REVIEW

Pocket World 3D: Cantiknya Puzzle 3D bernuansa Dunia di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   12 Feb 2020
Pocket World 3D: Cantiknya Puzzle 3D bernuansa Dunia di Ponsel Pintarmu

Pernahkah kalian memainkan puzzle 3D? Di toko buku biasanya bisa ditemukan permainan puzzle 3D yang memiliki tema bangunan-bangunan terkenal, di mana kalian ditantang untuk menyusun menara Eiffel, Notre-Dame, dan lain sebagainya. Jika kalian tidak ingin menghabiskan uang untuk membeli berbagai macam puzzle 3D tersebut, ada pilihan gratisan yaitu puzzle 3D dalam bentuk digital. Itulah yang disajikan oleh Minimonster dalam game puzzle mereka, Pocket World 3D.

Santainya Menikmati Puzzle 3D

Pocket World 3D adalah sebuah game puzzle 3D yang menyenangkan dan santai untuk dimainkan. Semua model 3D dalam game ini dibuat berdasarkan bangunan dunia yang terkenal, jadi ketika pemain mulai menyusun bagian-bagian dari model bangunan tersebut, mereka akan merasakan juga nuansa eksotis dari berbagai belahan dunia.

Menyusun Puzzle 3D

Cara memainkan game ini cukup mudah. Di bagian bawah layar, pemain akan diberikan sekumpulan pecahan-pecahan puzzle berbentuk 3D. Di bagian atas, pemain bisa melihat model 3D yang masih belum sempurna, di mana pecahan puzzle di bagian bawah layar harus dipasang di bagian atas secara tepat.

Mencari Sudut Pasang yang Tepat

Untuk memasang pecahan puzzle, pemain cukup menyentuh dan menarik pecahan puzzle di bagian bawah layar ke bagian yang tepat. Tapi untuk bisa memasang pecahan puzzle, pemain harus mencari sudut dari medan permainan yang tepat. Oleh karena itu, pemain bisa memutar medan permainan dengan melakukan swiping di layar. Selain itu, terkadang ada pecahan puzzle yang tidak bisa dipasang sebelum pecahan puzzle yang lain, seperti jendela di bagian atap, harus dipasang atapnya terlebih dahulu.

Tools Pembantu

Ada beberapa tools yang bisa membantu dalam menyelesaikan puzzle, yaitu sebuah tombol yang memperlihatkan blueprint dari model 3D yang sedang dimainkan, jadi pemain bisa mengira-ngira pecahan puzzle harus masuk di mana karena akan terlihat seperti apa nanti puzzle-nya setelah jadi. Selain itu, ada juga tombol Lampu yang merupakan tombol Hints. Dengan menyentuh tombol ini, pecahan puzzle akan langsung diperlihatkan ditaruh di mana. Sayangnya, tombol Hints ini terbatas, dan kalau ingin dipergunakan lebih banyak, pemain wajib menonton video iklan.

Model 3D yang Cantik

Sesuai judulnya, semua model yang dimainkan dalam Pocket World 3D tampil dalam 3D. Pemain bisa memutar-mutar model 3D-nya, bahkan bisa melakukan zoom dan mengamati cantiknya hasil karya tersebut dari dekat. Dengan dukungan lagu klasik yang menemani pemain selama menyusun puzzle, permainan akan menjadi sangat terasa santai.

Terlalu Banyak Iklan

Sayangnya, berhubung Pocket World 3D menggunakan model bisnis free-to-play, maka pemain akan diserbu dengan iklan yang bertubi-tubi. Setiap memainkan sebuah level, pemain akan disodori iklan terlebih dahulu, setelah menyelesaikan puzzle, pemain akan ditanyakan apakah ingin menonton iklan untuk melipatgandakan uang, bahkan ada puzzle yang tidak bisa dimainkan kecuali pemain menonton iklan terlebih dahulu. Bahkan pemain wajib menghubungkan diri ke Internet di awal permainan, entah untuk otorisasi atau apa, tapi selanjutnya, game puzzle ini bisa dimainkan secara offline. Tentu saja, pemain tetap wajib menonton iklan jika ingin memainkan puzzle-puzzle tertentu. Tersedia juga mikrotransaksi untuk menghilangkan iklan dan membeli mata uang premium, Diamonds, yang bisa digunakan untuk membeli koin serta Hints.

Sebenarnya Pocket World 3D ini benar-benar cantik, menyenangkan dan santai untuk dimainkan, tapi akibat kehadiran iklan yang bertubi-tubi, tidak ada pilihan selain memainkan game ini secara offline.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top