NEWS

Pimpin Pertumbuhan Industri Global, Alibaba Cloud Amankan Peringkat Ketiga pada Pangsa Pasar

en19ma   20 Mar 2020
Pimpin Pertumbuhan Industri Global, Alibaba Cloud Amankan Peringkat Ketiga pada Pangsa Pasar

Alibaba Cloud tercatat memiliki pertumbuhan tercepat jika dibandingkan dengan para penyedia layanan cloud global lainnya pada paruh pertama di tahun lalu, menurut Worldwide Semiannual Public Cloud Services Tracker yang baru yang disusun berdasarkan riset pasar yang dirilis oleh perusahaan riset pasar International Data Corporation (IDC).

Alibaba Cloud mampu mempertahankan posisinya di peringkat ketiga secara berturut-turut untuk tahun kedua secara global pada paruh pertama di tahun 2019, yang masih terus mendaki ke atas sejak awal berdirinya pada tahun 2015 lalu.

Menurut laporan IDC, dengan peningkatan pendapatan dari tahun-ke-tahun sebesar 68,7% di pasar infrastruktur sebagai layanan (IaaS) pada paruh pertama tahun 2019, maka Alibaba Cloud telah melampaui tingkat pertumbuhan sektor ini dan melampaui para pesaing terdekatnya sebesar 20% dari pemain dengan peringkat terdekatnya.

Alibaba Cloud mempertahankan tingkat pertumbuhan sektor ini dengan mempertahankan tingkat pertumbuhan yang tinggi (62%) pada kuartal yang berakhir per tanggal 31 Desember 2019. Berdasarkan hasil keuangan terbaru dari Alibaba Group, pendapatan kuartal untuk tulang punggung data intelijen Alibaba Group tersebut telah melampaui ambang RMB10 miliar, dan untuk pertama kalinya, mencapai RMB10,7 miliar (USD1,5 miliar).

Laporan IDC juga mengungkapkan konvergensi lebih lanjut dari pasar cloud global dengan tiga nama pemain teratas (Dikenal dengan sebutan The3As - AWS, Azure, dan Alibaba Cloud) yang mengumpulkan lebih dari dua pertiga dari total pendapatan.

Pencapaian ini merupakkan hasil dari strategi global milik Alibaba Cloud untuk menumbuhkan kehadirannya di seluruh dunia dengan meningkatkan infrastruktur dan jaringan globalnya. Saat ini, Alibaba Cloud tersedia di 63 zona di 21 wilayah. Alibaba Cloud juga telah mendirikan DAMO, sebuah lembaga penelitian global yang berfokus pada pengembangan terobosan teknologi komputasi awan, kecerdasan buatan, dan bidang-bidang yang terkait lainnya.

Selain itu, firma riset dan analis global Gartner Group telah menempatkan Alibaba Cloud di peringkat pertama di wilayah Asia Pasifik pada pangsa pasar IaaS (Infrastructure as a Service) dan IUS (Infrastructure Utility Services) untuk tahun 2017 dan 2018. Alibaba Cloud juga mempertahankan posisi tiga besarnya di skala global untuk kedua kategori tersebut.

Tentang Alibaba Cloud

Didirikan pada tahun 2009 lalu, Alibaba Cloud (www.alibabacloud.com) --tulang punggung intelijen data dari Alibaba Group-- adalah salah satu dari tiga penyedia IaaS teratas di dunia, menurut Gartner Group. Dari IDC (International Data Corporation), Alibaba Cloud disebut juga merupakan penyedia layanan cloud publik terbesar di China. Alibaba Cloud menyediakan rangkaian layanan komputasi awan yang komprehensif untuk bisnis di seluruh dunia, termasuk pedagang yang melakukan bisnis di pasar Alibaba Group, perusahaan baru, serta perusahaan dan layanan publik. Alibaba Cloud adalah Mitra Layanan Cloud resmi dari Komite Olimpiade Internasional.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top