NEWS

Resmi Meluncur di Tanah Air, Uplive adalah Aplikasi Live Streaming yang Berbeda

Conny   27 Oct 2018
Resmi Meluncur di Tanah Air, Uplive adalah Aplikasi Live Streaming yang Berbeda

Diluncurkan di bawah pimpinan Ouyang Yun dan Andy Tian pada pertengahan tahun 2016, Uplive merupakan sebuah aplikasi live streaming untuk platform mobile dengan jumlah pengguna yang mencapai lebih dari 20 juta orang dan raihan revenue di angka $100 juta per tahun 2017.

Jika belum pernah mengenal mereka, Ouyang Yun sebelumnya pernah menjabat posisi-posisi strategis di Tencent dan Groupon China, sementara Andy Tian dahulunya adalah petinggi dari Zynga China dan Google Mobile. Kini, mereka adalah Co-Founder & President serta CEO dari Asia Innovations Group (AIG), salah satu grup yang terdepan menyoal mobile entertainment di Asia sekaligus kreator dari Uplive dan beberapa aplikasi mobile populer lainnya.

Tiap bulannya, jutaan orang menggunakan Uplive untuk menyaksikan konten yang disiarkan dengan kualitas tinggi secara live streaming oleh lebih dari 60.000 kreator konten, atau mungkin lebih dikenal sebagai influencer atau bahkan host, pada platform tersebut.

Sebagai penghargaan bagi mereka ini, orang-orang yang menonton konten kreasi para host dapat memberikan virtual gift kepada host yang difavoritkan dalam bentuk buket mawar, perhiasan, mobil hingga yacht (tentunya, dalam bentuk digital), yang dapat ditukarkan ke dalam bentuk uang asli. Diketahui, host yang dianggap populer di Uplive dapat mengantongi hingga $20.000 per bulan. Bahkan, industri tersebut secara keseluruhan kini dinilai seharga lebih dari $5,8 miliar di China saja, berdasar data dari Credit Suisse.

Nah, menyusul keberadaan Uplive adalah Gifto, yang pada dasarnya adalah sebuah cryptocurrency, yang dikembangkan demi lebih memuluskan protokol virtual gift pada Uplive itu sendiri.

Melalui press conference yang dihelat per 25 Oktober 2018 lalu di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat, Ouyang Yun selaku Co-Founder & President dari AIG memperkenalkan Uplive, Gifto, dan sekilas aplikasi-aplikasi mobile populer milik mereka, seperti Super Fans dan Orca Live, kepada media dan undangan. Nyatanya, mereka telah menjajaki pasar Indonesia sejak tahun 2017 lalu.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika Oyang Yun –yang sebelumnya pernah menjabat posisi-posisi strategis di Tencent dan Groupon China itu– ditemani oleh tiga dara cantik yang ternyata adalah para host di Uplive. Mereka adalah Brenda Wang, Nonna Ayu, dan Nixia.

Belakangan, diungkap bahwa Uplive telah memiliki 100 ribu host di Indonesia, dengan jumlah host yang aktif bisa mencapai 50 hingga 60 orang per harinya, sehingga tidaklah terlalu mengejutkan jika aplikasi live streaming tersebut telah sukses menjaring sebanyak 35 juta orang sebagai penggunanya per Maret 2018. Sedikit membuka rahasia dapur mereka, Dhika Mustaf selaku Business Partner dari AIG mengungkap bahwa seorang host di Uplive Indonesia mampu mendapatkan pemasukan hingga mencapai 100 juta per bulan. Angka yang menggiurkan.

Meski begitu, hanya angka pemasukan yang menggiurkan saja tidaklah cukup demi menjadi modal bagi AIG untuk mempopulerkan Uplive sebagai sesuatu yang berbeda dari kebanyakan aplikasi live streaming di Indonesia. Oleh karena itu, Ouyang Yun menegaskan bahwa Uplive merupakan sebuah green platform yang menentang keberadaan konten-konten "tak sehat" yang cenderung negatif, pun dengan keberadaan aplikasi tersebut secara global di luar China, yang telah merengkuh hingga ke Taiwan, Hongkong, Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Amerika hingga negara-negara di Afrika Selatan, Asia Tengah, dan Asia Tenggara, sebelum resmi mendarat di Indonesia.

Bahkan, mereka sudah pernah mengorbitkan beberapa host terpilih yang diinkubasikan secara in-house menjadi Uplive Girls, girlband yang telah mencapai status hit di Asia Timur, khususnya Taiwan. Belum lagi jika memperhitungkan kolaborasi yang pernah terjalin dengan grup Taobao, majalah Elle hingga pabrikan Mercedes Benz.

Lantas, apa yang membuat Uplive melirik Tanah Air kita sebagai salah satu pasar yang ingin mereka tuju? Dikatakan oleh Ouyang Yun, Indonesia memiliki populasi besar yang kerap memiliki partisipasi yang juga sama besarnya di dunia maya. Selain itu, banyak talenta yang berbakat dengan kualitas yang tinggi di Tanah Air kita. Belum lagi jika memperhitungkan jiwa sosial dari rata-rata orang Indonesia. Faktor-faktor itulah yang dirasa cocok oleh mereka bagi pertumbuhan yang positif dari Uplive untuk ke depannya.

Terkait hal itu, adakah kriteria khusus yang diberikan oleh Uplive bagi orang-orang yang ingin menjajal peruntungannya demi menjadi host di Uplive? Dhika Mustaf menyebutkan talent atau bakat tertentu merupakan salah satu kriteria khusus yang harus dimiliki di samping kemampuan berkomunikasi yang baik, yang akan disaring lagi melalui semacam interview khusus. Meski begitu, tak ada batasan usia tertentu yang mereka tetapkan. Sejauh ini, para host di Uplive didapati memiliki rentang usia antara 20 hingga 40 tahun.

Ingin ikut meramaikan dunia entertaiment dengan hobi dan bakatmu, hanya dari ponsel dalam genggaman? Uplive dapat dijadikan wadah untuk itu. Bahkan, bukan hanya sekedar aplikasi live streaming saja, Uplive memiliki fitur penerjemah otomatis yang memudahkan proses interaksi antar global dan menjadi trend aktivitas sosial yang berkembang di kalangan anak muda masa kini. Kalian pun jadi bisa berinteraksi secara langsung dengan teman-teman baru melalui konten-konten lintas budaya yang kaya di dalamnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top