NEWS

Resmi Beroperasi di Indonesia, Transferwise Hadirkan Layanan Transfer Uang ke Luar Negeri yang Lebih Cepat & Murah

en19ma   28 Nov 2020
Resmi Beroperasi di Indonesia, Transferwise Hadirkan Layanan Transfer Uang ke Luar Negeri yang Lebih Cepat & Murah

TransferWise, perusahaan penyedia teknologi pembayaran dan pengiriman uang antar negara (remitansi) terkemuka di dunia, per 24 November 2020 lalu telah meluncurkan produk pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri dengan biaya transfer yang jauh lebih rendah dan proses yang lebih cepat.

Mulai tanggal 24 November 2020, masyarakat Indonesia bisa mengirimkan uang ke lebih dari 80 negara, termasuk Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, hingga ke Amerika Serikat, Britania Raya, dan Tiongkok (via Alipay). Layanan pengiriman uang Transferwise yang berkolaborasi dengan perusahaan fintech lokal Instamoney tersebut bisa dilakukan lewat aplikasi smartphone yang berbasis Android, iOS, dan via website, yang sudah tersedia dalam versi bahasa Indonesia.

Bagaimana TransferWise didirikan

TransferWise didirikan ketika Kristo Käärmann dan Taavet Hinrikus menyadari betapa mahalnya biaya untuk mengirimkan uang antar negara, seperti antara Inggris dan Estonia. Taavet berdomisili di London tetapi menerima gaji dalam mata uang euro, sedangkan Kristo bekerja di London tetapi butuh membayar hipotek di Estonia dalam mata uang euro. Mereka membutuhkan apa yang dipunyai antar satu sama lainnya, sampai mereka pada akhirnya menemukan cara yang adil untuk menukarkan uang, yaitu dengan menggunakan kurs tengah, tanpa adanya tarif tambahan dan biaya yang dibebankan oleh bank. Mereka dapat menghemat ribuan poundsterling dan menyadari bahwa jutaan orang di seluruh dunia dapat melakukan hal yang sama.

Sejak itu, TransferWise didirikan dengan misi untuk membangun uang tanpa batas δΈ€instan, nyaman, transparan, dan pada akhirnya, gratis. Lihat kisah mereka di sini.

TransferWise sendiri menghadirkan teknologi pengiriman uang yang:

  • Murah
    Biaya layanan TransferWise lebih murah 2,5 kali jika dengan dibandingkan biaya transfer lewat Bank atau penyedia jasa lainnya.
  • Cepat
    50% transaksi pengiriman uang antar negara melalui TransferWise tiba dalam waktu satu jam. Bahkan, 30% dari transaksi pengiriman uang bakal tiba di negara tujuan dalam waktu kurang dari 20 detik.
  • Mudah
    Pengiriman uang 100% dilakukan secara online. Mulai dari tahap verifikasi, hingga penyelesaian transaksi, seluruhnya dilakukan tanpa perlu keluar dari  rumah.
  • Transparan
    Satu-satunya penyedia jasa remitansi yang menggunakan nilai tukar tengah, seperti yang terlihat di Google.

Cara kerja TransferWise

  • TransferWise telah membangun jaringan perbankan lokal di seluruh dunia yang dihubungkan oleh teknologi cerdasnya.
  • Jika Anda ingin mengirimkan uang dalam mata uang Rupiah ke keluarga atau kerabat di Amerika Serikat, maka Anda bisa masuk ke akun TransferWise milik Anda dan membayar dalam Rupiah ke akun bank TransferWise di Indonesia. Akun bank TransferWise di Amerika kemudian akan mengirimkan nilai yang sama dalam mata uang dolar Amerika ke penerima. Sebisa mungkin, uang tidak melintasi batas negara.
  • TransferWise tidak menggunakan perantara. Maka dari itu, mereka dapat melakukan pengiriman uang yang jauh lebih cepat dan lebih murah daripada penyedia jasa pengiriman uang ke luar negeri lainnya.
  • Anda akan mendapatkan kurs tengah yang sama dengan yang Anda lihat di Google atau Reuters.
  • Dan, TransferWise mengenakan sedikit biaya di muka tanpa adanya biaya yang tersembunyi.

Di Indonesia, Anda dapat mendaftar dan melakukan pengiriman uang ke luar negeri dalam enam langkah yang mudah. Perhatikan caranya di sini.

Riset pasar yang dilakukan oleh TransferWise menunjukkan bahwa biaya pengiriman uang antar negara dari Indonesia dengan menggunakan Transferwise bisa 2.5 kali lebih murah dari biaya transfer bank dan penyedia layanan transfer lainnya. Klaim “hingga 2,5 kali lebih murah” jika dibandingkan dengan bank dan penyedia lainnya ini didasarkan pada penelitian independen yang telah dilakukan oleh Marketing Research Indonesia, sebuah firma riset pasar yang berbasis di Indonesia. Studi tersebut membandingkan biaya pengiriman uang ke luar negeri pada bulan November 2020 ini antara 8 bank dan penyedia transfer uang teratas yang beroperasi di Indonesia dalam melakukan transfer dari Rupiah Indonesia ke Amerika, Australia, Inggris, Eropa, Singapura, dan Jepang termasuk biaya di muka dan markup nilai tukar.

