REVIEW

Reanimation Inc. Hadirkan Simulator Ambulans yang Realistik di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   13 Aug 2019
Reanimation Inc. Hadirkan Simulator Ambulans yang Realistik di Ponsel Pintarmu

Video game biasanya adalah sebuah bentuk dari hiburan yang bisa dinikmati oleh manusia. Namun ada satu bagian kecil dari dunia game yang merupakan sebuah simulasi dari kehidupan nyata, misalnya simulasi pesawat, simulasi truk, dan lain sebagainya. Bagaimana dengan obat-obatan dan medikal? Inilah dia game simulator unik dari Nuclear Games yang berjudul Reanimation Inc.

Simulator Gawat Darurat yang Realistik

Reanimation Inc. adalah sebuah game simulasi gawat darurat di dalam sebuah ambulans yang sangat realistik. Pemain harus mengikuti protokol yang digunakan ketika sedang dalam situasi gawat darurat, lengkap dengan simulasi tubuh manusia yang juga realistik. Idenya sendiri sebenarnya cukup menarik, karena sang penciptanya ingin menciptakan sebuah simulator medis yang realistik untuk menjelaskan algoritma dari pertolongan pertama serta pertolongan medis kepada pemainnya.

Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Medis

Di awal permainan, pemain akan diberikan sedikit pelajaran medis yang jumlah halamannya cukup banyak. Di sini pemain bisa melihat berbagai ilmu pengetahuan medis seperti kegunaan tiga hal penting dari tubuh, otak, paru-paru, dan jantung, serta penjelasan yang mendetail mengenai ketiga hal tersebut. Selain itu, diajarkan juga mengenai cara membaca mesin ECG serta apakah membutuhkan defibrillator atau tidak, tekanan darah, serangan jantung, dan sebagainya. Pokoknya, saking mendetailnya, kemungkinan besar banyak pemain yang tidak akan mau repot-repot membacanya.

Menyelamatkan Pasien di dalam Ambulans

Permainan utama dari Reanimation Inc. berlangsung di dalam ambulans itu sendiri. Pemain bisa melihat berbagai status pasien, info pasien, dan mencoba berbagai macam aksi untuk mengobati sang pasien. Di mode ini lah pemain bisa berinteraksi dengan pasien. Setelah ditangani, pemain pun bisa mengirimkan pasien pulang, atau jika dianggap terlalu gawat, bisa dikirimkan ke UGD. Setiap penanganan pasien yang sukses, pemain akan mendapatkan uang untuk upgrade. Semakin lama, pasien yang masuk pun akan semakin menantang, dan bisa saja ada pasien yang sudah sulit untuk diselamatkan.

Mobil Ambulans

Pemain bisa meng-upgrade mobil ambulans yang dimiliki olehnya dengan menggunakan uang yang didapatkannya. Ada beberapa macam hal yang bisa di-upgrade seperti mobil ambulans itu sendiri, obat-obatan yang tersedia di dalamnya, persediaan darah, skill dari sang doktor, peralatan untuk menghentikan pendarahan, serta membeli pelajaran baru.

Mode Permainan

Ada tiga buah mode permainan yang bisa dicoba di dalam Reanimation Inc. Yang pertama adalah mode Career di mana pemain bisa menyelamatkan hidup para pasien yang masuk ke mobil ambulans, lalu mode Kill The Patient yang memberikan seorang pasien sehat untuk dieksperimentasikan sesuka hati, serta mode Random di mana pemain diberikan pasien dengan status yang acak, berikut dengan perlengkapan yang acak pula. Boleh dibilang, mode Random ini adalah mode paling sulit karena sifatnya yang random.

Tampilan Kurang Menarik

Meskipun disebut sebagai game simulasi, namun Reanimation Inc. ternyata tidak memiliki grafis yang menarik. Sang pasien yang tiduran di dalam mobil ambulans tersebut selalu digambarkan sebagai sosok seorang pria, padahal jika pemain mengecek status sang pasien, bisa jadi dia adalah seorang wanita. Tapi paling tidak, semua peralatan medis yang berada di dalam ambulans tersebut fungsional.

Gratis dan Bisa Offline

Nuclear Games memberikan Reanimation Inc. secara cuma-cuma alias free-to-play, namun mereka menampilkan iklan di dalam game-nya. Tapi berhubung permainan ini bisa dimainkan secara offline, iklan tersebut pun bisa dihilangkan seluruhnya. Tidak ada sistem Life atau Stamina di sini, namun game ini menyediakan mikrotransaksi untuk pemain membeli uang in-game agar bisa digunakan untuk membeli berbagai macam upgrade. Melakukan mikrotransaksi ini pun akan membuka mode Random (tidak ada cara lain untuk main mode random selain membayar).

Secara teori, Reanimation Inc. seharusnya adalah sebuah game yang menyederhanakan proses pertolongan pertama pada pasien yang butuh pertolongan di dalam sebuah mobil ambulans. Namun bagi sebagian besar pemain game mobile, mereka akan buta sama sekali mengenai cara memainkan game ini, akibatnya akan bingung dengan apa yang harus dilakukan pada sang pasien dan bisa-bisa membunuhnya.

Memang game ini terlalu realistik, dan menurut Nuclear Games, dia mendapatkan masukan dan saran dari para dokter, paramedis, pekerja ambulans, serta EMT dan para murid sekolah medis dengan total 22 penyakit, 17 obat, 8 aksi, dan riset yang nyata. Namun rasanya game simulasi ini boleh dikatakan sebagai game yang memiliki peminat sangat spesifik, dan bukan untuk gamer pada umumnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top