REVIEW

Retro Shooting, Memukaunya Gabungan antara Space Shooter Modern & Klasik

Andy Chan   06 Jul 2018
Retro Shooting, Memukaunya Gabungan antara Space Shooter Modern & Klasik

Wahai para penggemar space shooter, apakah kalian menginginkan sebuah game space shooter yang modern, ataukah sebuah space shooter yang lebih retro? Jika kalian menginginkan yang retro namun sedikit modern, nah kebetulan sekali. SHMUP HOLIC telah merilis sebuah game space shooter retro yang bahkan mereka beri judul Retro Shooting 2018. Game ini menggunakan 3D namun memiliki design retro yang tampak sempurna sebagai sebuah game Arcade.

Bagi penggemar space shooter, gameplay pada Retro Shooting ini pasti sudah tidak asing lagi. Satu pesawat tempur bertarung melawan puluhan musuh di layar, sambil menghindari ratusan peluru yang beterbangan dan di ujung stage, bertarung melawan boss yang epik. Berhubung game ini klasik, maka pesawat milik pemain pun klasik juga: sekali tertembak atau tertabrak pesawat musuh, maka pesawatnya akan langsung meledak. Tidak ada cerita sama sekali, game ini murni tembak-tembakan arcade yang seru.

Pengendalian permainan sama seperti game shooter lainnya, pemain cukup menyentuh layar dan menggesernya untuk membuat pesawat miliknya bergerak mengikuti arah gerakan jari. Pesawat tempur tersebut akan secara otomatis menembaki musuh, jadi tugas pemain hanyalah untuk mengarahkan pesawat untuk menembaki mereka, mengambil macam-macam power up dan koin, serta menghindari peluru saja.

Selain pengendalian dasar tersebut, terdapat juga peralatan khusus yang bisa digunakan oleh pemain dengan cara menyentuh tombol-tombol yang tersedia di pinggir kiri layar. Ada tombol untuk menembakkan laser, ada tombol untuk mengeluarkan shield, dan barang yang umum ditemukan dalam game shooter, yaitu bom. Peralatan khusus ini biasanya tidak bisa digunakan terus menerus, setelah digunakan mereka memiliki waktu cooldown sebelum bisa dipergunakan lagi.

Pemain juga bisa meng-upgrade pesawat tempur mereka seperti memperkuat senjata utama, memperkuat misil, mengurangi cooldown, dan menambah kekuatan sedot pesawat. Semua itu dilakukan dengan menghabiskan koin yang dikumpulkan selama bermain. Terdapat juga macam-macam tipe pesawat yang bisa dibeli oleh pemain, masing-masing dengan visual yang berbeda dan persenjataan yang unik.

Terdapat dua mode utama yang bisa dimainkan dalam Retro Shooting. Yang pertama tentu saja adalah mode arcade, di mana setiap stage pemain akan menemukan sebuah boss di ujungnya untuk dikalahkan, sementara mode kedua adalah mode Infinity alias endless. Dalam mode Infinity ini pemain akan mencoba kebolehan mereka memainkan sebuah space shooter sampai mati, karena memang tidak ada ujungnya.

Sesuai namanya, Retro Shooting memiliki grafis yang bernuansa retro yang sangat cocok untuk bernostalgia. Namun tidak sekadar retro saja, game ini juga memanfaatkan fitur 3D yang menjadikan penampilannya blocky namun tampak dalam kedalaman tiga dimensi. Yah, boleh dibilang gabungan dari design modern dan design klasik yang menawan, lengkap dengan ledakan pesawat penuh partikel yang spektakuler.

Disajikan secara free-to-play, Retro Shooting menawarkan sebuah game space shooter yang bebas dimainkan kapan pun di mana pun secara offline. Memang masih ada gangguan iklan apabila memainkannya secara online, namun tersedia mikrotransaksi untuk pembelian koin dan apabila pemain sudah membeli semua produknya, maka iklan pun akan dihapuskan, kecuali iklan yang menghadiahkan sesuatu.

Dengan tiga macam tingkat kesulitan (Rookie, Champion, dan Hero) serta dua macam mode untuk dimainkan, Retro Shooting menawarkan sebuah pengalaman nostalgia game space shooter yang memukau dan adiktif, apalagi ukuran game-nya juga tidak terlalu besar, hanya 78MB saja. Jika Anda adalah salah satu penggemar game space shooter, Retro Shooting pantas berada di jejeran game-game shooter pada ponsel pintar Anda.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top