TRIK

Problem Umum pada WhatsApp (1)

Dwi K   12 Sep 2019
Problem Umum pada WhatsApp (1)

Hampir semua pengguna smartphone menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chatting dalam kehidupan sehari-hari. Selain mudah, WhatsApp juga cukup simpel untuk digunakan oleh berbagai kalangan. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa ada sebanyak 10 persen dari populasi manusia yang menggunakan WhatsApp dalam setiap bulannya.

WhatsApp juga mendapatkan update secara berkala agar bisa digunakan dengan optimal. Namun, problem umum apa saja yang biasanya terjadi? Yuk, kita bahas!

Tidak Bisa Install WhatsApp

Syarat dasar untuk meng-install WhatsApp adalah smartphone kita secara minimal harus memiliki Android versi 2.3.3. Kita bisa memeriksa versi Android kita pada menu Setting, lalu About Phone pada handphone kita.

Jika kita memang ingin meng-install dari website WhatsApp-nya secara langsung, maka kita harus mengaktifkan fitur Install from Unknown Sources di pengaturan keamanan pada perangkat kita. Biasanya, kita tidak perlu mengaktifkan Settings ini, karena kita meng-install aplikasi dari Play Store yang hitungannya dianggap aman. Fitur ini mencegah handphone kita untuk meng-install dari sumber yang tidak dikenal.

Tidak Mendapatkan Kode Aktivasi

Jika pada saat kita meng-install didapati tidak ada masalah, maka biasanya akan dimunculkan sebuah pesan untuk pengaktifan dengan dikirimkannya kode ke nomor handphone kita. Pastikan agar nomor telepon yang kita masukkan sebelumnya sudah tepat, dan jangan terlupa untuk memilih kode negara dengan tepat, ya. Tepatnya, kode negara dari nomor handphone kita.

Jangan terlupa untuk mendaftarkan kartu SIM kita terlebih dahulu, agar bisa menerima kode aktivasi. Dan, perlu diperhatikan, satu nomor handphone hanyalah bisa digunakan di satu handphone saja, ya.

Jika kode tidak datang juga, cobalah ulik fitur untuk meminta kode via telepon. Kode akan dibacakan melalui telepon oleh sebuah komputer di ujung sana.

Tidak Bisa Terkoneksi ke WhatsApp

Koneksi ke WhatsApp biasanya akan sangat tergantung dari sinyal handphone kita, atau pun kualitas koneksi Wi-Fi di sekitar kita.

Berikut ini merupakan list yang bisa kita periksa dan lakukan jika WhatsApp kita ternyata mengalami down.

  1. Pastikan agar handphone kita memiliki koneksi
  2. Update WhatsApp ke versi terbarunya
  3. Cek kualitas koneksi kita kembali
  4. Pastikan agar tidak ada aplikasi lain yang mempengaruhi WhatsApp, misalnya seperti Task Killer
  5. Kosongkan cache
  6. Solusi yang terakhir, lakukan install ulang terhadap aplikasi tersebut

Terkadang, memang ada masalah dari server secara langsung, seperti yang kita alami pada beberapa waktu yang lalu. Jadi, ceklah media sosial milik WhatsApp untuk mengetahui adanya informasi tentang server down.

WhatsApp Tidak Bisa Membaca Kontak

Ada beberapa hal yang bisa kita cek kembali jika kontak tidak terbaca oleh WhatsApp.

Pertama, pastikan agar kontak yang berada di handphone kita memiliki WhatsApp. Kedua, update WhatsApp kita ke versi terbarunya. Dan, jika WhatsApp masih meminta izin untuk melihat kontak kita, maka lakukan Verify terhadap ijin tersebut.

Kontak Ganda pada WhatsApps

Problem ini memang sudah diketahui oleh pihak WhatsApp dan sudah ditangani secara bertahap oleh update-update yang telah dilakukan oleh mereka.

Masih banyak problem-problem WhatsApp yang sering kita alami. Apakah problem kalian sudah termasuk di dalam artikel ini?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top