REVIEW

Prizefighters 2: Simulasi Tinju bergaya Retro di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   01 Mar 2021
Prizefighters 2: Simulasi Tinju bergaya Retro di Ponsel Pintarmu

Meniti karir sebagai seorang petinju, bukanlah hal yang mudah. Ada banyak resiko yang bisa dialami oleh sang atlit, mulai dari berbagai macam cedera, hingga bisa gegar otak juga yang pastinya akan mengakhiri karir secara spontan. Nah, jika kalian ingin mencoba meniti karir sebagai petinju, namun tidak ingin mengalami berbagai macam resiko tersebut, mungkin kalian bisa mencobanya dalam bentuk permainan di ponsel pintar kalian. Inilah dia, Prizefighters 2, game tinju yang menantang dari Koality Game.

Bertinju ala Prizefighters

Dalam Prizefighters 2, pemain berperan sebagai seorang petinju amatir yang akan meniti karirnya untuk menerima semua tantangan. Latihlah dirimu, bertandinglah, dan panjatlah ranking tinju untuk menjadi seorang juara dunia! Bisakah kalian melakukannya?

Menciptakan Petinjumu sendiri

Prizefighters 2 dimulai dengan kustomisasi karakter yang akan menjadi petinju di layar pemain. Di sini pemain bisa mengkustomisasi berbagai macam hal, mulai dari namanya, panggilannya, negaranya (ya, Indonesia juga ada), umur, berat, jangkauan, serta menentukan apakah tangan utamanya itu kidal atau tidak. Setelah itu, pemain bisa mengkustomisasi penampilannya, ada warna kulit, rambut, hingga berbagai macam warna kostum yang dikenakannya. Terakhir, pemain bisa memilih gaya bertarungnya, apakah Infighter, Outfighter, boxer brawler, dan lain sebagainya yang akan menentukan stats karakternya.

Mengendalikan Petarung

Di setiap ronde pertandingan tinju, pemain bisa mengendalikannya menggunakan dua buah metode, antara mode tombol virtual atau mode swipe. Pemain bisa menggerakkan petinjunya ke atas atau ke bawah dengan menggunakan virtual gamepad, di mana tombol ini juga digunakan untuk menghindar dari serangan. Untuk menyerang, disediakan empat buah tombol yang masing-masing menyerang menggunakan tangan kiri atau tangan kanan, ke arah kepala ataupun badan. Tombol terakhir yang disediakan adalah tombol blok yang berguna untuk menahan serangan tinju lawan.

Penggunaan Momentum

Semakin sering pemain menyerang lawan, semakin cepat juga Momentum Bar miliknya terisi. Begitu Momentum Bar ini sudah terisi paling tidak satu kali, maka pemain bisa menggunakan serangan kuat dengan cara menyentuh dan menahan tombol serangnya. Hal ini akan mengurangi momentum bar-nya satu, namun kalau mengenai lawan, akan mengakibatkan kerusakan yang cukup tinggi.

Pertarungan Otomatis

Jika pemain tidak ingin bertarung secara manual, disediakan juga model permainan otomatis. Ketika pertarungan siap dimulai, pemain bisa memilih apakah untuk memainkanna dengan mengetuk tombol "Play", atau bisa juga menonton dengan mengetuk tombol "Spectate". Nah, pemain dipersilahkan untuk mengatur sendiri bagaimana sang AI akan mengendalikan karakternya dalam sebuah setting yang disediakan, sehingga pertarungan akan tetap terasa personal meskipun tidak dimainkan sendiri.

Melatih Diri

Di sela-sela pertandingan, pemain dipersilahkan untuk melatih dirinya sendiri dengan menggunakan regimen training yang disediakan. Regimen ini berbeda-beda harganya, ada yang gratisan, ada juga yang bayar. Di sini lah pemain bisa melatih dirinya agar menjadi lebih kuat dan mematikan untuk pertarungan berikutnya. Tapi hati-hati, karena stamina akan berkurang di sini, dan tentunya kalian tidak mau ketika sang petinju bertanding, stamina-nya tidak maksimal, kan?

Retro Pixel Art yang Menawan

Prizefighters 2 tampil dengan menggunakan grafis retro pixel art yang menawan, mirip dengan game-game di tahun 80-90'an silam, lengkap dengan lagu yang khas, efek suara yang lumayan oke, serta animasi yang meskipun terlihat sederhana, namun tetap keren. Variasi petinju yang dihadirkan cukup banyak, dan kemampuan pemain untuk mengkustomisasi sendiri petinjunya, membuat permainan ini menarik untuk dimainkan berulang-ulang.

Versi Gratisan Terbatas

Prizefighters 2 adalah game gratis yang bisa dimainkan oleh semua orang, tanpa ada mikrotransaksi, tidak ada iklan, bahkan game-nya tidak membutuhkan Internet sama sekali. Namun ada batasan yang akan dialami oleh mereka, yaitu hanya disediakan satu buah save slot saja, serta hanya bisa memainkan Road to Victory saja. Untuk membuka save slot lainnya serta mode Be The Promoter di mana pemain menjadi seorang manajer tinju, dipersilahkan untuk membeli versi premiumnya. Versi premium sendiri harganya cukup oke, hanya Rp. 42.000,- saja, dengan kemampuan untuk mengkustomisasikan seluruh lawan di liga tinju.

Dengan kemampuannya mensimulasikan pertandingan jika pemain memang kurang jago bermain atau memang sedang malas main, Prizefighters 2 adalah game yang cocok untuk dimainkan sebagai simulasi tinju paling oke di ponsel pintar kalian. Bisakah kalian menjadi juara dunia dan mempertahankan gelar tersebut sepanjang karir kalian?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top