REVIEW

Respect, Simulasi Geng Kriminal di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   15 May 2017
Respect, Simulasi Geng Kriminal di Ponsel Pintarmu

Respek, Uang, dan Kekuatan. Itulah tiga hal yang paling penting dalam dunia kriminalitas yang gelap. Dalam game mobile yang berjudulkan Respect dan dibuat oleh Ostensible Games ini, pemain bakal ditugaskan untuk mengasuh geng kriminal milik mereka agar bisa naik daun. Dari geng yang kecil menjadi geng besar yang bisa menguasai seluruh kota. Semua itu dimulai dengan kecil-kecilan, yaitu menyalurkan 'produk' (Anda tentunya sudah cukup dewasa untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan 'produk' ini) kepada para pengguna, menjaga para pengedar, dan mendapatkan uang untuk berlanjut mengembangkan bisnis tersebut.

Pada dasarnya, gameplay dari Respect ini bergenre turn-based strategy, dimana pemain bakal menyusun geng milik mereka dan mencoba untuk menguasai kota, satu blok demi satu blok. Tapi berhati-hatilah, karena geng milik pemain bukanlah satu-satunya geng yang ada dan mengincar kesempatan untuk bisa menguasai kota, karena ada tiga geng lainnya yang juga bakap siap melakukan baku hantam untuk menguasai kota.

Di awal game, pemain akan diberikan kesempatan untuk melakukan kustomisasi pada pemimpin geng. Termasuk di dalam proses ini adalah memberikan nama serta mengubah penampilan, seperti warna kulit, rambut, dan baju. Ada beberapa tipe geng yang bisa dipilih. Namun sayangnya, belum semuanya langsung terbuka, sehingga pemain hanya bisa memilih satu saja dulu. Yang lainnya haruslah di-unlock dengan menggunakan mata uang premium.

Pengendalian game pun cukup mudah, semuanya bakal diatur melalui menu-menu yang terbilang mudah untuk dimengerti. Pemain hanya perlu menaruh para anak buah yang dimilikinya ke daerah baru untuk bisa menguasai daerah tersebut dan mulai berjualan. Ada empat tipe pekerjaan yang bisa dilakukan oleh anak-anak buah itu (termasuk sang bos sendiri, tentu saja), yaitu menjadi pengedar untuk menghasilkan uang dari berjualan 'produk,' penjaga untuk menjaga agar para pengedar tidak sampai dibunuh oleh geng lawan, mata-mata untuk menyelidiki mengenai pergerakan geng lawan di daerah tersebut serta penyerang yang bertugas untuk melakukan raid pada daerah lawan.

Untuk menambah anggota geng, diperlukan respek. Jika respek dari geng pemain rendah, paling banyak hanyalah ada satu orang saja yang mau untuk ikut masuk ke dalam geng. Namun, ketika respek mulai tinggi, maka semakin banyak orang yang berminat untuk ikut masuk ke dalam geng. Masing-masing anggota geng tersebut juga bisa dinaikkan pangkatnya menjadi letnan, dan mereka pun dapat diberikan senjata yang lebih kuat jika dibandingkan dengan pisau, yang merupakan senjata dasar bagi mereka.

Apabila pengaturan sudah selesai dilakukan dengan memilih menu End Turn, maka game pun akan memajukan waktu hingga satu bulan kemudian, dan seluruh anak buah milik pemain pun akan beraksi sesuai dengan pekerjaan masing-masing.

Pada saat dua geng bertemu dalam satu blok, maka mereka pun akan bertempur untuk menguasai blok tersebut. Pertempuran terjadi secara otomatis, dan biasanya yang memiliki jumlah yang lebih banyak dan memiliki persenjataan yang lebih lengkap, tentu saja akan memiliki peluang menang yang lebih besar. Perang antar geng ini diperlihatkan dalam bentuk animasi tembak-tembakan sederhana, dan hasilnya bakal diberikan dalam bentuk laporan yang bisa dibaca oleh pemain.

Namun, ancaman tidak hanya akan datang dari geng lawan saja. Pihak berwajib pun bisa mengganggu kedamaian geng milik pemain dengan cara menangkapi para pengedar. Dan, apabila pemain tidak memiliki dana untuk menyewa pengacara, maka anggota geng pun akan dimasukkan ke penjara sehingga bisa mengakibatkan terganggunya aliran dana bagi mereka.

Selain itu, pemain pun bisa membaca yang dinamakan Informasi dari para letnan pada setiap turn. Masing-masing biasanya akan memiliki laporan yang unik. Misalnya, ada yang melaporkan 'pekerjaan' sampingan. Terkadang, ada juga laporan mengenai satu anak buah tertentu yang perlu diberikan 'pelajaran.' Dan, sampai laporan mengenai mereka yang baru saja... mabuk-mabukan. Di sini, semua keputusan mengenai apa yang harus dilakukan atas informasi tersebut ada di tangan pemain.

Tampilan grafis dari Respect ini cukup sederhana. Kebanyakan merupakan tampilan laporan sederhana, dan ada sedikit imbuhan pixel art untuk merepresentasikan anggota geng milik pemain. Animasinya pun cukup sederhana, dan sedikit lagu serta efek suara tembak-tembakan. Meski pun tidak terasa bombastis, namun cukup efektif dalam hal memberikan nuansa geng dan perang antar geng.

Respect sendiri merupakan sebuah game free-to-play yang berukuran kecil, hanyalah memakan sekitar 14MB saja. Dan asyiknya, tidak memerlukan koneksi Internet untuk dimainkan. Meski pun Respect ini kelihatannya merupakan game mobile yang sederhana, namun jangan salah, karena game mobile ini nyatanya cukup sulit untuk dimainkan. Begitulah, menghasilkan uang di game mobile ini cukup sulit, apalagi kalau turf yang dimiliki masihlah sedikit. Sementara untuk mempersenjatai geng secara lengkap, tentunya membutuhkan uang. Di lain pihak, geng lawan senantiasa berperang dengan persenjataan yang lengkap. Di sinilah microtransaction bakal aktif bekerja, karena adanya mata uang premium bernama Crown yang bisa digunakan untuk membeli senjata apabila uang in-game milik pemain telah habis.

Memang, game Respect ini bukanlah untuk semua orang, hanya mereka yang hobi dengan game-game ber-genre strategi dan menyukai tantangan saja yang sepertinya bakal sanggup untuk memainkan game mobile bertemakan kriminal seperti ini. Tapi, rasanya akan sangat puas jika Anda berhasil menguasai sebagian besar dari kota dalam game mobile ini. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Aplikasi Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top