REVIEW

Pokemon Rumble Rush, Menawannya Sebuah Game Pokemon dengan Rasa Clicker

Andy Chan   08 Aug 2019
Pokemon Rumble Rush, Menawannya Sebuah Game Pokemon dengan Rasa Clicker

Siapa tidak pernah mendengar kata "Pokemon"? Franchise yang identik dengan nama Nintendo ini beberapa tahun yang lalu pernah booming di ponsel pintar dengan game-nya yang berjudul Pokemon Go. Beberapa bulan yang lalu pun nama Pokemon telah mendunia dengan hadirnya film layar lebar berjudul Detective Pikachu. Hari ini, tidak ada alasan untuk tidak pernah mendengar nama Pokemon. Dan kini, The Pokemon Company pun menghadirkan kembali sebuah game Pokemon unik untuk ponsel pintar yang diberi judul Pokemon Rumble Rush. Game ini merupakan game kelima dari seri Pokemon Rumble yang dulu rilis di konsol dan handheld Nintendo.

Dunia Pokemon Rumble Rush

Dalam Pokemon Rumble Rush, pemain berperan sebagai seorang Pokemon Trainer yang diberikan tugas untuk memetakan pulau-pulau yang baru ditemukan dan mencatat mengenai para Pokemon yang berada di dalamnya. Pergilah menjelajah pulau-pulau tersebut dan temukanlah Pokemon-Pokemon baru di dalamnya!

Menjelajah Pulau Misterius

Bagaikan seorang penjelajah, pemain akan diberikan sebuah pulau luas untuk dijelajahi dengan menggunakan balon udara. Untuk menemukan sebuah lokasi menarik, pemain bisa melakukan pencarian dengan menggunakan Guide Feather. Begitu lokasi ditemukan, pemain pun bisa langsung turun ke lapangan dan mengirimkan Pokemon miliknya untuk menjelajah di darat.

Pengendalian Pokemon dengan Satu Jari

Pokemon milik pemain akan secara otomatis berjalan ke arah atas dan menghampiri Pokemon liar yang ada di medan permainan. Untuk menyerang, pemain tinggal mengetuk layar saja dan sang Pokemon pun akan menyerang Pokemon liar terdekat. Untuk melakukan serangan kuat, pemain bisa menahan sentuhan jarinya di layar, lalu melepaskannya setelah charge penuh. Selain itu, pemain juga bisa menghindari serangan Pokemon liar dengan melakukan swiping di layar sentuh ke arah yang diinginkan.

Pergantian dan Koleksi Pokemon

Seiring dengan pemain mengalahkan Pokemon-Pokemon liar di medan permainan, ada kemungkinan beberapa dari Pokemon tersebut tertangkap. Nah, Pokemon yang sudah tertangkap ini bisa langsung digunakan dengan menyentuh tombol Switch. Setiap Pokemon memiliki CP yang berbeda-beda meskipun jenisnya sama. Semakin tinggi CP-nya, semakin kuatlah Pokemon tersebut.

Boss Battle

Biasanya pemain diberikan sebuah goal untuk mengalahkan boss Pokemon. Namun untuk bisa menantang boss Pokemon ini, pemain harus memiliki seekor Pokemon yang memiliki nilai CP tertentu, serta ada beberapa persyaratan lainnya. Begitu syarat terpenuhi, pemain pun bisa menantang boss Pokemon ini bertarung dan kemudian melanjutkan perjalanan.

Power Gear

Sesekali ketika mengalahkan boss Pokemon, pemain akan mendapatkan sebuah Ore. Ore ini bisa di-refine untuk menjadi sebuah power gear. Power gear adalah item yang memiliki efek apabila mereka dipasangkan ke seekor Pokemon. Efeknya bervariasi, ada yang menambahkan CP, ada juga yang menambahkan HP, dan lain sebagainya. Sayangnya, untuk bisa melakukan refine pada sebuah Ore, dibutuhkanlah waktu tunggu yang lumayan lama.

Pokemon dalam 3D

Para Pokemon dalam Pokemon Rumble Rush dihadirkan dengan grafis 3D, mulai dari Pidgey, Rattata, Meowth, Caterpie, Bulbasaur, Pikachu, hingga Raichu, semua tampil dengan menawan. Sebagai sentuhan khas Nintendo, sang guide dari game ini tampil dengan artwork bergaya Mii yang lucu. Sayangnya, untuk Pokemon Trainer-nya sendiri alias sang pemain, tidak ada sistem avatar yang bisa dikustomisasikan, karena memang fokus utama game ini adalah para Pokemon, bukan sang trainer.

Wajib Online

Mirip dengan Pokemon Go, untuk memainkan game gratisan Pokemon Rumble Rush ini pemain pun diwajibkan untuk senantiasa online. Secara teknis tidak ada sistem stamina, namun apabila pemain mengumpulkan Ore terlalu banyak, maka bisa jadi slot tunggu Ore-nya penuh, dan rasanya rugi untuk mendapatkan Ore lagi yang harus dibuang. Mikrotransaksi pun ditawarkan untuk pembelian mata uang premium, Diamond.

Jika dilihat-lihat, Pokemon Rumble Rush ini sebenarnya adalah sebuah varian dari game clicker. Secara umum pemain harus mengetuk layar secara cepat untuk mengalahkan musuh serta ada boss battle yang membutuhkan CP tertentu untuk diakses, mirip kan dengan game clicker? Meskipun demikian, bagi para fans Pokemon, game ini tetap menarik untuk dicoba, terutama kalau kalian hobi mengoleksi berbagai macam Pokemon. Ayo bertualang di pulau-pulau asing yang penuh Pokemon ini!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top