REVIEW

Yuk, Bangun Kota di Dunia Fantasi! Fantasy Island Sim!

Andy Chan   25 Jun 2020
Yuk, Bangun Kota di Dunia Fantasi! Fantasy Island Sim!

Dalam dunia magis Fantasy Island Sim, hiduplah banyak suku, masing-masing dengan misi mereka sendiri, lengkap dengan berbagai skill masing-masing dan rahasia mereka. Para bajak laut, misalnya, suka menjelajah dunia dan menemukan harta karun, atau para Gnome yang memiliki sumber daya alam yang tinggi, ada juga para dwarf yang bisa menempa besi. Semua suku itu bisa kalian temui dalam game membangun kota bernuansa petualangan, Fantasy Island Sim.

Satu lagi dari Sparkling Society

Nama pengembang Sparkling Society sudah cukup terkenal di kalangan penggemar game membangun kota. Mereka sudah mengantongi berbagai macam pengalaman game membangun kota seperti seri City Island 5 dan Village City. Kini dengan hadirnya Fantasy Island Sim, mereka memberikan pengalaman bermain yang berbeda dibandingkan pembangunan kota pada umumnya. Kapan lagi kita bisa membangun kota untuk gnome, bajak laut, elf, hingga dwarf?

Bebas membangun Kota

Pemain diberikan kebebasan untuk membangun sebuah kota dari nol. Mulai dari lokasi yang kosong, pemain akan diarahkan oleh tutorial game-nya untuk mendirikan sebuah rumah untuk penduduk tinggal. Setelah itu, penduduk tentunya membutuhkan tempat untuk bekerja, dan itulah bangunan yang harus dibuat oleh pemain. Bangunan lainnya juga bisa dibuat, seperti Animal Shelter, kantor pos, art galeri, dan sebagainya yang bisa meningkatkan morale penduduk.

Tiga Pekerja saja

Pembangunan di dalam Fantasy Island Sim ini dibatasi oleh tiga orang pekerja. Setiap pemain membangun sesuatu atau melakukan upgrade, jumlah pekerja ini akan berkurang satu, dan kalau pekerjanya sudah habis, maka tidak ada yang bisa dibangun lagi sampai salah satu tugas tersebut selesai dikerjakan. Semacam pembatasan berupa waktu tunggu saja sih.

Ekonomi & Perluasan Tanah

Pemain akan mendapatkan pemasukan dari berbagai bangunan yang menghasilkan uang. Memang agak repot, tapi untuk mendapatkan uang ini, pemain harus mengambilnya dengan menggunakan layar sentuh di setiap bangunan yang ada. Jumlah daratan yang bisa digunakan untuk membangun kota ternyata cukup sempit. Untuk memperluasnya, pemain bisa membeli tanah pada petak-petak yang sudah disediakan, tentunya dengan harga yang tidak murah.

Berkunjung ke Lokasi lain

Tidak hanya lokasi awal saja Pumpkin Hill, pemain juga akan bisa membangun kota di dunia Fantasy Island Sim di berbagai lokasi baru. Ada Shipwreck Cove yang bertemakan bajak laut, Smokey Peaks yang dekat gunung berapi, hingga ke Willowdale yang cantik. Tentunya biaya yang dibutuhkan untuk membangun kota baru tidaklah murah, jadi pastinya pemain harus mengumpulkan uang terlebih dahulu dengan cara memperbagus kota yang sudah ada.

Cantik dalam Tampilan Isometris

Fantasy Island Sim merepresentasikan dirinya dalam tampilan isometris yang sangat cocok untuk game membangun kota. Pemain bisa melakukan zoom untuk melihat-lihat bangunan dari dekat, serta melihat para penduduk berkeliaran di kota. Semakin besar kota yang dibangun oleh pemain, semakin meriah juga tampilannya di layar, sampai mungkin bisa membuat pemain kewalahan melihatnya.

Asyiknya Main Offline

Meskipun game-nya free-to-play, namun seperti game-game Sparkling Society lainnya, Fantasy Island Sim bisa dimainkan secara offline. Kalau main online, pemain mungkin akan diganggu oleh iklan, jadi memang sebaiknya dimainkan secara offline saja. Ada tersedia mata uang premium berupa gold bar, yang bisa dibeli pemain dengan uang asli. Gold Bar ini bisa digunakan untuk membeli bangunan-bangunan premium, atau mempercepat pembangunan.

Dengan tipe permainannya yang santai, memang Sparkling Society pantas disebut sebagai salah satu pembuat game membangun kota yang oke. Mau membangun kota di dunia fantasi? Cobalah Fantasy Island Sim!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top