REVIEW

Randal's Monday, Hari Senin yang Mungkin Lebih Menarik dari Hari Seninmu

Andy Chan   25 May 2020
Randal's Monday, Hari Senin yang Mungkin Lebih Menarik dari Hari Seninmu

Hari Senin adalah hari yang biasanya tidak disukai oleh semua orang. Setelah menikmati libur di akhir pekan, mereka harus mulai beraktivitas lagi, baik itu pergi ke sekolah atau masuk kerja kembali. Siapa sih yang suka hari liburnya habis? Tapi mungkin hari Senin bagi Randal adalah hal yang lebih berkesan dibandingkan dengan hari Senin orang lain. Ikutilah kisahnya dalam Randal's Monday, hasil karya Nexus Game Studio.

Point & Click Adventure

Randal's Monday adalah sebuah game point & click adventure yang mengisahkan mengenai Randal Hicks, seorang kleptomania yang dengan teganya mencuri cincin kawin teman baiknya sendiri demi bisa bayar sewa. Akibatnya, dia menemukan kalau teman terbaiknya itu pun telah bunuh diri. Lebih parahnya, ternyata cincin kawin tersebut adalah sebuah cincin mistis yang membuat dirinya terjebak dan harus mengulang-ulang hari Senin tersebut seperti film "Groundhog Day". Tapi bayangkan kalau kesempatan kedua tersebut diberikan kepada orang yang tidak berguna, sociopath, kleptomania yang tega terhadap teman sendiri macam Randal. Pastinya akan kacau.

Kendali Layar Sentuh

Untuk mengendalikan Randal, pemain cukup menyentuh ke lokasi mana dia ingin bergerak. Pemain juga bisa menyentuh benda-benda yang ada di layar untuk berinteraksi dengannya, baik itu membuat Randal berkomentar mengenai barang tersebut, atau mengambilnya ala kleptomania. Pemain bisa membuka inventory dengan menarik layar sentuh ke atas, menarik barang dengan melakukan drag, serta melihat sesuatu dengan mengetuk benda tersebut dua kali.

Menemukan Barang di Layar

Ada sebuah fitur unik dalam Randal's Monday, yaitu tombol "Lego" yang berada di pojok kanan atas. Dengan menyentuh tombol tersebut, pemain akan bisa memeriksa benda apa saja yang bisa disentuh di layar, karena akan ditandai dengan tanda "Lego". Cukup menarik, kan?

Berdialog dengan Orang Lain

Randal juga akan bisa memulai percakapan dengan orang lain apabila diperlukan. Di sini biasanya pemain bisa memilih kata-kata apa yang akan diucapkan oleh Randal. Orangnya sendiri sebenarnya agak menyebalkan, jadi sudah pasti perkataan yang keluar dari mulutnya itu nyeleneh dan menyebalkan.

Artwork ala Kartun Amerika yang Penuh Pop Culture Icon

Randal's Monday hadir dengan artwork ala kartun Amerika yang dianimasikan secara menawan. Tapi bukan berarti permainan ini cocok untuk anak-anak, karena dialognya penuh dengan lelucon-lelucon dewasa. Satu hal yang menarik dari premis time loop dalam Randal's Monday adalah jiwa dari cincin mistis itu sendiri. Memang Randal mengulang-ulang hari Senin tersebut, namun setiap hari Senin tidaklah sama dengan hari Senin sebelumnya. Akibatnya, pemain akan menemukan momen-momen yang mengejutkan, dan tidak perlu mengulang hari yang sama. Game-nya juga penuh dengan berbagai macam referensi pop culture yang pastinya akan dikenali oleh para pemerhati film. Ada referensi Back to the Future, Wolverine, bahkan Jay and Silent Bob lho!

Gratis untuk 2 Episode Pertama

Randal's Monday sebenarnya adalah game berbayar, namun pemain bisa mencoba dua episode pertama di mobile secara cuma-cuma. Ya, boleh dibilang semacam demo dari game point & click adventure yang cukup panjang dan enjoyable. Game-nya sendiri tidak menggunakan sistem free-to-play, jadi tidak ada hal-hal menyebalkan yang menghalangi permainan seperti sistem stamina, mikrotransaksi, ataupun kebutuhan online.

Jarang ada sebenarnya sebuah game adventure yang memiliki tokoh utama menyebalkan macam Randal. Namun kisah hari Senin Randal ini pastinya lebih menarik dibandingkan dengan hari Senin yang biasa kamu alami. Pastikan kalian mencoba dua episode pertama Randal's Monday secara cuma-cuma, dan siapa tahu kalian akan tertarik untuk membeli versi penuhnya setelah menyelesaikan kedua episode tersebut. Yuk, bantu Randal menyelamatkan teman baiknya dari kematian!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top