NEWS GADGET

Peringatan Mengejutkan dari Samsung bagi Pembeli Galaxy S20 & S20 Ultra

en19ma   08 Mar 2020
Peringatan Mengejutkan dari Samsung bagi Pembeli Galaxy S20 & S20 Ultra

Galaxy S20, Galaxy S20+, Galaxy S20 Ultra yang benar-benar baru dan Galaxy Z Flip yang radikal dari Samsung telah mendominasi berbagai headline berita. Namun, kini, berkat Samsung sendiri, deretan perangkat ini bakal mendominasi untuk alasan yang berbeda.


Para pemilik Galaxy S20, S20+, S20 Ultra, dan Galaxy Z Flip akan menghadapi batasan dukungan yang parah.

Tertangkap oleh mata tajam dari SamMobile, Samsung telah memperingatkan para pembeli dari smartphone flagship terbaru ini bahwa mereka hanya akan mendapatkan dua generasi upgrade dari Android (yaitu Android 11, yang telah memasuki fase public beta testing dan Android 12, yang akan dirilis per tahun depan). Berita ini hadir meski pun Samsung telah mendongkrak harga jual dari model-model terbaru ini, membuat lini ini jadi sederet smartphone paling mahal yang pernah ada di pasaran.

Begitulah, Samsung secara diam-diam telah merilis peringatan ini melalui tautan Android Security Page miliknya, yang mengartikan bahwa kebanyakan pembeli pada umumnya akan melewatkan peringatan tersebut. Dan, ini merupakan semacam kebiasaan dari mereka yang mengecewakan, yang sudah pernah terjadi sebelumnya. Seperti yang telah dicermati oleh 9to5Google, “Di awal tahun ini, para pengguna Galaxy S8 terpaksa pasrah karena smartphone flagship mereka yang telah berusia 2 tahun tersebut tidaklah dijadwalkan untuk mendapatkan Android 10, dan teriakan-teriakan mereka tidaklah akan mengubah apa pun.”

Yang berbeda kali ini, tentu saja, harga dari smartphone keluaran Samsung ini telah mengorbit hingga ke luar angkasa jika dibandingkan dengan investasi yang perlu dilakukan untuk mendapatkan Galaxy S8 (harga peluncuran mulai dari $750) dengan Galaxy S20 yang merupakan entry-level dengan perbandingan harga yang nyaris lebih mahal sebesar $300 (dari $999). Ya, ada lompatan yang besar dari Galaxy S9 (dari 'hanya' $720) menuju ke Galaxy S10 (dari $899), namun Samsung juga menyematkan harga Galaxy S20 Ultra (dari $1,399) dan Galaxy Z Flip (dari $1,380) hingga mendekati angka $1,400, sehingga rasanya wajar jika para konsumen berharap lebih kepada Samsung untuk memberikan layanan jangka panjang yang lebih lama.


Setelah mengeluarkan sebanyak $1,400, para pemilik Galaxy Z Flip harusnya mendapatkan lebih dari upgrade Android yang berakhir di tahun depan.

Ya, kebanyakan pembuat ponsel Android melakukannya dengan lebih baik (Google menawarkan upgrade Android selama tiga tahun untuk para pemilik Pixel) tapi, kebalikannya, Apple mendukung iPhone 5S hingga lima generasi iOS sebelum layanan berakhir dengan iOS 13 per tahun lalu.

Oleh karena itu, para pemilik Galaxy S20, S20+, S20 Ultra, dan Galaxy Z Flip seharusnya lebih waspada akan apa yang bakal menanti mereka di kemudian hari. Samsung secara diam-diam menyebarkan peringatan ini pada sebuah laman di website miliknya, yang nyaris tak ada yang bakal membacanya dengan cermat.

Ini bukanlah satu-satunya kesempatan bagi para pemilik Galaxy untuk mendapatkan sesuatu yang lebih, inilah kesempatan bagi Samsung untuk lebih mendengarkan.

FYI, bagi siapa pun yang telah mengikuti kabar mengenai lini smartphone flagship terbaru (dan paling mahal) dari Samsung, berita-berita telah menyebar bahwa perangkat-perangkat tersebut telah didistribusikan lebih awal dari tanggal rilis resminya, yakni tanggal 6 Maret 2020, dengan beberapa konsumen yang telah menerimanya. Hal ini tampaknya telah dilakukan melalui beberapa kanal distribusi, dan adalah sesuatu yang penting untuk diperhatikan bahwa ada update firmware yang signifikan dan telah tersedia untuk lini tersebut dan mengharuskan untuk segera di-install oleh para pemiliknya karena akan memperbaiki banyak bug dan memberikan upgrade secara performa. Jika Anda tak mendapatkan notifikasi secara otomatis mengenai update tersebut saat menyalakan smartphone tersebut untuk pertama kalinya, maka setelah menyelesaikan proses setup, ikutilah langkah-langkah berikut: Settings > System updates > Check for system updates > Download now > Install. Catatan: Perangkat milik Anda akan melakukan restart selamat menjalani proses ini.

Dan, berkat Samsung juga, meski para pengguna mungkin memiliki kekhawatiran tersendiri mengenai beberapa bug yang ada pada lini Galaxy S20 saat peluncurannya dan tradisi yang buruk dari perusahaan tersebut terkait layanan jangka panjangnya, terutama mengenai salah satu hal yang muncul setelah membuka boks, yakni perihal charging perangkat. Sebuah organisasi, USB Implementers Forum (IF), telah memberikan status "Fast Charger Certified" untuk keseluruhan lini Galaxy S20. Ini merupakan kali pertama bagi sebuah smartphone untuk mendapatkan sertifikasi ini. Mengapa begitu? Pikirkan mengenai masalah keamanan. Sertifikasi tersebut mengartikan bahwa Samsung telah memberikan dukungan terkait PPS (programmable power supply), yang diperkenalkan bersama-sama dengan spesifikasi Power Delivery 3.0. PPS memungkinkan pengendalian tingkat voltase yang dinamis, yang menghasilkan proses charging perangkat yang lebih efisien dan -secara kruasil- pengelolaan suhu panas yang lebih baik. Yang terakhir ini biasanya berkaitan dengan penyebab charger dapat meledak. Sebagai konsekuensinya, Galaxy S20, S20+, dan S20 Ultra secara resmi merupakan deretan smartphone paling aman yang pernah Anda beli. Salut untuk Samsung.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top