REVIEW

Pilih Sendiri, Cara Bermain Puzzle Match-3 Favoritmu dalam Jewels 2

Andy Chan   23 Jan 2018
Pilih Sendiri, Cara Bermain Puzzle Match-3 Favoritmu dalam Jewels 2

Ada sangat banyak game-game puzzle match-three yang beredar di Play Store mau pun iTunes. Masing-masingnya memiliki keunikan tersendiri, bahkan ada yang dikemas sebagai game fantasi, game rumah tangga, game masak-memasak, dan lain sebagainya. Namun, ada kenikmatan tersendiri dalam memainkan versi klasik dari game puzzle match-three tersebut, dan itulah yang ditawarkan oleh game buatan MH Games yang berjudul Jewels 2 ini.

Jewels 2 AndroidiOS Free Download Download

Dasar dari permainan ini tetaplah sama. Pemain menderetkan tiga buah jewels atau lebih dengan cara menggesernya via layar sentuh, baik secara horisontal mau pun vertikal. Apabila pemain berhasil menyusun empat buah jewels secara sekaligus, maka satu baris atau satu kolom jewels akan hancur seketika. Sementara, apabila pemain berhasil menyusun lima buah jewels secara sekaligus, maka itu akan menghancurkan satu baris dan satu kolom secara sekaligus juga. Cukup sederhana.

Fitur khusus dari Jewels 2 ini adalah kemampuan pemain untuk melakukan mix-and-match dari cara bermain yang diinginkan. Ada empat buah tipe game dan empat buah mode gameplay yang bisa dipilih, masing-masingnya dengan peraturan tersendiri. Keempat tipe game yang dihadirkan adalah:

Tipe game Classic merupakan tipe permainan yang menggunakan sistem puzzle match-three paling dasar, yang tidak ada embel-embel apa pun lagi. Bagi penggemar game klasik yang tidak membutuhkan macam-macam ekstra, maka inilah tipe game yang tepat untuk mereka.

Tipe game Frozen (tidak ada hubungannya dengan film animasi Disney yang populer itu) membawa pemain ke sebuah permainan dimana ada beberapa jewels yang terkunci di tempat, alias membeku (frozen). Pemain harus menyusun jewels yang lain agar bisa sejajar secara satu warna dengan jewels yang membeku tersebut untuk bisa menghancurkannya, atau pun menjatuhkan jewels yang membeku itu ke bagian bawah agar esnya pecah.

Tipe game Super-Charged adalah tipe game match-three modern, yang apabila pemain berhasil untuk menyusun empat atau lebih jewels yang berwarna sama, maka akan terbentuklah sebuah jewel yang "super-charged" dan bisa meledak apabila dideretkan dengan jewels lain yang berwarna sama. Inilah tipe game yang biasanya hadir di game-game puzzle match-three lainnya.

Tipe game Collect merupakan sebuah tipe permainan yang unik. Dasar permainan tetap sama. Namun, semakin lama, warna dari jewels yang ada di layar pun akan semakin banyak, sehingga pemain akan semakin mengalami kesulitan untuk menderetkan tiga jewels yang berwarna sama.

Sementara itu, untuk mode permainan juga tersedia empat buah. Mereka adalah mode Normal, mode Timed, mode Quick, dan mode Infinite. Dalam mode Normal, permainan baru akan berakhir apabila pemain tidak lagi memiliki jewels yang bisa disusun tiga. Mode ini tidak memiliki batasan waktu.

Mode Timed menantang pemain untuk menyelesaikan sebuah level sebelum batas waktu yang diberikan sampai habis. Dengan menyelesaikan sebuah level dan maju ke level berikutnya, maka batas waktu pun akan terkena reset dan pemain bisa melanjutkan permainan. Pemain hanya akan kalah apabila batasan waktu habis.

Mode Quick merupakan mode yang seru dimana pemain diberikan batasan waktu hanya selama 75 detik saja untuk mendapatkan skor setinggi-tingginya. Tidak ada bonus waktu, tidak ada level. Hanya ada kecepatan pemain dalam menyusun jewels melawan selama 75 detik, itu saja.

Terakhir adalah Mode Infinite, yang sesuai dengan namanya, merupakan mode permainan dimana pemain bisa memainkan Jewels 2 tanpa ada batasan waktu, tanpa perlu khawatir mengenai game over. Ini adalah mode untuk relaksasi, atau bisa menjadi mode yang sangat membosankan karena tidak ada tujuan sama sekali.

Nah, dari keempat tipe permainan dan mode permainan tersebut, pemain bisa mencampurnya dengan sesuka hati, apakah ingin bermain Super-Charged dengan mode Quick, atau memainkan game Classic dengan mode Timed.

Apabila pemain tidak lagi bisa menderetkan tiga buah jewels berwarna sama, maka pemain bisa menggunakan yang namanya Shuffle Gem. Benda ini digunakan untuk mengacak seluruh lokasi jewels di layar dengan harapan akan ada jewels berwarna sama yang bisa dideretkan lagi. Selain itu, apabila sampai kehabisan waktu ketika bermain, pemain bisa menggunakan Time Refill untuk mengisi ulang waktu agar tidak terjadi game over.

Tidak ada yang terlalu "wah" dari tampilan Jewels 2. Game ini hadir dengan grafis yang standar untuk sebuah game puzzle match-three, meski pun ada efek air yang cukup menawan. Paling tidak, game-nya diiringi dengan lagu yang santai dan menenangkan hati.

Jewels 2 hadir secara free-to-play dengan sedikit tampilan iklan di bagian bawah layar utama. Iklan ini tidak ada ketika sedang memainkan game-nya, jadi tidak mengganggu. Tidak ada sistem stamina / energi sama sekali, dan game-nya tidak membutuhkan Internet untuk bisa dimainkan. Tersedia mikrotransaksi untuk menghilangkan iklan, serta pembelian Shuffle Gem dan Time Refill.

Meski pun Jewels 2 ini sebenarnya asyik juga untuk dimainkan, namun dari semua mode dan tipe permainan yang bisa dimainkan, tidak ada yang seru sama sekali dan cenderung membosankan. Mungkin, game ini menarik bagi penggemar Jewels klasik, tapi yah... Masih banyak game puzzle match-three lainnya yang lebih seru dan menantang jika dibandingkan dengan Jewels 2.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top