REVIEW

Dragon Raja, MMORPG dengan Kisah & Fitur yang Sangat Kompleks

Anduril   26 Jun 2020
Dragon Raja, MMORPG dengan Kisah & Fitur yang Sangat Kompleks

Gelombang MMORPG Android ternyata masih cukup “besar” jelang pertengahan 2020. Setelah Netmarble melepas Blade & Soul: Revolution, kini giliran Dragon Raja. yang dikembangkan oleh Zloong yang kemudian berganti nama menjadi Archosaur Games.

Game yang menggunakan Unreal Engine 4 tersebut kini sudah dapat dimainkan untuk regional Asia Tenggara (SEA). Sebelumnya, Dragon Raja sudah lebih dulu dirilis untuk regional Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Amerika Serikat, dan Eropa.

Review Dragon Raja

Bertarung di Dragon Raja

Dragon Raja menawarkan sederet hal-hal baru yang tampak segar. Namun, apakah semua yang ada di trailer akan benar-benar terwujud saat kita memainkannya? Ataukah justru berbagai kesegaran yang ditawarkan hanya bersifat pelengkap?

Sebenarnya kalau urusan gameplay, Dragon Raja ini masih memiliki elemen yang sama dengan game-game MMORPG lainnya. Intinya kalian akan berpetualang di dunia open world dan kalian bisa berinteraksi dengan pemain lain. Kalian bakal bertarung dengan banyak musuh dan ada boss juga. Selebihnya ya kurang lebih masih sama dengan game MMORPG kebanyakan.

Hanya saja, game Dragon Raja ini punya seabrek kelebihan karena gameplay-nya gak melulu tentang menghajar musuh aja. Ada banyak banget fitur gameplay yang bisa kalian nikmati dan bikin gamenya jadi terasa kaya, dinamis, dan gak ngebosenin dibandingkan game MMORPG lain.

Game ini akan menawarkan banyak quest untuk dilakukan. Ada quest utama yang berkutat dengan storyline di game ini yang beneran keren banget buat diikuti. Dan ada juga quest tambahan yang bisa kalian jalani buat mendapatkan rewards, membuka fitur baru, atau sekedar buat meningkatkan level karakter kalian aja.

Cerita yang Kompleks

Dragon Raja menjadi salah satu judul MMORPG Android yang berhasil menghadirkan pengembangan cerita yang sangat bagus. Pada awal permainan, pemain akan diceritakan sebagai salah satu yatim-piatu yang dijadikan kelinci percobaan untuk penelitian terkait kekuatan naga kuno.

Cerita akan berkembang sangat kompleks, sebab kamu akan menemukan banyak Clan, karakter, bahkan bisnis hiburan reality show yang menyemarakkan jalannya cerita. Setiap sisi cerita tersebut nantinya menawarkan sisi empati dan rasa kemanusiaan yang cukup bagus.

Pengembangan cerita dalam Dragon Raja sebenarnya disematkan dalam quest alias misi utama. Nantinya, progresi misi utama menjadi acuan penting dalam melihat pengembangan suatu cerita. Semakin jauh progresi misi utama, jalan cerita permainan pun akan terlihat semakin kompleks.

Dalam fenomena MMORPG Android, banyak sekali judul yang abai terhadap hal ini. Misi utama seakan hanya menjadi tempelan tanpa mengikut sertakan alur cerita yang menarik. Sehingga, cerita permainan pun terasa stagnan dan membosankan. Untungnya, Dragon Raja memiliki pengembangan cerita yang sangat baik dan tidak monoton.

Visual yang Ciamik

Nah, ini nih, salah satu aspek unggulan dari Dragon Raja ini. Grafik game ini bener-benar memukau banget. Baik itu dari desain environmentnya, karakternya, efek-efeknya, semuanya joss banget lah. Kayak yang saya bilang tadi, Dragon Raja seolah-olah berhasil menggunakan Unreal Engine 4 ke level yang lebih tinggi lagi.

Hanya dengan aspek grafik ini saja, Dragon Raja berhasil mendapatkan pujian dari berbagai pihak termasuk dari banyak kritikus dan website tentang game yang kredibel. Sebut aja Gamezebo yang memberikan rating 4,5 dari skala 5 untuk aspek grafik Dragon Raja ini.

