NEWS

Rayakan Imlek & Valentine, Layanan Ninja Same Day Delivery Bisa Jadi Pilihan Pelaku Social Commerce & Usaha Mikro

en19ma   12 Feb 2021
Rayakan Imlek & Valentine, Layanan Ninja Same Day Delivery Bisa Jadi Pilihan Pelaku Social Commerce & Usaha Mikro

Ninja Xpress, penyedia layanan logistik last-mile terkemuka di Asia Tenggara, telah menghadirkan layanan Ninja Same Day Delivery yang mempermudah pelaku social commerce dan usaha mikro lainnya dalam menghadapi demand pengiriman barang yang melonjak dengan Service Level Agreement (SLA) waktu yang cepat, tarif yang flat serta opsi layanan yang bebas repot.

Layanan Ninja Same Day Delivery tersedia untuk pengiriman Jabodetabek dengan tarif flat Rp.15.000,- per 3 kg. Dengan layanan ini, paket akan dijemput di hari yang sama, dengan waktu penjemputan barang (pick up) maksimal pukul 12:00 WIB, dan pengiriman paket ke konsumen antara pukul 14:00 hingga 20:00 WIB.

Sebagai bentuk peningkatan terhadap layanan, Ninja Xpress terus memberikan inovasi terhadap layanan mereka demi mendukung pelaku social commerce atau pelaku UKM dalam pengiriman barang.

Ignatius Eric Saputra, Country Head Ninja Xpress, menuturkan, “Ninja Same Day Delivery menjadi salah satu layanan kami dalam mendukung pelaku social commerce atau para pelaku UKM dalam menjalankan bisnis. Dengan adanya Ninja Same Day Delivery ini, kami terus berupaya untuk menjaga Service Level Agreement (SLA) Ninja Xpress dalam pengiriman [yang] super cepat, dengan harga [yang] flat dan opsi [yang] bebas repot. Saat ini, layanan Ninja Same Day Delivery baru tersedia di wilayah Jabodetabek, ke depan kita akan meluaskan layanan untuk dapat menjangkau lebih luas.”

Mengingat peningkatan tren pengiriman hampers yang terjadi selama masa pandemi, Ninja Xpress memahami kebutuhan pelaku usaha social commerce dan usaha mikro yang sangat membutuhkan layanan pengiriman barang di hari yang sama guna menjawab permintaan para konsumen dalam menyambut perayaan Imlek serta Valentine. Untuk memudahkan komunikasi antara pelaku usaha dengan jasa logistik, Ninja Xpress pun menyediakan rider khusus dan opsi layanan yang bebas repot untuk proses pengiriman.

Berkaca pada tahun 2020 lalu, Ninja Xpress mengalami pertumbuhan 4 kali lipat lebih tinggi dari tahun sebelumnya (year on year growth). Jasa pengiriman Ninja Xpress masih terus berjalan normal di tengah pandemi ini, dengan mencatatkan jumlah pengiriman paket yang lebih dari 150 juta paket sepanjang tahun 2020 lalu, serta pertumbuhan kinerja yang signifikan selama pandemi Covid-19. Lonjakan pengiriman yang signifikan pun terjadi selama musim festival belanja online tahun 2020 lalu, khususnya Harbolnas 10.10 hingga 12.12, dan Ninja Xpress membuktikan kinerja yang sangat baik dengan layanan pengiriman barang ke 100% wilayah Indonesia dengan succes rate sebesar 98%.

Berdasarkan laporan Suara UKM Negeri garapan Markplus dan Ninja Xpress, dengan responden yang didominasi oleh usaha skala mikro, 45% responden mengatakan bahwa pengiriman paket dan barang memakan waktu yang lebih lama daripada biasanya. Beberapa responden juga menghadapi masalah terkait adanya penyesuaian pada standar dan regulasi distribusi (24%), dikarenakan mobilitas yang terbatas. Lebih lanjutnya, beberapa responden mengakui bahwa mereka memiliki kendala dalam hal pengiriman dikarenakan jasa pengiriman barang yang mengalami perubahan jadwal (21%) dan biaya pengiriman yang menjadi lebih mahal (21%).

Sejak layanan ini diluncurkan pada akhir tahun 2020 lalu, berdasarkan data yang berhasil dihimpun, makanan siap masak atau ready-to-cook serta makanan siap saji atau ready-to-eat, dokumen perusahaan, dan produk kesehatan menjadi jenis barang yang paling sering dikirim dengan menggunakan layanan Ninja Same Day Delivery.

Tersedianya satu rider khusus untuk penjemputan barang (pick up) memudahkan social commerce dan pelaku UKM dalam proses penjemputan barang, sehingga tidak terjadi penumpukan rider di lokasi penjemputan.

Ignatius Eric Saputra, Country Head Ninja Xpress, melanjutkan, “Kami berharap layanan Ninja Same Day Delivery ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku usaha social commerce dan mikro lainnya yang sedang berkembang dan menjalankan bisnisnya. Sistem yang kami berikan pun kami upayakan dapat membantu kegiatan operasional usaha agar menjadi lebih mudah dan rapi, dengan pendataan pengiriman barang yang kami berikan melalui layanan ini.”

Sebagai upaya inovasi terhadap layanan serta produk, Ninja Xpress terus berkomitmen dalam membantu UKM untuk mendapatkan akses yang lebih mudah dalam proses pengiriman barang, baik melalui layanan reguler atau pun Ninja Same Day Delivery, dan dapat memantau pengiriman melalui Ninja Chat dengan layanan chat berbasis AI (Artificial Intelligence), yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi UKM dan konsumen dalam proses pengiriman barang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top