REVIEW

Progressbar95: Siapa Sangka, Nostalgia Windows 95 ternyata Sangat Adiktif?

Andy Chan   27 Feb 2020
Progressbar95: Siapa Sangka, Nostalgia Windows 95 ternyata Sangat Adiktif?

Pernahkah kalian mengalami masa-masa menggunakan sistem operasi Windows 95? Di masa-masa itu, segala proses berjalan dengan lambat karena memang kekuatan prosesor dan memori PC masih sangat rendah. Di tahun 90'an itu, RAM berukuran 4MB sudah termasuk tinggi lho! Bandingkan dengan RAM jaman sekarang yang sudah mencapai Giga-an, benar-benar seperti bumi dan langit kan? Mari kita bernostalgia dengan sistem operasi Windows 95 tersebut dalam game Progressbar95!

Hyper-Casual Game

Progressbar95 adalah sebuah game yang unik dan disebutkan oleh developernya Spooky House Studios UG sebagai game yang hyper-casual. Mengapa tidak, game ini mengemulasikan tampilan Windows 95 di ponsel pintar atau tabletmu secara realistik, mulai dari tombol Start, icon-icon yang jadul, serta antarmuka yang sederhana.

Memainkan Progressbar95

Ada dua macam tipe permainan di dalma Progressbar95. Yang pertama adalah game action di mana pemain mengisi sebuah progress bar dari 0% hingga 100%, yang kedua adalah mengkustomisasi sistem operasi dan "PC" itu sendiri.

Mengendalikan Progress Bar

Pemain memainkan sebuah progress bar dengan cara menggeser-geser posisinya di layar menggunakan layar sentuh. Tujuan pemain adalah untuk menangkap icon berwarna biru yang jatuh dari atas layar untuk mengisi progress bar miliknya. Begitu progress bar mencapai 100%, maka level tersebut pun selesai. Tapi ada sedikit komplikasi: ada icon-icon yang berwarna lain seperti oranye, merah, abu, dan sebagainya yang sama sekali tidak boleh ditangkap oleh progress bar-nya. Kalau tidak, akan terjadi error yang mengurangi nilai akhir kalian. Selain itu, akan ada elemen-elemen popup yang siap membuat sistem menjadi error, dan elemen ini harus ditutup secepat mungkin. Menantang, kan?

Upgrade Sistem Operasi dan "PC"

Dengan nilai yang dikumpulkan ketika memainkan Progress Bar, pemain akan mendapatkan berbagai macam upgrade untuk "PC" dan sistem operasi yang sedang digunakan. Pemain bisa meng-upgrade memori, prosesor, hard disk, video card dan lain sebagainya. Serunya, pemain juga akan bisa meng-upgrade sistem operasinya agar lebih up-to-date, mulai dari Progressbar 95, naik ke Progressbar95 Plus, lalu ke Progressbar 98, terus hingga ke Progressbar 10 dan Progressbar Largehorn.

Secara teknis, game ini terlihat sederhana, namun ternyata semakin lama semakin sulit lho! Boleh dibilang Progressbar95 ini adalah game retro terunik di mobile.

Serunya, pemain juga bisa mengakses sebuah fitur Command Prompt yang bernama "ProgressDOS" di Start Menu. Di dalamnya, pemain bisa menjelajah isi hard disk dari Progress95 menggunakan perintah-perintah DOS dan menemukan hal-hal unik, seperti reward dan lain sebagainya.

Grafis yang Terus Di-Upgrade

Bagi para pemakai sistem operasi Windows 95, pasti akan merasakan nostalgia ketika melihat tampilan dari Progressbar95. Mulai dari icon-icon yang ikonik termasuk si paperclip Windows, efek suara, blue screen of death, hingga suara HDD yang khas pun digunakan oleh game ini, membuat rasa retronya benar-benar kental. Tapi seiring dengan kemajuan sistem operasi yang akan didapatkan oleh pemain secara natural, tampilannya pun akan semakin canggih dan mendekati sistem operasi terkini lho!

Game Gratis yang Adiktif

Progressbar95 dihadirkan secara gratis, dan sama sekali tidak membutuhkan koneksi Internet, baik WiFi maupun mobile data. Untunglah game-nya juga tidak menggunakan sistem stamina / energi, karena game-nya adiktif, sehingga akan sangat menyebalkan kalau tiba-tiba harus menunggu sebelum bisa main kembali. Sesuai temanya yang berbentuk Windows, mikrotransaksi pun dihadirkan dalam icon "Store" di desktop game ini, di mana pemain bisa membeli fitur "bebas iklan", atau membeli sistem-sistem operasi baru. Berbicara mengenai iklan, game ini cukup banyak menembakkan iklan kepada pemain, jadi memang sebaiknya dimainkan secara offline.

Sederhana tapi adiktif, inilah dia game nostalgia Windows 95 yang sangat direkomendasikan untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top