REVIEW

Puzzle Pintar Trainyard Express Siap Putar Otak Kalian

Andy Chan   09 May 2019
Puzzle Pintar Trainyard Express Siap Putar Otak Kalian

Pernah mencoba mengatur jalur kereta api? Biasanya bagi mereka yang tidak berhati-hati, bisa terjadi kecelakaan akibat dua buah lokomotif yang berjalan berlawanan arah di satu rel. Memang, membuat rel kereta adalah sebuah puzzle tersendiri, apalagi kalau membutuhkan timing agar bisa memastikan kereta api sampai tujuan dengan selamat. Itulah tema yang dibawakan oleh Noodlecake Studios (Flipping Legend, Another Case Solved) dengan judul Trainyard Express.

Puzzle bertemakan Kereta Api

Dalam Trainyard Express, pemain bertugas untuk mengantarkan sebuah kereta dari stasiun awal ke stasiun tujuannya yang diindikasikan dengan warna tertentu. Kereta api berwarna merah, misalnya, harus tiba di stasiun tujuan yang berwarna merah juga. Sederhana, kan? Namun semakin pemain mencapai level tinggi, semakin kompleks juga jalur kereta yang harus mereka dirikan. Sanggupkah kalian menyelesaikan semua level yang disajikan?

Mendirikan Jalur menggunakan Layar Sentuh

Pemain bisa mendirikan sebuah jalur kereta api dengan cara menyentuh sebuah posisi di layar sentuh, lalu menarik garis ke arah yang diinginkan. Begitu semua jalur sudah didirikan, pemain tinggal menyentuh tombol START THE TRAINS di bagian bawah untuk memulai perjalanan kereta api dari stasiun awal dan mudah-mudahan tiba di stasiun tujuannya. Apabila terjadi kecelakaan, pemain harus menyusun ulang jalur relnya sampai sempurna.

Komplikasi Permainan yang Menantang

Semakin tinggi level yang dimainkan oleh pemain, semakin kompleks juga aturan-aturan yang diperkenalkan oleh game-nya. Ada warna stasiun akhir yang berbeda dengan warna kereta api yang dimiliki, sehingga pemain harus mencampurkan kedua warna tersebut agar mendapatkan warna tujuan dengan cara menabrakkan jalur kedua kereta, ada juga penggabungan kereta di mana dua kereta api bisa menyatu agar tiba di tujuan dengan sempurna, dan berbagai macam komplikasi lain yang membutuhkan pemikiran mendalam. Ya, dalam game Trainyard Express, menabrakkan kereta bukanlah masalah, malah bisa menjadi salah satu solusi permainan.

Tanpa Nyawa atau Batas Waktu

Trainyard Express adalah sebuah game yang santai, pemain bisa menyusun jalur rel keretanya tanpa ada batasan apa-apa, baik itu jumlah rel, panjang rel, ataupun waktu. Bahkan apabila pemain mengalami kecelakaan pada salah satu keretanya, mereka tidak akan terkena penalti apa-apa. Silahkan mencoba terus sampai bisa melewati level tersebut.

Tampilan Minimalis yang Fungsional

Sebagai game bertemakan kereta api, Trainyard Express memang kurang memukau dari segi perkereta apian. Namun berhubung game ini pada dasarnya adalah sebuah game puzzle, tampilan kartun dilihat dari atas dengan latar belakang minimalis ini cukup memadai dan fungsional. Lagipula permainan puzzle ini memang membutuhkan pemikiran warna dari pemain, sehingga tampilan sederhana dan minimalis seperti ini memang sesuai dengan tujuan permainan.

Tanpa Mikrotransaksi

Uniknya Trainyard Express ini adalah tidak adanya mikrotransaksi sama sekali. Game-nya juga tidak membutuhkan koneksi Internet, dan tidak menggunakan sistem stamina, sehingga boleh dibilang, inilah game free-to-play yang benar-benar gratis tanpa embel-embel apa pun.

Bagi kalian yang sudah berhasil menyelesaikan semua puzzle dari Trainyard Express dan masih butuh tantangan baru, Noodlecake Studios pun menyediakan sebuah versi game yang berbayar, berjudul Trainyard saja. Game yang berharga Rp. 29.000,- ini memiliki banyak sekali tambahan puzzle untuk kalian selesaikan.

Ingin game memecahkan puzzle yang santai tanpa tekanan? Cobalah Trainyard Express!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top