REVIEW

Rebut Bumi Kembali dari Para Zombie dalam Game Strategi State of Survival

Andy Chan   08 Sep 2019
Rebut Bumi Kembali dari Para Zombie dalam Game Strategi State of Survival

Enam bulan telah berlalu sejak penyebaran virus zombie terjadi. Enam bulan yang penuh dengan teror, isolasi dan kesusahan yang berkelanjutan. Kebanyakan umat manusia tidak selamat sama sekali, karena penyebaran virus tersebut telah menghabiskan perabadan manusia. Pemerintahan dan militer pun rontok, dan seluruh negeri kini dikuasai oleh para zombie. Bagi kalian yang selamat dan masih bertahan hidup, selamat datang di State of Survival di mana kalian harus berusaha merebut kembali bumi yang telah dikuasai para zombie.

Panggilan untuk Umat Manusia

State of Survival adalah sebuah game strategi persembahan Kings Group, yang mengisahkan perjuangan umat manusia berperang melawan para zombie, dan manusia lain yang mungkin kurang bisa dipercaya. Di sini pemain harus mendirikan benteng pertahanannya sambil berusaha mengklaim kembali tanah-tanah yang dikuasai para zombie. Bisakah kalian bertahan hidup di kiamat zombie ini?

Mendirikan Benteng secara Real-Time

Pada dasarnya, State of Survival ini mengadopsi cara permainan strategi real-time. Pemain melakukan segala sesuatu di dalam benteng yang merupakan sebuah komunitas mandiri. Di dalam benteng ini lah pemain bisa mendirikan berbagai macam fasilitas untuk bertahan hidup, mulai dari tempat menghasilkan makanan, tempat melatih pasukan baru, tempat riset, dan lain sebagainya. Elemen real-time dalam game ini berarti bahwa pemain harus menunggu sekian waktu lamanya selama proses pembangunan, upgrade, atau pelatihan pasukan berlangsung. Kecuali pemain bersedia membayar mata uang premium, ini adalah game yang berjangka panjang.

Mengklaim Tanah untuk Markas

Salah satu elemen yang menarik dalam game State of Survival adalah kemampuan pemain untuk memperluas benteng mereka dengan cara merebut wilayah yang dikuasai oleh zombie. Cara merebutnya pun unik, pemain membawa hero-hero yang mereka miliki, lalu bertarung dalam sebuah permainan bertipe tower defense. Pemain harus bertahan dari serangan para zombie dengan menggunakan karakter-karakter yang mereka bawa. Masing-masing karakter memiliki kemampuan khusus, seperti memasang turret atau melempar bom pipa. Untuk menggunakan kemampuan ini, dibutuhkanlah energi yang akan terisi apabila pemain sudah membunuh zombie.

Pemain juga tidak akan hanya bertarung melawan zombie biasa saja, akan ada yang namanya boss zombie. Mereka akan membuat pertarungan menjadi lebih rusuh karena selain kuat, mereka pun bisa memanggil zombie-zombie lain sebagai bala bantuan. Setelah berhasil mengklaim tanah, pemain pun bisa menyerbu lokasi tersebut menggunakan pasukan yang sudah dilatih di markas dan terlihatlah perang epik melawan zombie yang ramai dan rusuh.

Campaign Mode

State of Survival juga memiliki campaign mode. Dalam mode bernama Explore ini, pemain diberikan sebuah peta yang berkesinambungan untuk dijelajahi. Di setiap point petanya, pemain bisa menjelajah sebuah lokasi yang berisikan berbagai macam benda, dan di ujung level pemain akan berhadapan dengan rombongan zombie yang menyerbu, di mana permainannya akan berubah menjadi tipe tower defense lagi.

Wilderness

Seperti umumnya game-game strategi membangun markas, State of Survival juga hadir secara online dan dimainkan beramai-ramai dengan pemain lain ala MMO. Pemain akan bisa keluar dari benteng mereka untuk menyerang zombie yang berkeliaran serta menyerang pemain lain. Ingat, pemain lain juga bisa menyerang markasmu, baik ketika sedang online maupun tidak, jadi akan ada keuntungan tersendiri untuk ikut sebuah Alliance dan mendapatkan perlindungan.

Dunia Kiamat Zombie yang Keren

State of Survival hadir dengan 3D yang dianimasikan dengan sangat menawan. Tampilan permainan yang isometrik membuatnya mirip seperti game Real-Time Strategy PC, ditambah dengan para hero milik pemain yang tampil dengan artwork dan model 3D realistik, bersama dengan efek suara yang seru, menjadikan permainan terasa keren.

Pastinya, Harus Online

Sebagai sebuah game MMO free-to-play, tentu saja State of Survival ini wajib dimainkan secara online. Akibatnya, pemain harus senantiasa awas mengenai notifikasi dari game-nya karena apabila diserang oleh pemain lain atau ada pembangunan sesuatu yang sudah kelar, akan ada notifikasi yang menggetarkan ponsel pintarnya. Seperti biasa, tersedia sebuah toko dalam game yang menjual berbagai hal seperti Hero Pack, bundel percepatan waktu, pembelian Biocaps (uang dalam game), dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, State of Survival tidaklah jauh berbeda dengan game-game strategi real-time membangun base lainnya seperti Z-Girls, apalagi tema zombie yang dianutnya pun sudah banyak digunakan di game-game sejenisnya. Apabila kalian belum bosan dengan game strategi bertemakan zombie, barangkali State of Survival boleh dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top