REVIEW

RollerCoaster Tycoon Touch: Ayo, Jadi Bos Dunia Fantasi Digital!

Anduril   09 Aug 2017
RollerCoaster Tycoon Touch: Ayo, Jadi Bos Dunia Fantasi Digital!

RollerCoaster Tycoon sepertinya selalu dimaksudkan untuk dimainkan di layar sentuh. Setiap orang yang menghabiskan akhir pekan mereka untuk memainkan versi PC Windows-nya dipastikan pernah mengalami kesalahan ketika mencoba menyesuaikan ketinggian coaster atau salah pada saat menempatkan keranjang hamburger dengan jari mereka. Setidaknya, satu atau dua kali kesalahan sehingga mengganggu pengunjung taman hiburan mereka.

Upgrade yang paling signifikan dari RollerCoaster Tycoon Touch sendiri adalah grafisnya. RollerCoaster Tycoon Touch berubah menjadi game yang jauh lebih indah dan rumit ketimbang RollerCoaster Tycoon World, RollerCoaster Tycoon 3, atau RollerCoaster Tycoon 4 untuk mobile. Sayangnya, keindahan ini bukanlah tanpa kekurangan, sebab RollerCoaster Tycoon Touch berubah menjadi sebuah permainan yang berat. Jika kalian menginginkan game mobile ini berjalan dengan lancar, kalian mau tidak mau harus menggunakan perangkat yang lebih baru. Tapi, jika kalian adalah penggemar RollerCoaster Tycoon, maka game mobile ini mungkin bakal menjadi alasan yang bagus untuk membeli ponsel atau tablet baru.

Perubahan kedua yang paling signifikan adalah perpindahan dari skenario ke Challenges dan Card Packs. RollerCoaster Tycoon Touch adalah game mobile yang sangat mudah untuk dimainkan dalam hal ini. Melengkapi Challenges bakal menghasilkan koin, tiket, atau Card Packs yang juga tersedia melalui pembelian dalam aplikasi.

Card Packs adalah sistem yang digunakan untuk membuka atraksi baru, fasilitas, dan fitur dekoratif. Sehingga, mendapatkan sebanyak mungkin kartu yang berbeda adalah salah satu kunci sukses untuk memainkan RollerCoaster Tycoon Touch. Kartu ganda bakal dihitung untuk upgrade, sehingga terkadang bisa membuahkan rasa frustrasi ketika kalian mendapatkan kartu yang sama hingga sebanyak dua belas kali. Tiket bisa digunakan untuk membeli Card Packs di toko, jadi pastikanlah untuk memanfaatkan setiap kesempatan yang dapat menghasilkan tiket.

Koin adalah mata uang utama dalam game mobile ini, dan diperlukan untuk menempatkan serta meningkatkan atraksi atau fasilitas. Perhatikanlah jumlah koin kalian dengan baik karena semua Card Packs di dunia ini tidak akan membantu kalian jika sampai kehabisan uang untuk melakukan sesuatu. Memiliki toko dan atraksi yang menghasilkan koin ketika membuka RollerCoaster Tycoon adalah sebuah ide bagus.

Perbedaan besar lainnya dengan RollerCoaster Tycoon Touch adalah betapa intuitif kontrol sentuhannya. Membuat jalan tidak lagi menjadi tugas yang rumit. Cukup dengan menyeret jari kalian ke layar untuk membangun atau menghapusnya. Kalian bahkan dapat memanipulasi layar di saat ingin membangun jalan untuk memastikan agar tidak sampai ada celah yang menganga. Memindahkan bangunan pun sesederhana melakukan tap, menahan, dan menyeretnya ke lokasi yang baru. Kontrol sentuhan yang sempurna ini membuat proses membangun Coaster jadi lebih mudah. Bagi siapa saja yang pernah berjuang di bagian terakhir dari Coaster, kontrol yang baru ini layaknya berkah dari Tuhan.

Semua fitur di atas membuat RollerCoaster Tycoon menjadi salah satu yang terbaik sejak RollerCoaster Tycoon 3 yang diluncurkan pada tahun 2004 lalu. Sifat permainan free-to-play memberikan sedikit drag di sana dan sini, tetapi game mobile ini pada akhirnya memang bukanlah sebuah game yang harus ditongkrongi secara terus-menerus. Sama halnya seperti konglomerat sejati, kalian hanya harus melakukan check-in di RollerCoaster Tycoon Touch beberapa kali sehari selama sepuluh menit untuk mengurus bisnis sehingga uang pun bisa mulai bergulir sendiri. Tidak peduli jika ini merupakan pengalaman pertama kalian di alam semesta RollerCoaster Tycoon atau untuk yang kesekian kalinya, kalian akan merasa seperti bos dalam waktu singkat.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top