REVIEW FILM

Disney+ Hotstar, Platform Tandingan Netflix di Indonesia

Anduril   13 Jan 2021
Disney+ Hotstar, Platform Tandingan Netflix di Indonesia

Pada awal September 2020, tepatnya di tanggal 5 September 2020 yang lalu sebuah platform streaming film yang dibesut oleh Disney resmi rilis di Indonesia. Sebelumnya memang sudah cukup lama Disney menggembar-gemborkan platform mereka yang bernama Disney+ Hotstar, hingga akhirnya mereka benar-benar meluncurkannya di Indonesia.

Di platform ini kita bisa menyaksikan berbagai film, serial dan juga berbagai hiburan menarik lainnya khususnya yang dibuat oleh Disney. Mulai dari animasi garapan Pixar, Star Wars, film superhero buatan Marvel, hingga film lokal yang pernah menghiasi layar bioskop Indonesia.

Review Disney+ Hotstar

Biaya Berlangganan Murah

Disney+ Hotstar mematok harga perkenalan yang cukup menggiurkan bila dibandingkan platform lainnya. Mereka mencantumkan harga Rp39.000,- untuk biaya langganan perbulan, dan Rp199.000,- untuk setahun.

Untuk berlangganan jelas kamu membutuhkan kartu kredit atau nomor Telkomsel. Tapi kalau kamu mau, kamu bisa berlangganan dengan menggunakan Google Play Balance atau GoPay. Kemudahan dalam mode pembayaran ini menjadikan Disney+ Hotstar sedikit lebih unggul ketimbang Netflix di Indonesia.

Kualitas Video dan Dubbing

Di aplikasi mobile kita bisa mengatur kualitas video sesuai dengan kebutuhan kita masing – masing. Mulai dari low, Medium, High, atau Auto. Selain itu player yang dimilikinya juga sangat keren dengan beberapa fitur tambahan dimana kita bisa memilih subtitle bahasa Indonesia ataupun bahasa inggris.

Selain subtitle tersedia juga dubbing atau pengisian suara dalam bahasa Indonesia. Jadi untuk anak-anak yang masih sulit membaca cepat, mereka bisa turut untuk menikmati akses filmnya dengan sangat mudah.

Sayangnya fasilitas dubbing dari Disney+ Hotstar patut dipertanyakan. Sebab mereka sepertinya menggunakan satu studio dubbing dengan talent yang itu-itu saja, sehingga kamu akan menemukan kalau karakter dan suara yang memerankannya terasa tidak pas atau tidak sesuai meskipun kualitasnya sudah sangat apik.

Tampilan Sederhana dan Mudah untuk Dioperasikan

Di bagian homepage ada beberapa segmen atau bagian. Misalnya adalah Free to Watch untuk beberapa film gratis yang bisa ditonton. Kemudian New Release merupakan daftar film terbaru yang tayang di Disney Plus Hotstar.

Selain itu kita juga bisa memilih genre dengan klik pada icon hamburger di sebelah kiri atas dilanjutkan pilih genre. Pokoknya dari pengoperasioan sudah pasti kita tidak akan merasa kesulitan. Kita juga memiliki kolom pencarian untuk mencari film Disney yang diinginkan.

Platform Disney+ Hotstar menjadi salah satu wahana Disney untuk meluncurkan film-film baru mereka. Beberapa di antaranya adalah Mulan dan Soul yang bisa dinikmati di platform tersebut. Selain film full feature, Disney juga luncurkan seri orisinil mereka di Disney+ Hotstar. Dalam waktu dekat kita akan bisa menikmati Wanda Vision.

Kids Mode tanpa Password

Untuk mendukung standar platform yang aman bagi anak-anak, Disney+ Hotstar dibekali dengan tombol Kids Mode yang ada di bagian Hamburger Button di kiri atas.

Dari percobaan tim MakeMac, saat Kids Mode diaktifkan maka katalog film yang tersedia hanya ada di rating G (General) dan PG (Parental Guidance Suggested). Untuk konten dengan rating 13+ atau 17+ akan disembunyikan alias tidak dapat ditemukan.

Sayangnya pengaturan Kids Mode di Disney+ Hotstar ini tidak mendukung penggunaan password atau pembatasan keamanan jenis lainnya.

Kesimpulan

Disney+ Hotstar hadir di saat yang tepat, yaitu ketika layanan platform streaming sudah banyak diterima oleh masyarakat Indonesia.

Ditambah lagi dengan konten penyuaraan Bahasa Indonesia, harga berlangganan murah dan mudah serta koleksi film yang lengkap untuk anak-anak. Semua hal tadi menjadi beberapa kelebihan menarik dari Disney+ Hotstar yang bisa membuat kamu mencoba untuk berlangganan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top