REVIEW

Ragnarok M: Eternal Love, Nostalgia Ragnarok Klasik dengan Rasa Baru

Anduril   30 Nov 2018
Ragnarok M: Eternal Love, Nostalgia Ragnarok Klasik dengan Rasa Baru

Pada tahun 2003, PT. LYTO Datarindo Fortuna membuka layanannya di Indonesia. Game pertama yang mereka usung adalah Ragnarok Online buatan Gravity yang kala itu masih bermarkas di Korea Selatan.

Ragnarok Online menawarkan dunia Rune Midgard yang seluruhnya digambar dan dikonsep oleh Lee Myung-jin. Bisa dibilang, Ragnarok Online adalah gempilan cerita dari komik Ragnarok yang waktu itu sempat terbit di Indonesia.

Dunia Rune Midgard di Ragnarok Online menawarkan candunya tersendiri bagi kebanyakan gamer yang pergi ke warnet di tahun 2000-an. Tidak terhitung banyaknya waktu yang terbuang hanya karena bermain Ragnarok Online. Hampir semua orang yang bergerak di industri game Indonesia pasti pernah memainkan atau sekedar mendengar game Ragnarok Online.

Seiring dengan perkembangan zaman, Ragnarok mengalami berbagai evolusi termasuk mendapatkan sekuelnya di tahun 2012. Sayang segala perubahan tersebut gagal mengembalikan nama besar Gravity hingga akhirnya perusahaan tersebut dibeli oleh GungHo Online dan meneruskan layanannya di seluruh dunia.

Mengenal Ragnarok M: Eternal Love

Nama Ragnarok M: Eternal Love sempat muncul di tahun 2017 sebagai Ragnarok Mobile: Eternal Guardians of Love. Kini Xindong bersama dengan Gravity menghadirkan Ragnarok M Eternal Love yang akan menghadirkan kembali gameplay Ragnarok Online yang kita kenal sebelumnya ke smartphone.

Bisa dibilang Ragnarok M: Eternal Love adalah sebuah daur ulang dunia Rune Midgard yang kita cintai dengan segala keterbatasan dan perbedaannya dengan Ragnarok Online yang kita kenal sebelumnya.

Kalau kamu penasaran dengan apa saja yang berbeda antara Ragnarok Online dengan Ragnarok M: Eternal Love, kamu bisa menyimaknya di bawah ini.

Spesifikasi Ragnarok M: Eternal Love

Berikut ini adalah spesifikasi minimum dari Ragnarok M: Eternal Love, versi Android dan iOS. Ingat spesifikasi ini sangat minimal, jadi kamu tidak akan mendapatkan pengalaman bermain yang sempurna dari Ragnarok M: Eternal Love

Spesifikasi Minimum Ragnarok M: Eternal Love Android

  • OS: Android 4.3
  • CPU: Intel Quad Core @1.2 GHz
  • RAM: 2 GB
  • Storage: 1.5 GB

Spesifikasi Minimum Ragnarok M: Eternal Love iOS

  • OS: iOS 8
  • CPU: Intel Dual Core @1.3 GHz
  • RAM: 2 GB
  • Storage: 1.5 GB

Untuk urusan storage, Ragnarok M: Eternal Love masih membutuhkan storage tambahan sebesar 4.7 GB untuk internal data yang dimiliki game ini.

Selain menggunakan smartphone, kamu juga bisa memainkan Ragnarok M: Eternal Love di emulator Mumu dan NOX yang disarankan langsung oleh Gravity. Penggunaan emulator ini mengijinkan para pemain Ragnarok M: Eternal Love untuk memainkan game kesayangannya di PC.

Ragnarok M: Eternal Love vs. Ragnarok Online

Perbedaan Skill

Ragnarok M: Eternal Love memiliki skill yang berbeda dengan Ragnarok Online, sehingga kamu akan menemukan kondisi di mana job yang kamu pilih ternyata tidak memiliki skill yang kamu sukai. Selain berbeda, beberapa skill juga dihilangkan sepenuhnya dari Ragnarok M: Eternal Love.

Perbedaan ini menuntut para veteran untuk mempelajari lagi Ragnarok M: Eternal Love dari awal agar bisa mengoptimalkan karakter yang dia pilih.

