REVIEW

Playrix Hadirkan Kembali Austin sang Butler dalam Puzzle Match-Three, Gardenscapes

Andy Chan   12 Mar 2019
Playrix Hadirkan Kembali Austin sang Butler dalam Puzzle Match-Three, Gardenscapes

Kehidupan di kota memang bising dan menyebalkan, apalagi ditambah hiruk-pikuk dan kemacetan di mana-mana. Oleh karena itu, ketika dikabarkan bahwa kamu telah mendapatkan warisan sebuah mansion di tempat yang tenteram, kamu pun langsung beranjak meninggalkan kehidupan perkotaan. Mansion tersebut ternyata sangatlah cantik, terima kasih kepada sang Butler Austin yang sudah merawatnya dengan baik. Namun sayangnya, kebun dari mansion tersebut masih butuh banyak perbaikan. Di situ lah kalian masuk dalam game Gardenscapes, sebuah game puzzle match-three karya Playrix yang juga menciptakan game sebelumnya, Homescapes.

Mempercantik Kebun bersama Austin Sang Butler

Dalam Homescapes, Austin sudah bekerja keras memperbaiki dan mempercantik mansion. Kini sebagai seorang butler, dia pun sudah berhasil mempercantik mansion warisanmu, namun kebun dari mansion tersebut masih terbengkalai. Oleh karena itu, tugas pemain bersama dengan Austin adalah untuk memperbaiki dan mempercantik kebun tersebut dengan menggunakan game utamanya, puzzle match-three bertemakan kebun.

Game Utama Puzzle Match-Three

Sama seperti Homescapes, Gardenscapes juga merupakan game puzzle match-three di mana pemain bertugas untuk menderetkan tiga atau lebih benda-benda berwarna sama yang bertemakan kebun seperti bunga-bungaan dan buah-buahan. Seperti Homescapes juga, menderetkan empat atau lebih benda akan menghasilkan benda khusus seperti roket, bom, dan sebagainya. Berbeda sedikit dengan Homescapes, menyusul empat benda berbentuk bujur sangkar tidak lagi valid di sini.

Variasi Goal Permainan

Dalam setiap level, pemain biasanya diberikan target untuk dicapai, apakah itu mengumpulkan sejumlah benda, mengambil garden gnome yang ada di medan permainan, dan sebagainya. Ada hal yang harus diperhatikan dalam bermain, yaitu jumlah langkah yang terbatas. Begitu langkah ini habis, maka pemain pun akan kalah dan Life berkurang satu. Pemain bisa melakukan continue dengan membayar sejumlah uang, apabila diinginkan.

Mendekorasi Kebun sesuai Selera

Dengan menyelesaikan sebuah level, pemain pun akan mendapatkan satu buah bintang. Bintang ini adalah mata uang yang digunakan untuk memperbaiki dan mempercantik kebun sekaligus juga untuk berinteraksi dengan karakter-karakter unik yang meramaikan permainan ini. Seperti biasa, pemain diberikan pilihan dari tiga buah dekorasi kebun yang akan menjadikan kebun miliknya unik dibandingkan dengan pemain lain.

Artwork yang sama dengan Homescapes

Bagi pemain Homescapes pasti tidak asing dengan artwork yang digunakan pada Gardenscapes. Austin sang butler di sini sama dengan Austin yang berada di Homescapes, dan jika di game tersebut Austin mendapatkan teman kucing, dalam Gardenscapes pemain akan mendapatkan peliharaan berupa anak anjing yang lucu. Nantinya pemain bisa menikmati hasil kerja kerasnya yaitu berupa sebuah kebun luas yang benar-benar cantik.

Free-to-Play yang "Tidak Butuh" Internet

Mirip dengan Homescapes, Gardenscapes juga sebenarnya adalah game gratis yang tidak butuh koneksi Internet. Namun sayangnya, pemain tetap harus menggunakan Internet di beberapa titik permainan, misalnya di bagian awal, karena data permainannya memang belum termasuk dalam proses instalasi dan harus di-download terlebih dahulu. Game-nya juga menggunakan sistem Life, jadi apabila pemain terlalu sering gagal dalam menyelesaikan level, maka Life pun bisa habis dan harus menunggu sekian lama dulu baru bisa main kembali. Mikrotransaksi dihadirkan untuk pembelian uang yang biasanya digunakan untuk continue level.

Memang puzzle match-three in bukanlah barang baru, namun bagi yang pernah memainkan Homescapes dan suka dengan Austin sang Butler, tidak ada alasan untuk tidak memainkan Gardenscapes. Ayo ciptakan kebun impianmu di sini!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top