REVIEW

Marvel Super War, MOBA dengan Balutan Hero Marvel

Anduril   28 Dec 2019
Marvel Super War, MOBA dengan Balutan Hero Marvel

Setelah melakukan tahap beta test sebanyak dua kali, akhirnya NetEase Games resmi merilis game MOBA Marvel Super War. Pada tanggal 19 Desember 2019, Marvel Super War sudah dapat diunduh dan dimainkan secara gratis di Google Play dan App Store.

Salah satu keunggulan dari mobile game bergenre MOBA ini adalah hadirnya para superhero original Marvel yang sudah akrab berkat franchisenya yang dibawa ke layar lebar. Di sini kamu akan menemukan barisan hero kelas atas dari Marvel, seperti misalnya Iron Man, Thor, Captain America, Spider-Man, Hulk dan lainya.

Review Marvel Super War

Dipenuhi karakter Marvel legendaris

Marvel Super War mengusung gameplay MOBA yang sudah akrab di benak gamer Indonesia sehingga kamu tidak perlu pusing ketika berpindah dari mobile game MOBA yang sudah pernah kamu mainkan sebelumnya.

Saat ini Marvel Super War menyediakan lebih dari 40 superhero serta villain yang bisa kamu mainkan. Jumlah ini pasti akan terus bertambah seiring dengan hadirnya update dan patch di masa depan. Para superhero di sini juga memiliki kemampuan yang mewakili kemampuan mereka di komik, dengan begitu kamu bisa memainkan para superhero dengan skill asli yang mereka miliki.

Tidak hanya menonjolkan karakter superhero, Marvel Super War juga memiliki hubungan langsung ke waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU). Beberapa superhero yang pernah keluar dalam film MCU maka akan ada kemungkinan jika superhero itu akan memiliki skin spesial.

Beberapa Hero yang mendapatkan skin spesial tersebut seperti Hulk yang mendapatkan kostumnya di Thor Ragnarok sehingga Iron Man yang memiliki skin seperti halnya Mark 50 yang digunakan Tony Stark di Avengers: Infinity War.

Bisa langsung main

Pada awal permainan, Marvel Super War akan memberi pertanyaan mengenai tingkat pemahaman kamu terhadap MOBA. Jika kamu sudah tidak asing lagi dengan game MOBA, maka kamu bisa dengan mudah langsung masuk dan bermain dengan memilih sebagai veteran. Jika kamu pilih pemula maka kamu akan dihadapkan dulu dengan tutorial memainkan MOBA.

Pada dasarnya, Marvel Super War masih sama dengan mobile game MOBA yang sudah banyak beredar di Google Play dan App Store. Yang perlu kamu lakukan hanyalah bergabung dengan lima orang lainnya sebagai satu tim untuk mempertahankan tower yang ada di sisi lane kamu. Tim yang berhasil menghancurkan tower dan core musuh maka akan menjadi pemenangnya.

Pola yang terdapat pada map juga tidak jauh berbeda dengan mobile MOBA yang sudah ada, walaupun desainnya agak berbeda. Map terdiri dari tiga lane, setiap lane dari masing-masing tim dijaga oleh tiga tower, dan setiap tim memiliki satu core yang harus dijaga sampai akhir. Bila core ini hancur maka tim itu akan kalah, sebaliknya bila kamu berhasil menghancurkan core lawan maka tim kamu memenangkan pertempuran.

Role kembali menjadi kunci permainan

Marvel Super War menyediakan enam role yang bisa digunakan, yaitu Fighter, Energy, Marksman, Assassin, Tanker, dan Support. Tentunya dari berbagai role ini kamu bisa mengembangkan gaya permainan yang berbeda-beda di dalam tim.

Fighter merupakan hero-hero yang kuat di sepanjang permainan, tetapi biasanya kalah damage di late game. Energy merupakan hero-hero tipikal mage yang memiliki damage luar biasa besar tapi kurang berguna di late game. Marksman merupakan hero yang memiliki damage rendah di early, tapi sangat kuat di late game. Assassin mirip-mirip dengan marksman, tetapi dengan serangan melee. Tanker merupakan hero penyerap damage di dalam tim. Terakhir adalah support yang akan memberikan buff untuk tim, atau debuff bagi musuh.

Setiap tim sebaiknya memiliki formasi yang seimbang untuk setiap rolenya. Karena setiap tim hanya memiliki lima solot, maka biasanya kamu harus memikirkan untuk membawa beberapa role dan mengorbankan role yang lain.

Kesimpulan

Marvel Super War merupakan variasi game berjenis MOBA yang sebelumnya telah memberikan pengalaman bermain kepada orang yang menyukai superhero dan juga MOBA. Dengan tampilan game yang ringan sehingga game ini cukup mudah dipahami oleh gamer yang ingin bermain game superhero tapi belum pernah memainkan game MOBA.

Rasanya seperti memainkan MOBA yang merupakan campuran antara AOV dan Onmyoji Arena sekaligus. Rasa campuran ini didapatkan dari sistem dalam game dan gaya pengendalian yang dimiliki oleh Marvel Super War.

Karena game ini masih baru, maka kamu akan menemukan berbagai typo di dalam game yang tidak terlalu mengganggu dan bisa diperbaiki di patch berikutnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top