REVIEW

Retro Bowl, American Football bergaya Retro di Genggaman Tanganmu

Andy Chan   14 Apr 2021
Retro Bowl, American Football bergaya Retro di Genggaman Tanganmu

American Football bukanlah olah raga yang umum ditemui di negara-negara lain selain Amerika. Di seluruh dunia, football adalah sepakbola, hanya di Amerika saja sepakbola itu disebut soccer, sementara yang menurut mereka football itu ya, American Football yang berada di bawah naungan NFL. Nah, bagi mereka yang kebetulan suka dengan American Football, New Star Games menyediakan sebuah game unik, yang mereka beri judul Retro Bowl.

Mengenai Retro Bowl

American Football dengan gaya retro, itulah sekilas mengenai Retro Bowl. Pemain akan mengurus sebuah tim football, lalu membawa mereka untuk bertanding hingga akhirnya menjadi juara. Boleh dibilang game ini adalah campuran game bertipe manajemen dan game simulasi pertandingan football yang bergaya retro.

Mengurus Tim Football

Sebagai seorang manager tim American Football, pemain diberikan sebuah tim untuk diurus, di mana mereka bisa mengatur pemain-pemainnya, menyewa pemain baru, menaikkan gaji pemain, pelatih, dan lain sebagainya dengan antar muka yang cukup sederhana. Di sini pemain bisa mengistirahatkan para anggota tim yang lelah, melihat jadwal pertandingan, melihat ranking, dan lain sebagainya.

Bertanding Football dengan Sistem Simulasi

Ketika pertandingan berlangsung, pemain tidak akan melihat para anggota timnya bergerak di lapangan, hanya akan ada sedikit keterangan mengenai apa yang sedang terjadi saat itu. Mirip dengan sistem simulasi dari Football Manager jaman dulu. Namun pemain akan bisa ikut andil dalam bertanding, karena setiap beberapa saat sekali, akan ada kejadian yang harus dikendalikan oleh mereka. Di sini, pemain akan bisa melihat dan beraksi sendiri di lapangan, dengan cara melempar bolanya atau berlari menghindari serangan-serangan lawan.

Akhir Pertandingan

Tim akan menang apabila bisa melakukan touchdown atau menendang bola melewati gawang tinggi, dan di akhir waktu pertandingan, siapa yang memegang skor tertinggi, tim itulah yang menang. Uniknya, setelah pertandingan tersebut, pemain sebagai manager timnya, bisa memuji atau menyalahkan hasil pertandingan tersebut, antara ke anggota timnya atau ke pelatihnya. Tentu saja, akan ada efek tersendiri atas hal ini, yang bisa menurunkan atau menaikkan semangat pemain dan pelaithnya.

Bisakah kalian membawa tim American Football kalian untuk menjuarai liga? Itulah tantangan dari Retro Bowl.

Grafis Retro bagaikan PC tahun 80-an

Retro Bowl dipresentasikan dengan gaya yang benar-benar retro, persis seperti game-game di tahun 80-an. Tidak ketinggalan juga adalah lagu dan efek suara yang tidak kalah retro-nya, sehingga benar-benar memberikan nuansa game jaman dahulu.

Tidak Perlu Online

Disajikan dengan model bisnis free-to-play, Retro Bowl memang tidak membutuhkan koneksi Internet sama sekali, sehingga bisa dimainkan secara offline. Bahkan game-nya pun tidak menggunakan sistem stamina, jadi memang benar-benar terasa seperti game retro di tahun 80-an. Mikrotransaksi disediakan untuk pemain yang butuh membeli Coaching Credits dan Unlimited Mode.

Game-nya sendiri tidak jelek, namun mungkin pangsa pasar yang menyukai game American Football di Indonesia cukup minim, sehingga hanya segelintir saja dari para gamer yang mungkin bersedia memainkan Retro Bowl.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top