombol skill yang dapat digunakan manual atau otomatis. Mekanisme yang demikian pun kontan mengartikan permainan akan lebih banyak dijalankan secara otomatis tanpa hal-hal yang perlu terlalu diperhatikan pada layar. Menjadikan game ini cukup cocok untuk mereka yang gemar dengan permainan pengisi waktu luang semacam ini, yang dapat ditinggal sambil melakukan aktivitas harian lain.

Seperti pada kebanyakan game sejenis, party kalian terdiri dari 5 karakter yang dapat disusun dari segala karakter tokoh jagoan dan penjahat dunia TMNT yang masing-masingnya mempunyai role dan skill berbeda-beda. Role yang tersedia antara lain: Tank, Brawler, Blaster, Support, Trickster, dan Skirmisher. Masing-masing role tersebut memiliki guna yang tentu ada kalanya butuh untuk dirotasi berdasar kebutuhan, karena permainannya tidaklah semata bergantung hanya pada peranan damage dealer seperti Brawler dan Blaster, tapi juga kebutuhan-kebutuhan lain seperti support dengan heal dan buffs, dan karakter yang dapat melakukan debuffs atau juga karakter tank. Dengan susunan karakter yang tidak hanya ada Leo, Raph, Mikey dan Donnie, ada begitu beragam karakter playable yang berkesempatan kalian dapat dari peluang gacha-nya.

Seiring dengan petualangan yang makin jauh, power level dari tim musuh yang dihadapi pun jelas akan bertambah besar dan makin sulit untuk ditaklukkan. Agar pasukan kalian lebih kuat, kalian dituntut untuk meningkatkan level karakter yang di sini sebagian besarnya akan banyak terbantu oleh adanya Lair yang memiliki fasilitas produksi sejumlah resources untuk upgrade. Resources/currency yang dibutuhkan untuk upgrade karakter, level fasilitas, dan melakukan gacha akan dapat beregenerasi sendirinya terlepas dari apakah game-nya sedang dijalankan atau tidak, yang mana menjadi salah satu nilai plus game ini, yang bisa dibilang cukup hati memberikan free player kesempatan untuk menarik gacha secara rutin dan upgrade karakter. Jadi, meski kalian ada kalanya akan menghadapi tembok berupa musuh yang belum kuat dikalahkan, kalian akan tetap diberi kesempatan memperkuat line-up karakter kalian dengan adanya bantuan fitur yang demikian. Tentunya terkecuali jika kalian menginginkan progress yang lebih cepat dari itu, barulah berbagai bundle dan nominal gems menjadi alternatif yang boleh dilirik.

Selain itu, resources ekstra juga cukup royal diterima dari mengakses iklan yang ada dalam game. So, meski grinding karakter menjadi salah satu elemen yang paling banyak kalian lakukan di sini, setidaknya pemain nampaknya telah diberikan cukup kemudahan untuk itu. Dan tidak ketinggalan, reward berupa resources tersebut juga akan diperoleh dari menyelesaikan quest dan Season Pass yang bersifat periodik.

Gabung Clan, Taklukkan Dimension Clash

Eksis sebagai game generasi ini tentunya tak lengkap tanpa adanya elemen-elemen sosial. Seperti halnya mobage-mobage sejenis, pemain TMNT: Mutant Madness juga disertai dengan fitur clan dan PvP berikut leaderboards-nya. Fitur-fitur ini kembali dihadirkan bagi kalian pemain yang tidak cukup memainkan sebuah game hanya sebatas pada Adventure Mode-nya saja. Dengan power level dari line-up pasukan kalian yang dirasa sudah mumpuni, tentunya akan lebih menantang untuk membawa mereka ke kompetisi dengan pemain lainnya, pada PvP Mode yang dinamakan dengan Dimension Clash dalam game ini. Akses fitur clan dan PvP ini akan terbuka di Lair pada suatu titik. Dengan mengungguli pemain-pemain lain di leaderboard-nya, kalian juga berkesempatan memenangkan reward yang terbagi menurut tier peringkat kalian.

Waktunya Kura-kura Ninja Kembali Beraksi!

Teruntuk kalian yang pernah mengenal sepak terjang para Kura-kura Ninja dalam melawan ancaman Shredder dan Foot Clan, TMNT: Mutant Madness nampak menjadi game yang patut dimasukkan sekarang juga ke smartphone kalian. Meski potongan narasi dalam Adventure Mode-nya sendiri bisa dikatakan terlalu pendek ketimbang rangkaian stage yang harus kalian hadapi, memainkan game ini mungkin dapat sedikit mengobati kerinduan sekaligus melihat sekilas ketertinggalan kalian dengan franchise yang telah melalui pembaruan ini. Gameplay simpel dengan mekanisme resources yang dapat beregenerasi otomatis tiap saat ini merupakan suatu daya tarik sendiri dalam menjadikan TMNT: Mutant Madness sebuah mainan yang cukup menyita waktu setidaknya hingga dalam beberapa waktu ke depan. Cowabunga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top