REVIEW

Ragnarok M: Eternal Love 2.0, Banyak Update Seru yang Menantang!

Anduril   27 Feb 2021
Ragnarok M: Eternal Love 2.0, Banyak Update Seru yang Menantang!

Ragnarok merupakan waralaba yang tidak pernah lekang dimakan waktu. Bahkan banyak sekali orang-orang yang saat ini berkecimpung di industri game Indonesia, memulai karirnya dengan cara kejeblos bermain Ragnarok PC.

Setelah sekian lama berkutat di PC, Gravity Interactive, Inc akhirnya merilis Ragnarok untuk gawai pintar yang dinamai Ragnarok M: Eternal Love. Pada 26 Februari 2021, Ragnarok M: Eternal Love mendapatkan upgrade yang sangat besar. Saking besarnya pihak Gravity sampai menamai update tersebut sebagai Ragnarok M: Eternal Love 2.0.

Sebetulnya kami sudah pernah membuat review Ragnarok M di tahun 2018. Tapi karena Ragnarok M: Eternal Love 2.0 ini menawarkan banyak sekali konten yang menarik, maka kami memutuskan untuk sekali lagi berpetualang di dunia Rune Midgard.

Review Ragnarok M: Eternal Love 2.0

Kota Cryptura Academy

Bila kamu memilih untuk membuat karakter baru ketika memainkan Ragnarok M: Eternal Love 2.0, maka starting point kamu bukan lagi di Prontera, melainkan Cryptura Academy yang berada di sebelah kanan dari Aldebaran. Kota ini memang tidak pernah ada di Ragnarok klasik, tapi kamu mungkin mengenalnya sebagai item in game.

Di Cryptura Academy kamu akan belajar lagi dari awal tutorial memainkan Ragnarok Eternal M: Eternal Love 2.0. Berhubung game ini memberikan level cap yang jauh lebih tinggi, maka pihak pengembang memberikan sistem kebut semalam untuk urusan naik level. Yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti semua tutorial dan voila, karaktermu tahu-tahu akan mencapai level 120 dengan mudah.

Sepanjang tutorial kamu akan diganggu terus oleh monster jelek bernama Klulu. Hibrida naga dan musang ini entah mengapa selalu mengacaukan latihanmu. Untunglah kamu akan diajak untuk berhadapan dengan Klulu sekali lagi setelah mencapai level 120 dan berubah menjadi job ketiga.

Pertarungan melawan Klulu berjalan mudah karena kamu mendapatkan support heal dari karakter NPC. Setelah berhasil mengalahkan Klulu, kamu mencapai ujung petualangan di Cryptura Academy dan dipersilakan untuk mengunjungi Prontera demi menyelesaikan quest lainnya. Itu artinya kamu bisa petantang-petenteng di Prontera sambil menggunakan equipment level 120 mu.

Oh iya, level cap Ragnarok M: Eternal Love 2.0 adalah 170, jadi level 120 itu seperti level anak kecil kalau dibandingkan dengan level para veteran.

Peta Baru Lainnya

Selain menghadirkan Cryptura Academy, Ragnarok M: Eternal Love 2.0 juga menghadirkan beberapa map lainnya seperti Eclage yang merupakan kota para Pixie. Kota ajaib ini terlihat sangat megah karena kemampuan para Pixie dalam membuat patung dan barang-barang ajaib lainnya.

Selain Eclage kita juga bakal disuguhi Time Garden dan Palace of Beauty. Time Garden merupakan sebuah tempat rahasia di mana hewan dan tumbuhan tidak akan pernah mati. Time Garden memiliki banyak monster, blueprint, dan drop untuk membuat kostum dan headgear yang hanya bisa diperoleh di peta ini. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk farming di Time Garden.

Sementara itu Palace of Beauty merupakan sebuah tempat yang terdapat di langit Rune Midgard. Tidak ada yang tahu asal-usulnya, yang jelas tempat ini menyimpan misteri dan bahaya yang tiada duanya.

