REVIEW

Punya Jiwa Arsitek? Yuk, Coba Build A Bridge!

Andy Chan   22 Jun 2018
Punya Jiwa Arsitek? Yuk, Coba Build A Bridge!

Pernah membayangkan cara membangun sebuah jembatan? Tahukah Anda bahwa membangun sebuah jembatan itu ternyata ada banyak yang perlu dipertimbangkan, lho! Ada kekuatan jembatan, ketinggian, sudut, bahkan biaya dari pembuatan jembatan itu sendiri perlu diperhatikan dengan seksama. Tapi jangan takut, karena kamu bisa mencoba membuat sebuah jembatan penyeberangan untuk mobil, truk, atau bus tanpa ada rasa takut gagal dalam game buatan BoomBit Games yang diberi judul Build A Bridge.

Build A Bridge adalah sebuah game unik di mana pemain bertugas untuk membuat sebuah jembatan penyeberangan yang akan dilalui oleh kendaraan agar tiba dengan selamat di seberang. Game-nya direpresentasikan dengan tampilan 2D di mana pemain bisa menyusun dan membuat jembatan itu sendiri.

Pengendalian tentunya menggunakan layar sentuh, di mana pemain bisa menyentuh icon-icon yang ada di pojok kanan bawah untuk menentukan apa yang akan dibangun. Sebuah jembatan membutuhkan sebuah jalanan untuk bisa dilewati, maka pemain harus menyambungkan sebuah jalanan dari titik ke titik sampai tiba di seberang.

Tapi hanya membangun sebuah jalan saja tidaklah cukup, karena jalan tersebut tentu sangat tidak kokoh dan akan roboh. Oleh karena itu, pemain harus memperkuat jembatannya dengan tambahan besi penampang, atau tambang penahan. Setelah kira-kira jembatannya sudah jadi, maka pemain pun akan bisa menyentuh tombol "Play", dan permainan pun akan berlanjut ke fase simulasi.

Kerennya, dalam fase simulasi ini, tampilan pun berubah dari 2D menjadi 3D, lengkap dengan animasi kendaraan yang berjalan menyeberangi jembatan ciptaanmu sendiri itu. Dijamin akan membuat hatimu berdebar ketika melihat jembatannya bergoyang. Nah, apabila kamu gagal dalam membuat jembatan yang kokoh, maka kendaraanpun akan jatuh ke bawah karena jembatannya roboh atau hal-hal lainnya.

Tantangan bagi pemain ada pada jumlah uang yang diberikan oleh game untuk membangun jembatan tersebut. Memang membuat jembatan yang terbaik tentu saja bisa dilakukan dengan mudah asal budget-nya cukup. Build A Bridge memberikan pemain sejumlah budget untuk digunakan dalam pembangunan jembatan, namun di sini lah kreativitas pemain dibutuhkan untuk mendapatkan 3 bintang.

Untuk mendapatkan 3 buah bintang dalam sebuah stage, pemain harus menggunakan budget lebih sedikit dari target yang diberikan. Ini berarti pemain harus melakukan penghematan biaya semaksimal mungkin tanpa membuat jembatannya menjadi berbahaya untuk dilewati. Yah, semacam puzzle, lah.

Tentu saja, ada cara lain untuk memainkan Build A Bridge selain membuat jembatan pada umumnya. Pemain diberikan kebebasan untuk menciptakan jembatan seedan mungkin. Ingin ada jembatan yang tengahnya bolong, dan kendaraan harus meluncur untuk melompatinya? Atau ingin jembatan yang cuma terbangun setengah saja tapi bisa meluncurkan kendaraan untuk melompati jurang? Semua itu bisa dilakukan sesuai kreativitasmu.

Yah, kalau boleh dibilang, Build A Bridge adalah sebuah game free-to-play kreatif yang mengijinkan pemain untuk menciptakan sendiri jembatan sesuai dengan imajinasinya. Apalagi game-nya bisa dimainkan secara offline dan tidaK ada pembatasan dengan sistem energi, sehingga pemain bisa dengan bebas memainkan game-nya tanpa gangguan sama sekali. Sedikit mikrotransaksi diberikan dalam bentuk pembelian uang, dan uang ini bisa digunakan untuk membeli Hints. Kalau tidak ingin menggunakan uang untuk membeli hints, bisa juga dengan menonton sebuah video iklan.

Akhir kata, Build A Bridge adalah sebuah game yang sangat menyenangkan. Apakah kamu ingin menciptakan jembatan terkeren, atau ingin menciptakan lompatan tertinggi, atau malah membuat kecelakaan yang paling spektakuler? Bagaimana pun caramu memainkannya, dijamin ada kesenangan tersendiri yang kamu dapatkan dalam Build A Bridge.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top