Hilangnya Loading

Ragnarok Online membutuhkan banyak sekali loading time karena sistemnya mengharuskan server untuk menyimpan setiap event yang terjadi di setiap map secara terus menerus. Bisa dibilang cara ini sangat tradisional dan menghabiskan banyak kapasitas hardisk.

Ragnarok M: Eternal Love memutuskan untuk membuat satu area besar dengan sedikit transisi yang artinya sedikit pula loading time yang dibutuhkan game ini.

Zeny dan IAP

Zeny yang menjadi mata uang resmi Ragnarok Online, kembali hadir di Ragnarok M: Eternal Love. Tapi kali ini Zeny di Ragnarok M: Eternal Love bisa dibeli langsung di dalam game sebagai sebuah IAP (in app purchase).

Selain Zeny, Ragnarok M: Eternal Love mengenal juga yang namanya Big Cat Coin yang berguna untuk mengakses barang-barang eksklusif di dalam game.

Kucing Sakti

Kamu yang gemar main sendirian sudah tidak perlu mencari teman ke sana kemari karena Ragnarok M: Eternal Love memiliki Mercenary Cats. Kucing-kucing imut dan lucu ini akan membantumu leveling dengan cepat. Kucing-kucing lucu ini juga akan memiliki level yang sama denganmu begitu mereka bergabung ke dalam kelompokmu.

Selain kucing, kamu juga bisa menggunakan pet untuk membantu kamu bertarung melawan monster yang ada di Rune Midgard.

Sistem Stamina

Demi membatasi kecepatan konsumsi konten, Ragnarok M: Eternal Love memiliki sistem stamina yang akan menghilangkan EXP yang kamu dapatkan begitu stamina kamu habis. Stamina tersebut juga di satu sisi bisa mengontrol kebiasaan burukmu dalam bermain terus-menerus tidak terkendali.

Fitur Ragnarok M: Eternal Love

Ragnarok M: Eternal Love berbagai fitur unggulan yang sebelumnya tidak hadir di Ragnarok Online. Fitur-fitur tersebut ikut mempengaruhi gameplay dan feel yang kami rasakan ketika mencoba game ini. Beberapa fitur unggulannya bisa kamu simak di bawah ini.

Animasi 3D yang Modern

Grafik yang hadir di Ragnarok M: Eternal Love bisa dibilang sangat komplit untuk ukuran game mobile. Kamu bisa melihat detail elemen dalam game yang tidak akan kamu temukan dalam game mobile lain. Detail elemen yang kami maksud adalah, animasi gerakan rumput, gerakan monster hingga aliran air yang ada dalam Ragnarok M: Eternal Love.

UI yang Bersih

UI selalu menjadi masalah pelik di game mobile manapun, terutama game MMORPG. Di Ragnarok M: Eternal Love akan diberikan gaya tampilan yang sangat rapi. Bisa dibilang, ini adalah sebuah presentasi yang sangat baik untuk sebuah mobile MMORPG.

Slot skill vertikal dan gaya bermain tap (atau klik) membuat kamu memiliki banyak ruang bermain di dalam genggaman. Namun, harus diakui bahwa kolom percakapan dalam Ragnarok M: Eternal Love sangat kecil dan kurang nyaman. Terlepas dari kekurangan tersebut, sajian visualnya sudah sangat baik dan memanjakan mata.

Skill dan Status yang Sederhana

Walaupun kehilangan beberapa skillnya, sistem skill dan status di Ragnarok M: Eternal Love tetap kami acungi jempol karena sangat sederhana dan mudah dimengerti. Kamu masih harus berhadapan dengan berbagai status yang akan mempengaruhi kemampuan karaktermu di dalam pertempuran. Kalau kamu adalah pemain Ragnarok Online veteran, maka seluruh status ini tidak terlalu asing bagi dirimu.

Auto Battle

Urusan grinding dalam Ragnarok M: Eternal Love jauh dari kata rumit. Hal ini terjadi karena Gravity menyediakan fitur auto battle yang bisa kamu aktifkan selama kamu memiliki stamina. Rasanya seperti menggunakan bot yang legal dengan segala batasan yang dimilikinya. Hasilnya gamer yang memiliki tingkat kesibukan tinggi sekalipun masih bisa memainkan Ragnarok M: Eternal Love dengan sangat nyaman.