Desain dunia di game ini berhasil dibuat dengan amat sangat hidup, dan lokasinya juga beragam. Ada sekolah yang berhasil memadukan unsur futuristik dan alam. Terus ada juga berbagai kota yang diadaptasi buat dijadikan latar dalam cerita.

Gerakan pertarungan karakter terlihat sedikit kaku. Namun, secara keseluruhan, hal tersebut masih bisa ditoleransi dan tidak terlalu berdampak besar, karena tampilan visual di luar animasi tampak memukau.

Musik yang Memanjakan Telinga

Sajian grafis yang memukau juga mampu diimbangi dengan pilihan lagu latar yang tepat. Seperti pada umumnya, lagu latar akan menyesuaikan dengan kondisi permainan. Jika, bertarung lagu latar akan berubah dengan tempo tinggi. Sehingga, lagu latar berhasil menciptakan suasana pertarungan yang bergairah.

Di sisi lain, jika kalian sedang santai di dalam ruangan, tempo lagu latar akan berubah menjadi sangat rendah. Sehingga, menciptakan suasana yang menenangkan. Pemilihan lagu latar tersebut terbilang tepat sesuai porsi dan kondisi permainan.

Presentasi permainan Dragon Raja enggak terlepas dari tema futuristis dengan sedikit sentuhan cyberpunk. Dari sajian grafis, kalian akan menemukan beberapa desain dan audio yang identik dengan kemajuan teknologi, mulai dari efek suara sampai animasi rendering objek dengan sentuhan virtual.

Kami perlu ngasih jempol sama developer Archosaur karena effortnya buat make voice over alias pengisi suara karakter-karakternya khususnya saat sedang berdialog. Melalui dialog tersebut, setiap karakter dibuat seperti hidup dan nyata. Intinya, buat urusan audio, game Dragon Raja ini memiliki kualitas di atas rata-rata.

Fitur Dragon Raja

Aspek fitur ini nih yang jadi point utama di review ini. Salah satu fitur orisinal yang dimiliki Dragon Raja dan tidak akan kalian temukan pada MMORPG Android lain adalah, fitur taman impian (dalam map Funfair). Seperti namanya, taman impian memungkinkan pemain untuk menjajal beberapa wahana permainan, seperti roller coaster, bianglala, ataupun komidi putar.

Seakan bermain di Dunia Fantasi (Dufan), para pemain tentu saja akan mendapatkan pengalaman bermain yang sangat unik. Sayangnya, map Funfair seakan tidak diikutsertakan dalam bagian cerita Dragon Raja. Sehingga, kehadirannya seakan hanya sebagai pemanis yang enggak relevan dengan alur cerita.

Fitur khas lain yang bisa kalian temukan di Dragon Raja adalah “Pekerjaan”. Perlu dicatat, fitur ini beda dengan job atau class. Pasalnya, pekerjaan yang kalian lakukan berbeda dengan role utama yang kalian pilih saat bermain.

Saat ini, Dragon Raja menyediakan tiga fitur pekerjaan, yaitu koki, pemilik toko, dan idola. Uniknya, ketiga pekerjaan tersebut didesain dengan banyak progres permainan yang layak untuk dijajal.

Selain fitur-fitur tersebut, ada satu fitur permainan yang sebenarnya sangat berarti, yaitu interaksi ke benda di area permainan. Pemain dapat bermain basket, mengambil sampah, ataupun menggunakan telepon umum. Hal tersebut sebenarnya enggak punya pengaruh besar ke jalan cerita. Namun, aktivitas-aktivitas tersebut dapat membuat suasana jauh lebih hidup.

Kesimpulan

Kehidupan kedua rasanya cukup tepat untuk menjuluki Dragon Raja SEA, pasalnya kamu bisa melakukan apa saja,seperti di kehidupan nyata. Dragon Raja adalah standar baru dalam industri MMORPG mobile, di mana setiap aspek game dibuat secara detail, sehingga membuat siapapun yang memainkannya merasa nyaman meski ia belum pernah memainkan MMORPG sekalipun.

Jadi, apakah Dragon Raja ini layak untuk kamu mainkan? Jawabannya, ya! Buat kamu pecinta game MMORPG, pastinya Dragon Raja ini menjadi salah satu game MMORPG yang wajib untuk kamu mainkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top