REVIEW

Phantasy Star Classics Bawakan RPG Klasik SEGA Phantasy Star II, III & IV di Genggaman Tanganmu

Andy Chan   14 Jun 2019
Phantasy Star Classics Bawakan RPG Klasik SEGA Phantasy Star II, III & IV di Genggaman Tanganmu

Bagi kalian yang pernah menikmati masa-masa keemasan SEGA dengan konsol mereka SEGA Genesis atau Mega Drive, pasti pernah memainkan seri RPG klasik milik SEGA yang berjudul Phantasy Star. Kini SEGA telah menghadirkan kembali tiga seri Phantasy Star klasik mereka dalam satu buah Mobile App yang berjudul Phantasy Star Classics.

Sekilas Seri Phantasy Star

Seri Phantasy Star ini memang fenomenal, sudah banyak seri Phantasy Star yang beredar, mulai dari Phantasy Star pertama di SEGA Master System, Phantasy Star II, III, dan IV di SEGA Genesis / Mega Drive, Phantasy Star Online di Dreamcast, hingga Phantasy Star Portable di PSP, Phantasy Star Zero di Nintendo DS, Phantasy Star Nova di PS Vita, Phantasy Star Online 2, hingga iterasi terakhirnya di ranah mobile, Idola Phantasy Star Saga. Namun dari semua seri tersebut, yang keempat seri pertama adalah game yang biasanya dianggap sebagai RPG klasik yang mengambil setting futuristik yang unik.

Phantasy Star Klasik di Genggaman Tanganmu

Dalam Phantasy Star Classics, SEGA pun membawakan tiga dari empat game klasik Phantasy Star dalam satu App saja. Sayangnya, SEGA tidak mengikutsertakan Phantasy Star yang paling pertama, karena mungkin memang game-nya terlalu lawas untuk bisa dinikmati oleh gamer modern, namun ketiga game yang masuk ke dalam Phantasy Star Classics ini dijamin bisa memuaskan dahaga RPG klasik turn based ala SEGA di tahun 90'an dulu.

Phantasy Star II

Mengisahkan petualangan Rolf mengalahkan kejahatan bersama dengan "adik" nya Nei dan teman-temannya dalam sebuah game unik bersetting di Mota, sebuah surga tropis di Sistem Bintang Algol.

Phantasy Star III: Generations of Doom

Dalam Phantasy Star III, pemain akan dibawa dalam sebuah petualangan yang saking besarnya, kisahnya pun dipisah menjadi tiga generasi. Bisakah pemain mengalahkan Dark Force?

Phantasy Star IV: The End of the Millennium

Inilah game RPG terkeren di SEGA Genesis, di mana pemain bisa mengikuti kisah akhir dari Phantasy Star saga klasik bersama dengan karakter-karakter favorit Chaz, Rune Walsh, Hahn, dan lainnya dalam peperangan mereka mengalahkan Zio dan Dark Force di sistem bintang Algol.

Virtual Gamepad

Secara garis besar, cara memainkan ketiga Phantasy Star tersebut sama dengan ketika pemain memainkannya menggunakan SEGA Genesis. Tersedia sebuah virtual gamepad yang sengaja dibentuk mirip dengan tombol gamepad SEGA Genesis, di mana ada d-pad di sebelah kiri bawah layar, tombol start di bagian tengah, serta tombol A, B, dan C di bagian kanan bawah layar. Bagi yang pernah memainkan SEGA Genesis, pasti puas dengan layout virtual gamepad ini.

Persis dengan versi SEGA Genesis

Meskipun hadir di ponsel pintar, namun ketiga Phantasy Star yang dihadirkan dalam Phantasy Star Classics ini ternyata tampil sama persis dengan versi SEGA Genesis-nya. Meskipun begitu, pemain tetap memiliki kemampuan untuk merubah setting grafiknya, apakah ingin tampil secara klasik, menggunakan scanlines, atau tampil mulus. Pemain juga bisa merubah resolusi layarnya apakah ingin 4:3 atau pixel perfect. Yang pasti, pemain wajib menggunakan earphone agar bisa menikmati suara dan lagu game ini untuk nostalgia.

Sistem Modern

Mirip dengan emulasi game pada umumnya, Phantasy Star Classics juga memiliki fitur untuk melakukan Save State alias save di mana saja. Game-nya sendiri menyediakan sistem save sesuai dengan game aslinya, namun bagi yang menginginkan sistem save modern, bisa memanfaatkan Save State ini agar lebih maksimal permainannya. Sayangnya, untuk bisa menggunkan Save State, pemain harus menonton sebuah video iklan terlebih dahulu. Begitulah nasib bagi mereka yang main game ini secara gratisan. Tenang, ada mikrotransaksi yang bisa menghilangkan iklan tersebut jika diperlukan. Tapi paling tidak, game ini bisa dimainkan secara offline.

Bagi penggemar Phantasy Star klasik, kehadiran Phantasy Star Classics ini benar-benar nostalgia yang menyenangkan hati. Meskipun begitu, mungkin pemain akan sedikit kesulitan dalam mengendalikan karakter menggunakan d-pad virtual karena agak sedikit sensitif pergerakkannya. Tapi secara garis besar, Phantasy Star Classics ini wajib berada di ponsel pintar para fans Phantasy Star.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top