REVIEW

Brave Frontier, RPG Sosial Legendaris yang Masih Sangat Eksis

Anduril   11 Jan 2019
Brave Frontier, RPG Sosial Legendaris yang Masih Sangat Eksis

Pada pertengahan Juli 2013 lalu di Jepang sebuah studio baru bernama Alim muncul ke permukaan. Perusahaan tersebut mengkonfirmasikan Brave Frontier, game yang ditawarkan sebagai RPG berbasis game sosial dengan gaya visual karakternya yang digambarkan sangat imut, serta menjual mekanis pertarungannya yang berbeda dibandingkan tipikal game sosial di Jepang.

Review Brave Frontier

Apa yang membuat Brave Frontier terasa berbeda dari tipikal game sosial Jepang lainnya yang juga terus bermunculan akhir-akhir ini adalah gameplay yang mengingatkan kami pada Valkyrie Profile. Meskipun banyak yang menyebutkannya mirip dengan Puzzle & Dragons, namun di sini kamu tidak perlu berhadapan dengan puzzle berupa kotak-kotak yang dipenuhi dengan permata, dan mengamati mana yang cocok untuk disamakan warnanya sehingga karakter bisa menyerang musuh.

Kamu mengendalikan summoner yang bertugas menyelamatkan Grand Gaia dari ancaman kekuatan jahat. Dengan kemampuan summon, kamu bisa memanggil banyak karakter legendaris tersebut, atau bisa juga mengevolusikan mereka. Setidaknya beberapa elemen game ini sama dengan Puzzle & Dragons.

Apa yang membedakan Brave Frontier berbeda adalah, di sini kamu bebas mengarahkan karakter untuk menyerang musuh sesuai dengan pilihanmu. Entah itu 1 vs 1, atau semua karaktermu bisa diarahkan menyerang pada satu musuh. Cukup sentuh satu karakter untuk membuat mereka menyerang musuh secara random. Atau untuk menyerang pada target khusus, tinggal sentuh/pilih musuh untuk menempatkan kursor target, kemudian sentuh karakter untuk menyerang target tersebut.

Sistem Pertempuran

Seiring karakter menyerang musuh dan mereka menjatuhkan Brave Crystal, maka kristal tersebut akan membangun meter “Brave Gauge” yag bisa digunakan untuk melancarkan serangan Brave Burst ketika meter tersebut penuh. Untuk mengaktifkan serangan spesial karakter tersebut, kamu perlu menyentuh dan menahan karakter dengan meter Brave Burst-nya penuh, dan kemudian menggeser jarimu ke atas setelah menahannya sekitar 1 detik. Brave Burst bisa menarget satu musuh, banyak musuh sekaligus, semua musuh, atau bahkan memulihkan karakter, bergantung pada karakter yang melancarkan Brave Burst (setiap karakter berbeda). Karena itulah lebih baik kamu menyusun tim dengan Brave Burst yang lengkap, ada yang untuk menyerang, dan ada yang bisa memulihkan HP karakter.

Elemen alam juga berperang menentukan kemenangan. Kamu perlu menghafalkan elemen apa yang lebih kuat melawan yang lain. Seperti Fire (merah) yang kuat melawan earth (hijau), earth mengalahkan electric (kuning), electric mengatasi water (biru) dan water jelas lawan dari fire. Selain itu ada tipe karakter light dan dark, yang masing-masing kuat melawan unsur yang bertolak belakang, namun lemah ketika diserang oleh tipe yang sama.

Dengan menenangkan pertarungan, kamu akan mendapatkan Zel, Karma dan poin experience. Zel dan Karma menjadi dua mata uang utama game ini yang bisa didapatkan dengan mudah dari bertarung. Kamu juga berkesempatan mendapatkan unit baru dan material untuk crafting. Unit baru bisa ditambahkan ke dalam tim aktif yang kamu gunakan saat ini, sedangkan material crafting bisa kamu gunakan nantinya untuk membuat item baru di kota.

Mengembangkan Karakter

Seperti tipikal RPG, poin experience yang cukup terkumpul akan meningkatkan level karakter. Ketika itu terjadi, maka semua energy karakter akan dipulihkan. Energy digunakan setiap kali kamu melakukan quest. Jadi sangat penting untuk menaikkan level karakter, agar kamu bisa terus bermain tanpa perlu menggunakan Gem untuk mengisi energy, atau menunggu lama sampai energy tersebut putih sebelum kamu bisa melanjutkan quest.

Aspek familiar lainnya dalam game ini adalah adanya kota, di mana kamu bisa melakukan aktivitas crafting dan memanfaatkan semua material yang sudah terkumpul sebelumnya. Material lainnya yang lebih baik bisa kamu dapatkan di kota dari tanah pertanian, hutan, sungai atau daerah pegunungan

Untuk mendapatkan material yang lebih baik (atau lebih langka), kamu perlu mengupgrade Facility yang mewakili lokasi tersebut terlebih dahulu menggunakan Karma. Di kota kamu juga bisa membuat gear seperti Cure untuk memulihkan HP, Revive untuk memulihkan karakter yang tewas, dan yang mampu meningkatkan kekuatan serangan dan pertahanan. Sama seperti lokasi di kota, gear tersebut bisa kamu upgrade menggunakan Karma.

Fusion!

Alim membuat proses fusion Brave Frontier lebih “berat.” Terutama ketika mau mengevolusikannya, karena kamu perlu memiliki unit yang levelnya max dan material fusion. Makin tinggi materialnya, makin susah mendapatkannya, dan membuat proses fusion ini pun bisa menuntut kesabaran bermain yang lebih besar.

Untuk memaksimalkan level unit, kamu perlu menentukan unit utama, dan hingga 5 unit lainnya yang akan dikorbankan untuk menaikkan levelnya. Jika kamu mengorbankan unit yang memiliki Brave Burst sama, maka unit utamamu juga berkesempatan mendapat upgrade Brave Burst. Begitu unit mencapai level max, maka kamu bisa mengevolusikannya.

Kesimpulan

Kembali pada aspek collectible-nya, tipikal game semacam ini jika sudah membuat gamer terikat, maka mereka akan melakukan apapun demi melengkapi koleksi 200 karakternya melalui proses summon. Untunglah Alim bukanlah developer serakah, kamu bisa memainkannya tanpa perlu mengeluarkan sepeser uang pun untuk membeli Gem. Kuncinya sama seperti Puzzle & Dragons, sabar grinding, dan terus grinding.

Walaupun ini game lama, sepertinya kami akan kembali memainkan Brave Frontier dalam waktu dekat ini. Pasalnya game ini memang sangat adikitif dan memiliki banyak sekali kisah dan event tambahan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top