Rasakan Pengalaman Nongkrong di Gerai Kopi Metaverse

Published: 24 Apr 2022, oleh en19ma

Kehadiran teknologi metaverse terus menginspirasi berbagai sektor usaha dan UMKM untuk menggali potensi yang dapat dikembangkan dalam platform digital ini, tak terkecuali dengan Kopi Krintji, kedai kopi yang berdiri sejak tahun 2017 lalu. Kopi Krintji berkolaborasi dengan WIR Group, perusahaan teknologi augmented reality terkemuka Indonesia untuk mengembangkan layanan dan memberikan pengalaman digital terbaik kepada pelanggannya. Kesepakatan kerjasama tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Owner Kopi Krintji Anita Sukarman dan Chief Marketing Officer (CMO) WIR Group Gupta Sitorus di Jakarta, Rabu (20/4).

Anita Sukarman, Owner Kopi Krintji, mengatakan, “Transformasi digital melalui adopsi teknologi digital merupakan keharusan di tengah persaingan usaha yang kian ketat. Penggunaan teknologi digital metaverse memungkinkan kami [untuk] melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan potensi yang kami miliki, baik dalam pemasaran mau pun layanan yang memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami.”

Anita menambahkan bahwa dengan mengadopsi teknologi digital metaverse diharapkan dapat meningkatkan strategi Kopi Krintji dalam mengembangkan usaha untuk menghadapi kompetisi. Perkembangan tren bisnis kopi di Indonesia berlangsung dengan cukup pesat selama beberapa waktu belakangan ini. Minum kopi sudah lebih dari sekadar aktivitas, minum kopi sudah berkembang menjadi bagian dari gaya hidup.

“Teknologi metaverse memungkinkan kami [untuk] melakukan berbagai inovasi dan pengembangan usaha serta layanan [yang] sesuai dengan perkembangan industri kopi yang telah menjadi gaya hidup masyarakat,” papar Anita.

Selanjutnya, Anita juga melihat peluang untuk melakukan kolaborasi bisnis dengan berbagai pihak, baik di dalam negeri mau pun secara global, secara saling menguntungkan. Anita menjelaskan bahwa bisnis kopi di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa yang belum dikembangkan secara maksimal.


(ki-ka) Rizal Gozali, owner Kopi Krintji; Anita Sukarman, owner Kopi Krintji; dan Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group; menandatangani kerja sama pengembangan layanan dan pemasaran Kopi Krintji di platform metaverse, di Jakarta, Rabu (20/4)

“Sebagai negara penghasil kopi keempat terbesar di dunia, pengembangan bisnis kopi di Indonesia dinilai sangat potensial. Namun sayangnya, brand-brand internasional yang berkembang dan dikenal di Indonesia justru bukan dari negara penghasil kopi. Melalui teknologi metaverse, kami berharap [agar] dapat mendorong brand lokal yang lebih berkualitas dan dapat menembus pasar lokal dan global,” ujar Anita

“Kami juga melihat potensi trickle down effect jika kami dapat membuka pasar yang luas, baik lokal mau pun global, [sehingga] membantu petani kopi dan industri [yang] terkait untuk memperoleh benefit. Jadi, kami tidak hanya mengembangkan brand dan layanan, tetapi juga membuka potensi ekonomi di daerah-daerah, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan sumber daya lain yang akan memberi dampak [yang] positif bagi perekonomian Indonesia,” tambah Anita.

Selaku Chief Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus menegaskan, “Platform Metaverse yang kita bangun ini merupakan kontribusi dari kami yang telah berkarya di bidang AR (Augmented Reality), VR (Visual Reality), dan AI (Artificial Intelligence) sejak [tahun] 2009. Metaverse akan menjadi pintu gerbang yang membawa manusia [dalam] merasakan berbagai pengalaman digital dan menjadi platform yang bahkan bisa menyerap tenaga kerja baru. Salah satu hal yang paling menarik dalam ruang metaverse adalah peran pengguna sebagai kontributor konten terbesar, dan kami meyakini [bahwa] metaverse mampu [untuk] menjadi kekuatan pendorong untuk menciptakan generasi baru dalam bentuk ekosistem digital."

"Diharapkan [agar] para pelaku usaha termasuk Cafe Shop seperti Kopi Krintji dapat memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing mereka. MOU ini juga [merupakan] perwujudan bahwa semua pihak bisa mengambil manfaat dari kehadiran metaverse ini, [dari] korporasi sampai UMKM,” tutur Gupta, menambahkan.

Menurut Gupta, kunci yang penting adalah keinginan dan kesadaran dari pemilik usaha untuk mau melakukan transformasi digital agar usahanya agar tetap berada dalam jalur kompetisi yang semakin ketat ke depannya.


(ki-ka) Rizal Gozali, owner Kopi Krintji; Anita Sukarman, owner Kopi Krintji; dan Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group; menandatangani kerja sama pengembangan layanan dan pemasaran Kopi Krintji di platform metaverse, di Jakarta, Rabu (20/4)

“Dunia metaverse membuka berbagai kesempatan yang tidak terbatas, namun untuk menavigasi serta berinteraksi di dunia ini diperlukan cara-cara [yang] khusus. Kami turut serta membangun metaverse dengan keahlian kami dalam pengembangan augmented reality terkini yang bisa menjawab kebutuhan metaverse masa depan, termasuk perkembangan berbagai usaha bisnis dan UMKM nantinya," ujar Gupta.

“WIR Group memiliki kemampuan dan keahlian dalam inovasi teknologi digital [yang] berbasis augmented reality dan virtual reality. Melalui kolaborasi yang dibangun dengan Kopi Krintji, WIR Group memberikan contoh solusi bagi dunia usaha dalam beradaptasi dengan perubahan digital serta mempercepat transformasi digital di Indonesia,” tegas Gupta.

“Ke depannya, kami berharap bahwa platform yang sedang kami garap ini bisa menjadi bagian dari ekosistem platform metaverse yang lebih besar dan bisa disejajarkan dengan platform metaverse [dari] negara-negara lain.”

“Secara paralel, kami juga terus membangun kerjasama dengan para kolaborator dari berbagai sektor yang akan menjadi penghuni platform ini. Tidak hanya itu, kami juga terus berupaya untuk memastikan adanya integrasi O2O (online to offline) agar terjadi sebuah kesinambungan [antara] dampak dan manfaat.”

Tags

news kolaborasi kopi kedai kopi WIR Group Kopi Krintji metaverse teknologi inspirasi usaha kecil dan menengah Usaha Mikro UMKM Augmented Reality indonesia layanan digital transformasi strategi bisnis trend lifestyle inovatif industri brand ekonomi platform virtual reality Artificial Intelligence cafe ekosistem Online to Offline

Share Artikel