REVIEW

Pusingnya Perbaiki Aliran Minyak ke Pabrik ala Puzzle dalam Plumber 3

Andy Chan   11 Feb 2020
Pusingnya Perbaiki Aliran Minyak ke Pabrik ala Puzzle dalam Plumber 3

Di dunia gaming, tukang ledeng paling terkenal sebenarnya bernama Mario dan Luigi. Sayangnya, kedua karakter ini lebih sering bertualang ngalor ngidul di kerajaan Mushroom daripada mengurus ledeng yang rusak. Oleh karena itu, jika kalian ingin sebuah game mengenai memperbaiki ledeng yang bocor, dibutuhkanlah game lain. Nah, App Holdings pun menyediakan game seperti itu, yang mereka beri judul Plumber 3.

Menjadi Tukang Ledeng

Dalam Plumber 3, pemain bertugas untuk memperbaiki saluran pipa minyak yang bocor dengan cara menyambung-nyambungkan pipa agar aliran minyak pun berhasil melewati pipa tersebut sampai ke pabrik. Game-nya memang tidak membutuhkan kemampuan fisik untuk benar-benar memperbaiki pipa, namun pemain tetap membutuhkan kemampuan logika agar tidak terjadi banjir akibat kebocoran di sambungan pipa yang dimainkan.

Mengatur Sambungan Pipa

Plumber 3 adalah sebuah game puzzle. Pemain diberikan sebuah medan permainan berisikan sekumpulan pipa yang acak-acakan. Tugas pemain adalah untuk mengatur pipa-pipa tersebut agar menjadi sebuah jalur yang tidak terputus dan bisa dilewati oleh aliran minyak tanpa terjadi kebocoran. Untuk memutar pipa, pemain cukup mengetuk pipa tersebut saja. Sederhana, kan?

Penggunaan Uang

Setiap kali pemain memutar sebuah pipa, dia akan dikenakan biaya. Pemain harus berhasil membetulkan pipa-pipa tersebut sebelum uang yang disediakan habis, yah, boleh dibilang hal ini merupakan semacam batasan langkah. Tapi asyiknya, uang yang lebih tersebut akan bisa disimpan dan menjadi tabungan pribadi pemain.

Tools Pembantu

Untuk membantu menyelesaikan puzzle pipa ini, pemain diberikan beberapa buah tools. Ada blueprint untuk melihat kemana seharusnya aliran berjalan, sebuah tombol Undo, serta sebuah pacul. Peralatan ini semuanya memiliki waktu tunggu setelah digunakan, namun pemain akan bisa membelinya menggunakan mata uang premium, Diamond.

Dunia Kartun Plumber 3

Plumber 3 hadir dengan grafis kartun, di mana pemain bisa memutar-mutar pipa dengan tampilan dilihat dari samping. Artwork yang digunakan cukup menawan, namun selain pergeseran pipa dan aliran minyak, permainannya cenderung statis. Untungnya, ada dukungan lagu yang cukup santai, sehingga permainan tidak terasa sepi.

Bisa Dimainkan Offline

Seperti umumnya game-game mobile, Plumber 3 juga hadir secara free-to-play di mana pemain bisa memasang App berukuran 106MB ini tanpa perlu membayar sepeserpun. Tidak ada sistem stamina / energi yang membatasi permainan, tapi akan ada fitur skip level di mana pemain bisa menonton sebuah video iklan untuk langsung lewat ke level berikutnya. Tentu saja, ada mikrotransaksi untuk pembelian mata uang premium, Diamond, serta membeli fitur "No Ads" untuk melenyapkan iklan. Tapi berhubung game-nya bisa dimainkan secara offline, kemunculan iklan bisa diminimalisir dengan cara memainkannya tanpa koneksi Internet.

Game ini cukup sederhana dan intuitif, dan pastinya, akan sangat mudah dipelajari. Mungkin menjadi tukang ledeng bukan impian kalian, namun puzzle yang ditawarkan oleh Plumber 3 ini bisa digunakan sebagai pengisi waktu di saat senggang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top