REVIEW FILM

Soul, Perjalanan Spiritual Musisi Jazz di Disney+ Hotstar

Anduril   25 Jan 2021
Soul, Perjalanan Spiritual Musisi Jazz di Disney+ Hotstar

Soul lahir dari tangan sutradara dan penulis skenario Pete Docter, yang juga memproduksi film Pixar Monsters, Inc., Up, Wall-E, dan Inside Out. Jadi kalau kamu penggemar berat cara bercerita Pete Docter, bisa dipastikan kamu juga bakal jatuh cinta dengan Soul.

Kisah Soul

Guru SMP yang Mencintai Musik Jazz

Film ini bercerita tentang Joe Gardner (disuarakan Jamie Foxx), guru musik di SMP yang punya mimpi menjadi musisi jazz.

Suatu hari, peluang itu datang lewat audisi untuk tampil bareng band kuartet pimpinan pemain saksofon Dorothea Williams (Angela Bassett). Lewat permainan pianonya yang menawan, Joe akhirnya terpilih untuk menggantikan pemain piano Dorothea yang kebetulan sudah keluar dari band.

Sayangnya, saat keluar dari tempat audisi, Joe masuk ke dalam lubang yang membawanya ke dunia lain. Dunia itu adalah sebuah tempat perantara (limbo) sebelum seseorang masuk ke Great Beyond, atau dunia di antara hidup dan mati.

Merasa belum pantas mati, Joe lalu kabur ke Great Before, tempat individu diberikan jiwa dan kepribadiannya sebelum mereka lahir ke dunia atau Bumi.

Soul No.22

Sialnya, Joe ternyata dipasangkan dengan kepribadian atau soul no.22 (Tina Fey) yang pesimistis dan sama sekali tidak punya niatan untuk hidup dalam kepribadian manusia dan tinggal di Bumi.

Namun karena Joe terus memaksa no.22 untuk ke Bumi bersamanya demi mimpi jadi musisi jazz, jadilah mereka turun ke Bumi. Tapi lagi-lagi sial, jiwa Joe tertukar dengan seekor kucing, sementara jiwa no.22 malah masuk ke tubuh Joe.

Pasangan aneh ini lalu harus menjelajahi Bumi dan mencari cara untuk kembali ke kehidupan mereka masing-masing. Dapatkah Joe kembali hidup? Atau bagaimana no.22 berhadapan dengan manusia dan berinteraksi secara normal?

Pete Docter, Visual, dan Musik

Soul menjadi film pertama Pixar dengan karakter utama seorang berkulit hitam. Soul juga jadi film yang menampung semua kelebihan yang biasa ada dalam film-film garapan Pete Docter dan Pixar. Dengan kata lain, ini adalah film yang wajib kamu tonton.

Tantangan visual dan karakter diperlihatkan di sepertiga akhir film. Kamu bisa melihat betapa kocaknya Joe yang berubah jadi kucing gendut yang berisik. Juga visual jiwa Joe dan no.22 kalau tanpa tubuh; putih, agak chubby, dan menggemaskan.

Layaknya semua film Pixar lainnya, Soul juga mengajak kita berimajinasi tentang dunia lain mirip alam baka. Sosok yang digambarkan sebagai malaikat, jiwa-jiwa yang polos dan imut-imut, semuanya penuh fantasi.

Soal musik, ada deretan musik jazz yang sangat nge-groove yang selalu jadi latar musik film ini. Bisa dibilang, tak ada genre musik yang pas untuk mewarnai Soul selain jazz, karena musik ini identik dengan musik yang baru bisa lahir kalau dimainkan dengan soul.

Penyederhanaan Hidup dan Mati

Sementara untuk ceritanya, jangan ditanya. Inilah bagian yang akan paling disuka oleh penonton dewasa.

]Film ini bakal mengajak kita berkontemplasi. Apa yang kita cari dalam hidup ini? Apa mimpi dan passion-mu? Apakah passion atau sesuatu yang membuat kamu bersemangat adalah alasan kamu untuk tetap hidup, atau ada hal lain yang lebih besar dari itu semua?

Kisah Joe dan jiwa no.22 akan menuntun kita untuk menjawab pertanyaan tersebut, lewat adegan-adegan dan dialog lucu, sedih, haru, yang melibatkan interaksi mereka dengan teman, keluarga, juga pastinya dengan diri sendiri. Semua yang ada dalam film ini akan mengajak kita berpikir ulang lagi tentang artinya hidup, dan menjalani kehidupan.

Tak ada adegan-adegan atau dialog menggurui dalam Soul, karena meski kita diberi pertanyaan yang sama, pada akhirnya kita akan punya jawaban versi diri kita sendiri.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top