Per 18 September 2019, Starbucks melakukan terobosan besar dalam merevolusi pengalaman digital bagi para konsumen. Di Tiongkok, Starbucks telah meluncurkan pemesanan via perintah suara (voice command) dan mengantar pesanan melalui speaker pintar Alibaba, yaitu Tmall Genie. Begitulah, para pelanggan di Tiongkok kini bisa memesan minuman dan makanan favorit dari Starbucks hanya dengan menggunakan pesan suara dan mendapatkannya dalam waktu 30 menit. Memanfaatkan platform antar-pesan makanan milik Alibaba, Ele.me, kemampuan perintah suara untuk pemesanan Starbucks semakin meningkatkan pengalaman konsumen dalam ekosistem digital dari Starbucks.
Peluncuran layanan ini juga merayakan satu tahun berjalannya kerjasama strategis antara Starbucks dan Alibaba untuk meningkatkan infrastruktur New Retail dan kekuatan digital di Tiongkok. Hingga saat ini, Tiongkok merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan konsumsi kopi paling cepat di dunia. Pengumuman ini juga menambah berbagai kolaborasi antara kedua perusahaan yang memungkinkan Starbucks Experience terbaik yang bisa dirasakan oleh konsumen Tiongkok, seperti penerimaan Alipay sebagai metode pembayaran, membangun Star Kitchen –dapur di dalam semua gerai supermarket Freshippo di Tiongkok, dan penggunaan teknologi mobile dan fitur augmented-reality rancangan Alibaba di gerai Starbucks roastery di Shanghai.
“Kami sangat senang bisa menghadirkan teknologi canggih Artificial Intelligence [milik] kami melalui Tmall Genie untuk melayani para konsumen Starbucks di Tiongkok, yang sudah sangat familiar dalam menggunakan teknologi dan digital,” ujar Miffy Chen, General Manager di Alibaba A.I. Labs yang memimpin pengembangan Tmall Genie. “Di awal tahun ini, kami meluncurkan layanan pemesanan dan pengantaran pesanan melalui Ele.me untuk menjawab kebutuhan para konsumen. Kini, kami sangat senang bisa memperkenalkan pengalaman yang semakin lengkap di platform kami melalui perintah suara pemesanan Starbucks dan memberikan manfaat langsung bagi pelanggan di Tiongkok di tengah rutinitas sehari-hari mereka.”
“Fitur Starbucks di Tmall Genie mengantarkan Starbucks ke era baru interaksi konsumen secara digital [dengan] memanfaatkan teknologi canggih terkini untuk menciptakan pengalaman yang tidak tertandingi dan semakin mendekatkan hubungan kami kepada para pelanggan,” ujar Molly Liu, Vice President dan General Manager, Digital Ventures, Starbucks Tiongkok. “Kami selalu berusaha untuk memastikan voice command pemesanan Starbucks ini semakin personal. Kami juga terus menambah kenyamanan pelanggan dengan memberikan kanal baru untuk berinteraksi dengan Starbucks –melalui sebuah platfom terintegrasi yang mereka andalkan dalam kehidupan sehari-hari.”
Melalui Tmall Genie, para pelanggan bisa menggunakan perintah suara untuk melacak status pemesanan mereka dalam waktu 30 menit. Cukup dengan mengatakan: “Tmall Genie bagaimana status pemesanan Starbucks saya?”
Para anggota Starbucks Rewards juga bisa mendapatkan Stars dan info terbaru tentang keanggotaan mereka, termasuk promo khusus, melalui Tmall Genie. Ke depannya, pada saat menggunakan perintah suara untuk memesan, para anggota Starbucks Rewards bisa menerima rekomendasi yang disesuaikan dengan preferensi sebelumnya dan menu-menu popular atau menu khusus. Keunggulan lainnya, penggemar Starbucks di Tiongkok bisa mendengarkan playlist yang biasa dimainkan di gerai-gerai Starbucks, melalui aplikasi streaming musik Alibaba: Xiami Music.
Penggunaan teknologi speech AI dan voice print payment (kemampuan menggunakan suara untuk mengkonfirmasi pembayaran), pesanan Tmall Genie membantu Starbucks untuk memperluas dan meningkatkan kualitas pengalaman Starbucks Delivers yang konsisten dengan standar Starbucks, termasuk tutup gelas anti percikan air yang dirancang secara khusus dan bisa digunakan untuk minuman panas atau dingin, perekat kemasan anti robek, dan wadah pengantaran individu yang bisa digunakan untuk menu panas dan dingin untuk memastikan pesanan tiba dengan suhu optimal untuk dinikmati pelanggan.
Tmall Genie bertema Starbucks yang secara eksklusif ini tersedia di toko virtual Starbucks di Tiongkok, yang menyatukan semua penawaran Starbucks dalam aplikasi mobile milik Alibaba, termasuk Taobao, Alipay, dan Tmall.
Walau permintaan kopi per kapita di Tiongkok masih kecil jika dibandingkan dengan konsumsi di Amerika Serikat –rata-rata penduduk Tiongkok mengkonsumsi tiga cangkir kopi per tahun jika dibandingkan dengan rata-rata sebanyak 363 cangkir per orang per tahun di Amerika Serikat –konsumsi kopi di Tiongkok tumbuh sebesar 16% per tahun selama 10 tahun terakhir, melampaui tingkat pertumbuhan rata-rata dunia sebanyak 2% per tahun, menurut International Coffee Organization.