Quest Anyar

Dengan kehadiran Eclage, otomatis Ragnarok M: Eternal Love 2.0 bakal memiliki main quest baru. Kamu bisa mengerjakan main quest baru bernama Oath of Light and Stars di Prontera ketika mencapai level 150. Hadiah dari Oath of Light and Stars adalah berbagai headgear dan kostum baru bertema Pixies, serta sebuah mount. Kamu bisa melacak quest ini melalui di quest manual.

Selain quest utama, kamu juga bisa mengerjakan quest tambahan yang tersedia di masing-masing peta sejak level 15. Melalui quest ini kamu akan mempelajari latar belakang dari Eclage, dan berbagai sejarah di dalamnya.

Selain quest-quest di atas, kamu juga bisa mengerjakan quest Singra Master Box di level 150. Kamu akan mendapatkan berbagai gear dan kostum ketika berhasil menyelesaikan quest ini.

Job Baru: Ninja

Ragnarok M: Eternal Love 2.0 juga menawarkan job baru bernama Ninja. Sayangnya kami belum sempat menjajal job ini karena kami selalu percaya, kalau Rogue adalah jalan Ninjaku.

Kamu bisa berubah menjadi Ninja di Cryptura Academy. Untuk berubah, yang perlu kamu lakukan adalah memiliki Novice dengan level 80. Para Ninja ini menggunakan senjata Huuma Shuriken untuk menyerang musuhnya.

Ketika kamu mencapai job level 70, kamu bisa berubah menjadi Kagerou/Shadow Wolf untuk karakter pria, dan Oboro/Moonlight untuk karakter wanita. Walaupun memiliki nama yang berbeda, tetapi sejatinya kedua job ini memiliki status dan skill yang sama persis. Kedua job bisa menggunakan senjata tipe sword.

Ketika Shadow Wolf atau Moonlight sudah mencapai job level 70, maka kamu bisa berubah lagi menjadi Yamata untuk pria dan Amaterasu untuk wanita. Para Ninja ini memiliki serangan yang unik. Mereka memiliki basic attack yang terdiri dari empat serangan beruntun dengan properti yang berbeda-beda. Setiap serangan memiliki damage dan buffnya sendiri, sehingga kamu harus memperhatikan betul-betul serangan apa yang sedang kamu keluarkan.

Selain menggunakan basic attack, para Ninja juga sangat kuat dalam urusan melempar Huuma Shuriken. Senjata lempar ini bisa mengenai beberapa target sekaligus layaknya magic attack. Oh iya, ngomong-ngomong masalah magic attack, para Ninja juga memiliki summoning technic yang mengizinkan mereka memanggil Orochimaru dan hewan legendaris lainnya.

Feature Lainnya

Game ini memiliki banyak fitur baru yang menyebabkan mereka menyebutnya sebagai Ragnarok M: Eternal Love 2.0. Salah satu fitur yang ditambahkan adalah fungsi Offline Battle yang menyebabkan karakter kamu tetap berpetualang walaupun kamu sudah logout. Offline Battle ini berfungsi selama 30 hari dan bisa kamu perpanjang dengan cara membeli lagi sertifikatnya.

Selain Offline Battle, kamu juga bakal menemui adanya UI baru dan fungsi baru yang mempermudah pemain. Salah satu contoh dari fitur ini adalah, hadirnya tampilan 2,5D, 3D, ataupun lock view.

Ragnarok M: Eternal Love 2.0 juga menyediakan sistem relic yang bisa diakses ketika kamu mencapai level 140 dan menyelesaikan quest yang diberikan oleh Rowanne di Prontera.

Kesimpulan

Nah itulah tadi sedikit review dan penjelasan kami tentang berbagai hal baru yang hadir di Ragnarok M: Eternal Love 2.0. Update kali ini jelas membawa banyak perubahan di dalam game. Saking banyaknya perubahan itu, kami sampai harus membuat karakter baru untuk mencoba semua fiturnya satu persatu.

Yang jelas Ragnarok M: Eternal Love 2.0 bakal menjadi salah satu MMORPG yang wajib main di tahun 2021 ini. Terutama kalau kamu sangat menyukai dunia Rune Midgard dan seluruh sistem yang ditawarkan oleh Gravity di Ragnarok M: Eternal Love 2.0.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top