LOADING
REVIEW

Robin Hood Legends, Sebuah Legenda & Puzzle Match-Three yang Berbeda dari Biasanya

Andy Chan   07 Jul 2018
Robin Hood Legends, Sebuah Legenda & Puzzle Match-Three yang Berbeda dari Biasanya

Legenda Robin Hood sudah pasti dikenal hampir semua orang. Dia adalah seorang bandit yang mencuri dari orang kaya yang jahat dan membagi-bagikannya kepada orang miskin dalam misinya mengalahkan Sheriff of Nottingham yang jahat. Big Fish Games yang dikenal dengan game-game uni, salah satunya seri Mystery Case Files, kini memberikan sebuah kisah baru akan legenda Robin Hood tersebut dalam game mobile mereka yang berjudul Robin Hood Legends.

Robin Hood adalah seorang wanita pencuri budiman, tunggu, wanita? Ya, legenda Robin Hood dalam game ini adalah seorang wanita. Sang Sheriff of Nottingham yang jahat telah menghancurkan seluruh desa, dan hanya Robin Hood lah yang bisa membantu mereka membangun kembali desanya dan mengalahkan sang Sheriff.

Dilihat sekilas, sepertinya Robin Hood Legends adalah sebuah game match-three. Well, istilah tersebut tidak 100% tepat, karena dalam game ini, yang dilakukan oleh pemain selain melakukan match-three, juga melakukan "Merging" alias penggabungan.

Metode permainan cukup sederhana, dalam sebuah medan permainan yang tidak terisi penuh, pemain diberikan sebuah obyek untuk ditaruh di atas petak medan permainan yang masih kosong. Apabila pemain berhasil menyusun tiga buah petak dengan obyek yang sama secara berkesinambungan, maka ketiga obyek tersebut pun akan bergabung menjadi sebuah obyek yang memiliki level lebih tinggi. Dimulai dari semak belukar yang bergabung menjadi pohon, kemudian bergabung menjadi rumah, dan menjadi rumah lebih besar, demikian seterusnya. Malah kalau pemain berhasil menggabungkan empat atau lebih obyek, akan mendapatkan bonus.

Strategi permainan sangat penting, karena begitu pemain berhasil menggabungkan tiga atau lebih obyek dan obyek tersebut berubah menjadi obyek baru, pemain memiliki kemampuan untuk menggeser obyek baru tersebut ke petak yang bersebelahan. Apabila obyek yang digeser tersebut bertemu dengan dua atau lebih obyek yang sama, maka terjadilah kombo dan obyek-obyek tersebut pun tergabung juga. Bahkan kalau pemain merasa obyek yang diberikan mungkin akan diperlukan belakangan, bisa juga disimpan di sebelah samping dan digunakan belakangan.

Yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan tempat untuk menaruh obyek yang diberikan serta jumlah obyek yang tersedia. Apabila petak untuk menaruh obyek habis, atau obyek yang disediakan sudah habis, sementara pemain belum berhasil menyelesaikan goal yang diberikan oleh stage tersebut, maka permainan pun akan berakhir, dan Life pemain berkurang satu. Life di sini berfungsi sebagai sistem stamina yang hanya akan berkurang apabila pemain mengalami kekalahan.

Ada banyak varian dalam medan permainan, seperti keberadaan pasukan musuh yang bergerak di layar, kabut yang menutupi layar, bahkan macam-macam power up seperti petir untuk menghancurkan rintangan, crystal untuk mengevolusi obyek, atau kehadiran rekan Robin Hood si Little John yang sanggup menggeser sebuah obyek ke lokasi lain.

Setiap menyelesaikan stage, pemain akan mendapatkan koin yang bisa digunakan untuk melakukan continue permainan, serta berbagai macam sumber daya lain yang berguna untuk menyelesaikan quest. Sepanjang permainan, pemain akan menemukan rumah-rumah yang perlu dibangun kembali menggunakan sumber daya batu, atau blacksmith yang perlu membuat pedang dengan sumber daya besi, dan sebagainya.

Petualangan Robin Hood ini direpresentasikan dalam urutan stage yang hadir dalam sebuah jalan. Tersedia 7 buah chapter yang berisi puluhan stage, di mana masing-masing stage pun memiliki 3 buah tingkat kesulitan untuk diselesaikan. Pemain bisa melihat para penduduk desa yang butuh bantuan, Sheriff Nottingham yang jahat, serta Robin Hood yang cantik tersebut dalam sebuah visual yang tampil kartun namun enak untuk dilihat. Sedikit kekurangan mungkin ada pada tampilan ketika pemain sedang bermain match-three itu sendiri yang terasa kurang hidup, meskipun dihiasi dengan lagu yang santai.

Seperti sebagian besar game-game Big Fish Games, Robin Hood Legends juga disajikan secara free-to-play. Pemain bahkan tidak perlu koneksi Internet untuk bisa memainkannya karena memang game ini dioptimisasi untuk dimainkan secara offline, lengkap dengan daily mission yang bisa didapatkan tanpa harus online. Tersedia sebuah toko untuk membeli macam-macam boost menggunakan koin, namun juga ada mikrotransaksi untuk membeli koin. Sayangnya, toko ini hanya bisa diakses apabila pemain terkoneksi ke Internet.

Legenda Robin Hood dalam sistem gameplay match-three yang unik ini sangat menarik untuk dicoba, apalagi game-nya santai dan tidak terburu-buru. Ayo, bantu Robin Hood yang cantik ini menyelesaikan misinya membantu orang miskin, mengalahkan tirani Sheriff of Nottingham serta mengembalikan kedamaian Hutan Sherwood dalam game asah otak Robin Hood Legends!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top