REVIEW

Property Brothers Home Design, Sebuah Game Puzzle yang Penuh Tips & Trik Mendekor Rumah

Andy Chan   04 Jul 2019
Property Brothers Home Design, Sebuah Game Puzzle yang Penuh Tips & Trik Mendekor Rumah

Mari berkenalan dengan Drew dan Jonathan Scott, keduanya terkenal dengan acara realita TV show mereka Property Brothers. Mereka adalah ahli properti yang biasa membantu para klien menemukan rumah idaman dengan budget yang terbatas. Kini mereka berdua membutuhkanmu untuk membantu para klien menciptakan rumah impian mereka dalam sebuah game yang dikemas oleh Storm8 Studios dengan judul Property Brothers Home Design.

Renovasi Rumah bersama Property Brothers

Dalam Property Brothers Home Design, pemain bertugas bersama dengan kedua kakak beradik kembar Drew dan Jonathan Scott untuk melakukan renovasi, kustomisasi, dan design dengan gaya Property Brothers. Tentu saja, renovasi membutuhkan uang, dan cara mendapatkan uang dalam game ini adalah dengan menyelesaikan berbagai level puzzle unik yang disediakannya.

Varian Puzzle Match-Three sebagai Game Inti

Property Brothers Home Design sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan game-game dekor rumah lainnya seperti Gardenscapes, Hidden Hotel atau Matchington Mansion, karena game utamanya adalah puzzle match-three. Bedanya, Property Brothers Home Design tidaklah menggunakan puzzle match-three secara klasik, melainkan menggunakan varian yang lebih unik.

Sentuh Blok untuk Melakukan Matching

Varian Puzzle Match-Three dalam Property Brothers Home Design menggunakan sistem sentuh blok untuk melakukan matching warna yang sama. Pemain bahkan hanya perlu menyentuh pada sebuah blok saja untuk melakukan matching pada dua buah warna sama saja, tidak perlu sampai tiga buah. Tentunya, apabila pemain berhasil melakukan matching warna yang banyak sekaligus, akan ada power up tersendiri yang akan keluar seperti bom, dinamit, dan TNT yang bisa menghancurkan blok di sekitarnya secara spektakuler. Semakin sering pemain meledakkan bom-bom tersebut, meteran kembang api di pojok kiri bawah layar pun akan makin terisi. Begitu kembang api bisa diaktifkan, pemain tinggal menyentuh kembang api tersebut dan memilih satu warna di medan permainan untuk dihancurkan semuanya.

Komplikasi Permainan

Seperti biasanya game puzzle match-three, ada berbagai macam komplikasi yang siap membuat pemain garuk-garuk kepala. Selain goal sebuah level yang menantang, akan ada juga komplikasi seperti pot yang harus diambil dengan cara melakukan matching di sampingnya, menjatuhkan pot kembang ke bagian bawah layar, dan lain sebagainya. Tentu saja, langkah pemain di setiap level itu terbatas, dan keberadaan sistem Life yang akan berkurang begitu pemain gagal menyelesaikan sebuah level, akan membuat permainan terhenti ketika Life habis.

Penuh dengan Tips dan Trik dari Drew dan Jonathan Scott

Design rumah dalam Property Brothers Home Design menggunakan animasi 3D ala arsitek yang tampak mempesona. Mirip game-game dekor lainnya, pemain juga bebas menentukan sendiri apakah ingin menggunakan warna tertentu atau model furniture-nya sesuka hati. Kelebihan dari Property Brothers Home Design ini ada pada keberadaan kedua saudara Drew dan Jonathan Scott itu sendiri. Setiap pemain mendekor sesuatu, keduanya akan memberikan sedikit insight serta tips dan trik langsung kepada pemain. Tidak hanya itu saja, terkadang mereka pun akan bercerita mengenai masa kecil mereka, bahkan sedikit saling berdebat satu sama lain, lengkap dengan voice over berbahasa Inggris.

Gratis dan Bebas Iklan

Storm8 Studios menyajikan Property Brothers Home Design ini secara free-to-play yang bebas iklan. Sayangnya, terdapat sebuah sistem Life yang bisa menghambat permainan, dan mengingat game seperti ini semakin tinggi level-nya, semakin susah untuk menyelesaikannya, bisa jadi pemain akan lebih sering menunggu dibanding main game-nya. Game-nya sendiri bisa dimainkan offline, namun pemain tidak perlu repot-repot mematikan koneksi Internet karena memang tidak ada iklan sama sekali. Pemain juga bisa membeli mata uang premium Gems untuk melakukan continue, via mikrotransaksi.

Secara teknis, Property Brothers Home Design tidaklah jauh berbeda dengan game-game dekor rumah yang menggunakan puzzle match-three lainnya. Tapi nilai jual dari game ini ada pada kehadiran Property Brothers, Drew dan Jonathan Scott yang siap memberikan tips dan trik dalam mendekor rumah. Meskipun mungkin jarang ada orang Indonesia yang pernah menonton acara tersebut dan kenal dengan mereka berdua, namun jika kalian butuh insight mengenai dekorasi rumah, Property Brothers Home Design patut dijajal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top