Job yang Tersedia di Ragnarok M: Eternal Love

Job masih menjadi santapan utama Ragnarok M: Eternal Love. Kamu dapat menggunakan skill dan status yang berbeda, sesuai dengan pilihan job kamu masing-masing. Setiap Job punya dua tahapan yang bakal kamu capai setelah kamu berhasil mengumpulkan job level tertentu.

Swordsman

Swordsman adalah job yang mengandalkan serangan jarak dekat dan pertahanan yang tinggi. job ini memiliki job lanjutan Knight dan Crusader. Karena memiliki tingkat defense yang tinggi dan health point yang besar, kob ini cocok banget buat kamu yang ingin bermain sebagai tanker.

Kelemahan utama dari Swordman adalah kekuatan serangannya yang jauh lebih kecil ketimbang job lainnya. Tapi kalau untuk urusan menyerap semua damage yang muncul di hadapanmu, Swordman adalah job yang kamu butuhkan.

Merchant

Sesuai dengan namanya Merchant adalah job yang memiliki tugas utama untuk berdagang, soalnya job ini memiliki skill Discount (membuat harga barang yang kita beli jadi lebih murah) dan Overcharge (harga barang yang kita jual jadi lebih mahal).

Ditambah lagi, Merchant memiliki job lanjutan berupa Blacksmith (pembuat barang) dan Alchemist (pembuat ramuan). Bisa dibilang Merchant bukanlah job untuk semua orang karena membutuhkan ketelatenan yang tinggi dalam memainkannya. Tapi kalau kamu senang berdagang dan ingin kaya raya di Ragnarok M: Eternal Love, maka Merchant adalah job yang paling cocok.

Thief

Thief adalah job paling mahal di seluruh game Ragnarok. Bisa dibilang Thief merupakan DPS yang amat sangat mengerikan, tetapi sangat membutuhkan senjata dan equipment yang elok. Job ini mengandalkan kecepatan serangan jarak dekat dan hindaran yang sangat tinggi. Bila memiliki equipment yang memadai, Thief bisa melancarkan beberapa serangan sekaligus dalam hitungan detik.

Job ini memiliki dua tahap lanjutan, yaitu Assassin dan Rogue. Keduanya terkenal dengan output-damage yang sangat besar sehingga cocok dimainkan dalam mode PvP.

Archer

Archer adalah job yang sederhana dan cenderung disayang oleh Gravity. Karena mengandalkan serangan fisik jarak jauh, para pengguna job ini biasanya bisa hunting di mana saja dengan aman tanpa membutuhkan equipment yang mahal. Archer memiliki Job lanjutan Hunter dan Bard/Dancer.

Hunter memiliki variasi dalam menyerang selain menggunakan panah dan bisa menggunakan partner hewan berupa Falcon untuk membantunya bertarung. Hunter juga bisa memasang jebakan untuk memberikan efek paralyze atau stun ke monster. Jadi, Job ini cocok banget buat kamu yang mau memiliki damage besar dan menyerang dari jarak yang cukup jauh

Magician

Magician adalah job yang mengandalkan serangan sihir dari jarak yang cukup jauh dengan tingkat damage yang terbilang tinggi. Magician memiliki Job lanjutan Wizard dan Sage. Dengan mengandalkan skill Storm Gust dari Wizard, kamu bisa dengan mudah menyapu seluruh monster dan membuat mereka semua membeku di satu tempat. Job ini cocok banget untuk farming dan membunuh monster dengan cepat.

Kekurangan dari Magician adalah, mereka tidak memiliki tingkat pertahanan yang tinggi sehingga mudah dibunuh.Selain itu, untuk memaksimalkan output-damage dari job ini, kamu membutuhkan senjata yang terbilang kuat dengan harga yang pastinya mahal.

Acolyte

Acolyte adalah satu-satunya job support di semua Ragnarok. Acolyte memiliki job lanjutan Priest dan Monk. Keduanya memiliki gaya bermain yang jauh berbeda. Priest lebih mengandalkan skill heal dan berbagai skill pendukung lainnya, seperti menaikkan tingkat serangan dan tingkat pertahanan.

Pada sisi lain, Monk lebih mengandalkan permainan semi-support dengan beberapa skill offensive.Salah satu skill offensive yang terkenal dari Monk adalah Ashura Strike. Kamu bisa membunuh musuh hanya dengan satu serang melalui Ashura Strike.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top