REVIEW

Ramainya Berebut Pengikut dalam Crowd City

Andy Chan   12 Apr 2019
Ramainya Berebut Pengikut dalam Crowd City

Di Indonesia sudah sering terjadi penggalangan massa, mulai dari acara demonstrasi masal sampai ke protes masal di mana semuanya melibatkan ribuan massa. Pernahkah kalian membayangkan bagaimana rasanya menjadi pemimpin dari massa tersebut? Kini kalian bisa mewujudkannya dalam sebuah game seru persembahan VOODOO (Tenkyu, Hole.io) yang berjudul Crowd City.

Jadilah Pemimpin Massa Terbesar di Kota

Dalam Crowd City, pemain berperan sebagai seorang pemimpin yang ingin menggalang massa. Pada mulanya dia hanya sendirian saja, dan pelan-pelan berkeliling kota mengumpulkan orang satu per satu sampai akhirnya berhasil mengumpulkan massa yang begitu banyaknya, dia pun bisa mengkonversi massa milik orang lain dan merebutnya menjadi massa dirinya. Itulah namanya pemimpin yang berwibawa dan menginspirasi massa.

Cukup Dikendalikan dengan 1 Jari

Untuk mengendalikan sang pemimpin, pemain cukup menggunakan satu jari saja di layar sentuh. Mengendalikan karakter di game Crowd City ini mirip dengan mengendalikan mobil menggunakan setir, karena pemain harus memutar jarinya di layar bagaikan memutar setir kendaraan untuk bisa membelokkan arah massa yang sudah digalang. Untuk mengkonversi seseorang menjadi salah satu pengikut, pemain cukup menyentuhnya saja menggunakan sang pemimpin, atau salah satu massa yang mengekor di belakangnya.

Adu Besar Massa dalam 2 Menit

Setiap permainan diberikan batas waktu dua menit, dan pemain harus mengumpulkan massa sebanyak-banyaknya dalam waktu tersebut. Pemain tidak sendirian karena ada banyak pemimpin lain yang dikendalikan oleh A.I. juga berusaha mengumpulkan massa di sini. Siapa yang berhasil menggalang massa terbanyak ketika dua menit habis, maka dia lah yang menang.

Berebut Massa

Selain mengkonversi para penduduk, pemain pun bisa mengkonversi massa yang sudah digalang oleh pemain lain. Asal massa yang sudah digalang lebih besar daripada massa yang digalang oleh lawan, maka massa miliknya akan terkonversi menjadi milikmu. Begitu semua massa miliknya habis, maka sang lawan pun akan tewas terinjak-injak oleh massa milik pemain. Hati-hati karena hal yang sama pun berlaku untuk pemain, jadi sebaiknya hindarilah pemain yang sudah menggalang massa terlalu besar.

Kota yang Ramai dan Kustomisasi Massa

Crowd City adalah sebuah kota 3D yang cukup menawan. Setiap penduduknya diwakili dengan sebuah siluet 3D berwarna putih yang apabila terkonversi, akan berubah wujud menjadi karakter pemain. Tersedia puluhan macam skin untuk dipilih oleh pemain sebagai avatarnya yang juga sekaligus menjadi wujud dari massa yang mengikutinya. Sedikit masalah akan terjadi apabila pemain berhasil mengumpulkan massa yang terlalu banyak, karena begitu mencapai sekitar 500 pengikut, game-nya akan mengalami gangguan lag yang juga akan mempengaruhi performa pengendaliannya.

Tidak Butuh Online

Selain game-nya disajikan secara free-to-play, VOODOO juga mengijinkan pemain untuk memainkan Crowd City tanpa ada koneksi Internet. Selain itu, game-nya pun tidak memiliki sistem stamina, meskipun ada iklan yang siap mengganggu apabila Internet menyala. Mikrotransaksi dihadirkan untuk pembelian skin, namun sebenarnya semua skin di dalam game ini bisa didapatkan secara gratis asal pemain bisa memenuhi tantangan yang ada pada skin tersebut.

Kalau boleh dibilang, Crowd City ini adalah varian dari permainan Hole.io yang juga dibuat oleh VOODOO. Sama-sama mengenai kompetisi, sama-sama menguasai sesuatu (makan benda di Hole.io dan merebut pengikut di Crowd City), bahkan model 3D yang digunakan untuk kota nya pun cukup mirip. Apabila kalian kurang sreg dengan Hole.io yang karakter utamanya adalah sebuah lubang hitam, mungkin Crowd City akan lebih cocok untuk kalian. Ayo kumpulkan massa di seluruh kota dan giling lawan kalian dengan kepimpinan kalian yang luar biasa!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top