TIPS TRIK

Resmi Bergabung! Yuk, Cek Fitur Integrasi FB Messenger & Instagram!

Christa   27 Oct 2020
Resmi Bergabung! Yuk, Cek Fitur Integrasi FB Messenger & Instagram!

Facebook resmi mengumumkan bahwa fitur chat Messenger sudah berintegrasi dengan Direct Message milik Instagram. Kini, pengguna Messenger maupun Instagram dapat saling berinteraksi tanpa harus memiliki kedua platform tersebut. Penggabungan lintas platform ini juga menghadirkan fitur-fitur baru dan menarik yang layak dicoba.

“Kami menghubungkan pengalaman Messenger dan Instagram untuk menghadirkan beberapa fitur terbaik Messenger ke Instagram, sehingga Anda memiliki pengalaman akses perpesanan terbaik, apapun aplikasi yang Anda gunakan,” tulis Facebook.

Menurut Facebook, memiliki terlalu banyak aplikasi perpesanan menjadi sangat membingungkan penggunanya. Mereka cenderung akan lupa di mana percakapan tertentu yang mereka miliki.

“Dalam penelitian kami, empat dari lima orang yang menggunakan aplikasi perpesanan di US mengatakan bahwa menghabiskan waktu berhubungan dengan teman dan keluarga dengan aplikasi-aplikasi ini sangat penting bagi mereka, akan tetapi satu dari tiga orang terkadang sulit mengingat di aplikasi mana mereka melakukan rangkaian percakapan tersebut. Dengan adanya pembaruan ini, membuat Anda lebih mudah terhubung dengan teman dan keluarga tanpa harus mengingat aplikasi apa yang digunakan.”

Sebelumnya pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, sudah mengumumkan hal ini sejak 2019. Bahkan, ia berencana untuk menggabungkan Facebook, Instagram Direct dan WhatsApp menjadi satu layanan pesan komunikasi digital. Dengan skema tersebut, kita tidak perlu mengunduh banyak aplikasi pesan.

Lebih lanjut, Facebook menjelaskan, “Perubahan utamanya adalah orang yang menggunakan aplikasi Messenger sudah bisa menjangkau Anda di Instagram tanpa harus mengunduh aplikasi baru dan juga sebaliknya. Anda juga dapat mengontrol di mana Anda ingin menerima pesan dan panggilan, seperti dalam chat Anda, dalam permintaan pesan atau tidak sama sekali.”

Artinya, pengguna dapat mengirim pesan ke berbagai platform, serta rangkaian percakapan yang dilakukan di Messenger dapat terlihat juga di Instagram Direct. Namun, pesan dan panggilan yang sudah ada di Instagram Direct sebelumnya, akan berada di Instagram saja.

Berbicara tentang fitur, Facebook menghadirkan fitur-fitur menarik yang sangat ditunggu pengguna Messenger dan Instagram. Mari kita simak, fitur-fitur apa saja yang dihadirkan dalam kolaborasi ini!

Selfie Stickers

Fitur ini merupakan gabungan dari “boomerang, emoji dan selfie” yang dapat digunakan saat bertukar pesan.

Watch Together

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton video di Facebook Watch, IGTV, Reels, acara TV dan film, dan lain-lain, bersama teman dan keluarga saat melakukan panggilan video.

Vanish Mode

Ini adalah fitur yang dapat langsung menghilangkan pesan setelah dilihat atau ketika sudah menutup percakapan.

Chat Colors

Dengan fitur ini, pengguna dapat memberi warna atau gradien pada kolom chat di kedua platform.

Custom Emoji Reactions

Kini, pengguna dapat membuat shortcut emoji favorit untuk merespon pesan teman dengan cepat.

Message Controls

Sama seperti Instagram Direct pada umumnya, pengguna dapat mengatur pesan siapa saja yang dapat langsung diterima dan tidak.

Enhanced Reporting and Blocking Updates

Kini, pengguna dapat melaporkan percakapan lengkap selain pesan tunggal di Instagram dan menerima saran pemblokiran proaktif di kedua platform saat menambahkan akun di Pusat Akun Baru.

Meskipun fitur-fitur baru ini hanya tersedia di beberapa negara saja, Facebook sudah menjanjikan semuanya bisa segera digunakan secara global. Langkah inisiatif dari Facebook ini tentunya mempermudah pengguna dalam bertukar pesan tanpa harus memiliki banyak aplikasi tambahan. Ditambah dengan hadirnya fitur-fitur menarik yang semakin membuat dunia perpesanan menjadi lebih beragam dan cocok untuk generasi milenial.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top