Pertama di Indonesia, Hari Belanja Brand Lokal akan Digelar secara Online per April ini

Published: 09 Apr 2020, oleh en19ma

Festival belanja online brand lokal pertama di Indonesia akan diselenggarakan pada tanggal 25 hingga 27 April 2020 nanti melalui berbagai kanal online. Rencananya, Hari Belanja Brand Lokal ini akan diikuti oleh lebih dari 1000 brand lokal asal Tanah Air.

Achmad Alkatiri dari panitia Hari Belanja Brand Lokal menjelaskan, “Hari Belanja Brand Lokal yang pertama ini diorganisir oleh dan untuk brand lokal [asal] Indonesia. Teman-teman dari beberapa brand bergotong-royong [dalam] mengorganisir inisiatif ini setelah melihat dampak krisis COVID-19 yang cukup signifikan terhadap bisnis.”

Hingga saat ini, tidak sedikit brand lokal di Tanah Air yang mengalami penurunan penjualan hingga 50% dikarenakan krisis COVID-19 yang sedang terjadi. Hal tersebut kemudian memberikan dampak yang negatif terhadap keberlangsungan bisnis brand lokal yang mayoritas adalah UMKM.

“Di saat seperti inilah, bersatu dan saling mendukung menjadi hal yang krusial. Inisiatif ini tidak hanya mengenai promosi kepada konsumen. Tapi, juga solidaritas antar sesama brand lokal. Jadi, akan ada program sharing dari brand lokal yang lain, kelas online keuangan bisnis, tips, dan hal-hal lainnya yang membuat pemilik brand [bisa] lebih siap [dalam] menghadapi krisis,” lanjut Achmad.

3 hari sejak pendaftaran untuk brand lokal dibuka, panitia penyelenggara telah mencatat ada sebanyak 476 brand lokal yang telah terdaftar, dengan komposisi sebanyak 68% yang berasal dari kategori fashion.

“Melalui inisiatif ini, kita ingin mengajak ribuan brand lokal di Indonesia untuk menyatukan suara, pengalaman, ide, inovasi, dan promosi pada [tanggal] 25-27 April [2020] nanti. Semuanya [akan digelar] secara online. Sudah saatnya [bagi] brand lokal [untuk] mengambil perhatian [yang] lebih dari masyarakat Indonesia, karena secara kualitas, desain, dan harga, produk lokal kita sudah tidak kalah dari merk global,” ujar Achmad.

Yukka Harlanda, Founder & CEO Brodo, mengatakan, “Brodo bangga bisa ikut menginisiasi dan menjadi bagian dari Hari Belanja Brand Lokal. Inisiatif ini akan membantu [dalam] membentuk support system untuk teman-teman brand lokal di Indonesia ke depannya. Karena, kekuatan sesungguhnya dari brand lokal adalah sense of community [dari] kita. Bersama-sama, kita saling membantu untuk tetap tangguh merespon situasi, karena kompetisi kita sebenarnya adalah brand luar. Hanya dengan semangat gotong royong-lah, [hal] ini bisa kita lalui [secara] bersama sama.”

“Dengan adanya Hari Belanja Brand Lokal ini, diharapkan lebih banyak brand-brand lokal [lagi] yang tumbuh dan berkembang menjadi favorit masyarakat dan mengurangi dominasi produk impor. Torch senang bisa ikut menginisiasi dan berpartisipasi,” tambah Ben Wirawan, Founder & CEO Torch.

Pendaftaran brand secara gratis bisa dilakukan melalui tautan www.brandlokal.online, dan akan dibuka hingga esok hari, tanggal 10 April 2020. 


Hari Belanja Brand Lokal (tanggal 25-27 April 2020) merupakan inisiatif bersama dari brand lokal asal Indonesia (Brodo, Torch, Ria Miranda Brand, CottonInk, Monomom, Wearstatuquo, Sabine and Heem, Motiviga) untuk bersatu bersama ribuan brand lokal lainnya dalam mendorong awareness masyarakat Indonesia terhadap produk lokal. Hari Belanja Brand Lokal lahir di tengah krisis COVID-19, yang memberikan dampak negatif yang signifikan terhadap keberlangsungan bisnis brand lokal. Bukan hanya untuk mendorong penjualan online dari brand lokal Indonesia saja, inisatif ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan dan kesiapan dari brand-brand lokal dalam menghadapi krisis yang merupakan dampak dari COVID-19.

Tags

news belanja online online online shop online shopping indonesia brand brand lokal kolaborasi hari belanja brand lokal bisnis usaha kecil dan menengah ukm kesehatan pandemik COVID-19 coronavirus virus

Share Artikel