LOADING
REVIEW

Reigns: Her Majesty, Sekarang adalah Giliranmu Menjadi Ratu

Anduril   15 Dec 2017
Reigns: Her Majesty, Sekarang adalah Giliranmu Menjadi Ratu

Reigns adalah sebuah kenyataan tersendiri yang mengungkap bahwa kalian tidak memerlukan sistem yang kompleks untuk membangun strategi atau pun cerita. Serangkaian pilihan biner dan desain yang pintar adalah sudah lebih dari cukup. Sebagai raja dari sebuah kerajaan, permainan ini memberi serangkaian kartu kepada kalian yang masing-masingnya akan memiliki dua pilihan.

Kalian bisa menggeser ke kiri atau pun kanan untuk membuat pilihan, dan pilihan tersebut bakal berputar ke dalam timeline dan sebuah kisah epik yang membentang hingga berabad-abad lamanya.

Sekuel ini akan terlihat sangat mirip dengan game sebelumnya yang lama. Kalian bermain sebagai Ratu sekarang, dan itu bakal membuka banyak pilihan baru. Berurusan dengan Raja idiot, menikah dengan seseorang, sementara pilihan lainnya menyukai sihir dan cinta.

Pada awalnya, sulit untuk melihat banyak hal yang baru di sini, karena game ini pada kenyataannya tetap memberikan sebuah ilusi tentang kebebasan untuk memiliki. Sama seperti pada game orisinilnya, Reigns: Her Majesty menunjukkan betapa banyak perubahan kecil yang bisa berdampak besar, dan seberapa banyak hal yang bisa kalian lakukan dengan pilihan yang sedikit.

Mungkin yang paling mengesankan dalam game ini adalah peningkatan kualitas penulisan cerita. Reigns adalah permainan yang sangat banyak berkutat dengan cerita dan karakter, jadi tulisan yang lebih baik pastinya akan meningkatkan pengalaman bermain.

Dengan karakter yang lebih hidup, kalian jadi lebih termotivasi untuk bereaksi terhadap pertanyaan mereka. Dalam satu pemerintahan, jika Raja mulai mengganggu kalian, kalian bisa saja memulai sebuah perselingkuhan dengan pemburu yang tampan. Di sisi lainnya, seorang Kardinal mungkin bakal membenci kalian yang menolak gereja demi sosok kepercayaan All-Mother yang misterius.

Di bagian atas layar, ada empat meteran yang melacak Piety, Popularity, Military, dan Wealth. Jika ada yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka masa pemerintahan kalian akan berakhir dengan kematian yang mengerikan atau aneh. Kemudian, kalian akan melanjutkan cerita ini sebagai ratu baru yang memiliki encounter mereka sendiri, yang akan membantu kalian untuk membentuk karakter dan masa depan dari mereka.

Sebagian besar pilihan bagi kalian akan membuat satu atau lebih dampak, dan kalian dapat melihat perubahan tersebut. Apa yang tidak dapat kalian lihat adalah apakah keputusan tersebut akan membuat keempat statusmu menjadi naik atau turun, dan hingga seberapa tepatnya. Terkadang, kalian bisa menebak beberapa hal, seperi misalnya, menentang gereja cenderung bakal menurunkan Piety. Namun, sebagian besar dari hasil lainnya tidak akan begitu jelas. Sulit untuk melihat, mengapa memilih untuk mengepang rambut sendiri harus mengurangi poin Military.

Game ini tetap menciptakan dinamika yang akan membuat kalian jadi merasa frustrasi. Reigns akan selalu menawarkan berbagai tujuan baru dan potensi yang menarik. Sebagai contoh, kalian bisa saja mencari dan memperbaiki sebuah burung hantu mekanis pada saat disibukkan dengan urusan menyelidiki sebuah menara yang terkunci. Seringkali, pilihan tersebut bakal mengantarkan kalian ke titik puncak pencapaian tapi kemudian bakal terjadi bencana karena sebuah pilihan yang buruk, dan ujung-ujungnya kalian bakal meregang nyawa. Kalian akan mendapat kesempatan lagi ketika kartu dan pilihannya benar, tapi tidak ada yang tahu menyoal akan berapa lama waktu yang bakal dibutuhkan.

Kalian akan terperangkap secara berulang kali di ujung sebuah keputusan penting yang penuh dilema. Kalian bisa saja mempertahankan karakter asli kalian dengan risiko pemerintahan yang singkat. Atau, kalian bisa membuat pilihan yang lebih bercabang untuk meningkatkan statistik dan kehidupan yang lebih panjang. Rasanya, sangat mirip dengan politik di kehidupan nyata, yang artinya setiap keputusan menjadi amat penting.

Setiap achievement yang kalian dapatkan akan memberi sebuah tambahan elemen pada permainan. Saat itu akhirnya terjadi, karakter dan lokasi baru pun akan diperkenalkan. Bersamaan dengan kehadiran mereka, kalian mendapat satu set kartu pilihan baru. Seiring dengan berlanjutnya permainan, beberapa babak tambahan ini akan berkembang secara eksponensial, karena kalian bisa mendapatkan poin, cerita, dan achievement tambahan.

Reigns: Her Majesty memasukkan Inventory sebagai sebuah mekanik baru. Dengan menggunakan Inventory, kalian bisa menggunakan sebuah item yang bertindak sebagai pilihan ketiga. Beberapa keputusan yang berasal dari item tersebut memiliki efek yang sangat buruk, sehingga kalian haruslah berhati-hati ketika ingin menggunakannya. Terkadang, beberapa masalah hanyalah bisa dipecahkan dengan item tertentu. Padahal, item tersebut malah tidak kalian ambil atau terlewat dengan begitu saja.

Reigns: Her Majesty mungkin adalah game yang bisa mengisi waktu senggangmu dengan cepat. Game yang asyik untuk dimainkan dalam waktu sedetik dengan menggeser satu kartu. Dan, seperti halnya semua permainan terbaik, game ini mampu mengajari sesuatu kepada kami. Bahkan, pada saat kalian terjebak di antara dua pilihan yang sulit, adalah hal yang penting untuk tetap berpegang pada cita-cita atau tujuan awal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top