Misalnya, mengirimkan Rp 2,5 juta ke Eropa dalam bentuk Euro hanya memakan biaya pengiriman sebesar Rp 39,646, tapi biaya pengiriman lewat bank sebesar Rp 93,912. Biaya pengiriman ke negara tujuan dan mata uang lain (dengan nominal Rp 2.5 juta) adalah:

Peluncuran TransferWise di Indonesia ini adalah kelanjutan dari hadirnya layanan transfer uang ke Indonesia sejak tahun 2016 lalu, dan pengiriman uang dari luar negeri ke uang elektroknik, seperti Go Pay, OVO, dan Dana sejak bulan November 2019 lalu.

Venkatesh Saha, Head of APAC and Middle East Expansion TransferWise, melihat adanya kebutuhan remitansi yang signifikan dari masyarakat Indonesia. “Pengiriman uang dari Indonesia menjadi salah satu permintaan terbesar yang masuk ke kami. Sehingga, kami bersemangat, akhirnya bisa menghadirkan layanan transfer uang ke Indonesia. Mulai saat ini, publik Indonesia bisa mengirim uang ke luar negeri dengan lebih cepat dan nyaman lewat layanan digital kami dengan biaya terendah,” tambah Venkatesh Saha.


Venkatesh Saha - Head of APAC and Middle East Expansion TransferWise

Menurut data Bank Dunia, pengiriman uang ke luar negeri terus bertumbuh dengan stabil, mencapai 5 Miliar Dollar AS di tahun 2019 lalu. Data ini sejalan dengan banyaknya pelajar Indonesia yang bersekolah di luar negeri, yang terus bertambah sekitar 35 persen dalam sepuluh tahun terakhir menurut data ICEF Monitor.

Elian Ciptono, Head of Indonesia Expansion TransferWise, menjelaskan bahwa menurut survei yang dilakukan di Indonesia, masyarakat Indonesia yang mengirim uang ke luar negeri selama ini didominasi oleh keluarga yang mengirimkan uang, termasuk untuk biaya sekolah untuk anaknya. “Survei juga menunjukkan bahwa 90% dari mereka merasa terbebani dengan tingginya biaya pengiriman. Bukan cuma mahal, jasa remitansi lain juga dianggap sulit dan lambat. Maka dari itu, TransferWise bermisi untuk mengubah status quo, menjadikan transfer uang lintas negara semudah berkirim email,” imbuh Elian.


Elian Ciptono - Head of Indonesia Expansion TransferWise

Survey tersebut dilakukan oleh Jajak Pendapat (JAKPAT) secara independen pada bulan Oktober 2020 lalu di Indonesia terhadap lebih dari 100 orang dewasa yang berusia 18 tahun ke atas, yang telah mengirimkan uang ke luar negeri dalam 12 bulan terakhir.

Untuk menghadirkan layanan kirim uang dari Indonesia ke luar negeri, TransferWise berkolaborasi dengan perusahaan fintech lokal Instamoney (PT Syaftraco), yang sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara remitansi. “Kami sangat senang [untuk] menyambut kolaborasi dengan TransferWise, yang menjadikan transfer uang ke luar negeri jauh lebih murah dan cepat. Kami punya ambisi yang sama untuk membangun standar baru di industri keuangan dan remitansi, untuk menghadirkan solusi finansial yang terbaik, dan harapannya, bisa membawa dampak [yang] positif bagi masyarakat Indonesia,” ujar Tessa Wijaya, COO & Co-founder Instamoney.

Tentang TransferWise

TransferWise adalah perusahaan teknologi global penyedia layanan untuk mengirim uang ke seluruh dunia. Anda dapat mengirim uang ke negara lain, berbelanja di luar negeri, atau melakukan dan menerima pembayaran bisnis internasional. TransferWise memiliki misi untuk membuat hidup Anda jadi lebih mudah dan menghemat uang.

TransferWise didirikan pada tahun 2011 lalu oleh Taavet Hinrikus dan Kristo Käärmann. TransferWise merupakan salah satu perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat di dunia yang telah mengumpulkan lebih dari 1 miliar USD dalam transaksi primer dan sekunder dari investor, seperti D1 Capital Partners, Lead Edge, Lone Pine, Vitruvian, IVP, Merian Chrysalis Investment Company Ltd, Andreessen Horowitz, Sir Richard Branson, Valar Ventures dan Max Levchin dari PayPal.

 
Tampilan aplikasi TransferWise di Handphone

Lebih dari sembilan juta orang telah menggunakan TransferWise untuk memproses transaksi lintas negara yang lebih dari 6 miliar USD pada setiap bulannya.

Fakta tentang TransferWise

  • Diluncurkan pada tahun 2011 lalu.
  • Bernilai 5,5 miliar USD setelah mengumpulkan lebih dari 1 miliar USD dari investor, termasuk Andreessen Horowitz, Richard Branson dan Max Levchin dari PayPal.
  • Salah satu dari sedikit Unicorn yang sudah mengalami untung, dengan laba bersih 21,3 juta euro pada tahun fiskal yang berakhir pada bulan Maret 2020 lalu.
  • Melayani lebih dari 9 juta pelanggan di seluruh dunia, dan memproses 6 miliar USD dalam transaksi lintas batas per bulannya.
  • Secara global, pelanggan TransferWise dapat mengirim uang ke 80 negara dan dari 44 negara
  • Kini, siapa pun dapat mengirim uang dari 7 negara di Asia Pasifik, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Hongkong, Jepang, Australia, dan Selandia Baru.
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top