REVIEW

Picross Luna: A Forgotten Tale, Sebuah Game Picross dengan Tema Bulan

Andy Chan   07 Aug 2019
Picross Luna: A Forgotten Tale, Sebuah Game Picross dengan Tema Bulan

Ini adalah sebuah kisah masa lalu, di mana diceritakan bahwa ada seorang penjaga bulan yang selalu menjaga bunga-bunga dan pohon agar mekar di di birunya bulan sabit yang tampil di angkasa malam hari setiap beberapa waktu sekali. Faktanya, ada sebuah kastil cantik bernama Nobilrunia di sana yang kini telah menjadi sebuah kisah terlupakan, dan hanya sang penjaga bulan saja yang ingat akan kisah tersebut.

Namun suatu hari, bunga-bunga yang dijaga oleh sang penjaga bulan tersebut mulai melayu. Apa yang sebenarnya terjadi? Bantulah sang penjaga bulan agar bunga-bunga tersebut tetap mekar dalam sebuah game puzzle cantik berjudul Picross Luna: A Forgotten Tale.

Iterasi Game Picross dari Floralmong

Dipersembahkan oleh Floralmong Company, Picross Luna: A Forgotten Tale adalah sebuah game puzzle berbentuk picross yang juga dikenal dengan nama Nonogram. Dalam game ini, pemain akan menyelesaikan puzzle-puzzle picross yang disediakan untuk menemukan sebuah kisah indah yang tersembunyi di balik puzzle-puzzle tersebut.

Cara Memainkan Picross

Bagi yang sudah kenal dengan game-game Picross, Picross Luna: A Forgotten Tale tidaklah berbeda dengan yang lainnya. Pemain diberikan sebuah grid dengan ukuran bervariasi, mulai dari 5x5 kotak, 10x10 kotak, bahkan sampai 20x20 kotak. Di sebelah atas dan kiri kotak tersebut, terlihatlah angka yang menunjukkan kotak mana yang harus diisi. Pemain cukup menyentuh kotak yang diinginkan untuk mengisinya dengan warna, atau bisa juga memberikan tanda X. Puzzle akan selesai apabila pemain berhasil mengisi seluruh grid sesuai dengan aturan.

Virtual Gamepad

Uniknya, selain menyelesaikan puzzle menggunakan layar sentuh, pemain juga bisa menggunakan sebuah virtual gamepad yang berada di bagian bawah layar. Hal ini berguna untuk menyelesaikan puzzle yang berukuran besar, karena jari pemain kemungkinan besar akan mengalami kesulitan menyentuh kotak-kotak berukuran kecil.

Sistem Hints

Apabila pemain benar-benar mentok, jangan khawatir. Picross Luna: A Forgotten Tale menyediakan sebuah sistem Hints di mana pemain bisa mendapatkan informasi mengenai bagian mana dari puzzle yang harus diberi warna. Setiap level memiliki jumlah hints sendiri-sendiri, jadi jangan ragu untuk menggunakannya.

Picross Berwarna

Berbeda sedikit dengan Picross pada umumnya, Picross Luna: A Forgotten Tale langsung memberikan warna pada kotak-kotak yang sudah ditandai oleh pemain. Hal ini adalah sentuhan unik yang membuat pemain bisa melihat bagaimana gambar tersebut nantinya berbentuk, namun bagi yang ingin pengalaman picross hitam putih, warna tersebut bisa dimatikan pada setting. Namun tidak kalah dengan game picross lainnya, game ini juga menyediakan puzzle picross ukuran besar yang menantang untuk diselesaikan lho!

Gratis, Tanpa Mikrotransaksi

Picross Luna: A Forgotten Tale dihadirkan secara free-to-play, dan game-nya 100% bebas mikrotransaksi. Sebagai gantinya, pemain akan disodori iklan di sepanjang permainan, baik iklan video maupun iklan tempel yang berada di bagian bawah layar. Tapi berhubung game ini bisa dimainkan secara offline, maka kemunculan iklan tersebut bisa dihilangkan.

Secara menyeluruh, Picross Luna: A Forgotten Tale bisa dibilang sebagai "satu lagi game Picross yang hadir di ponsel pintar", karena memang tidak ada hal khusus yang membuatnya lebih menyolok dibandingkan game sejenis lainnya. Tapi mungkin tema bulan yang kental di dalamnya cukup menarik untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top