TIPS

Perhatikan Hal ini sebelum Menjual Smartphone Lama Kamu

Dikdok   11 Feb 2018
Perhatikan Hal ini sebelum Menjual Smartphone Lama Kamu

Perkembangan teknologi yang tengah terjadi saat ini telah berkembang dengan sangat cepat. Hanya dalam waktu singkat,atau bahkan dalam waktu yang bersamaan banyak muncul sebuah fitur dan teknologi baru yang membuat setiap orang ingin memilikinya.

Sebagai salah satu teknologi yang banyak digunakan saat ini, smartphone pun juga mengalami hal serupa. Bahkan dengan 'terlalu' cepatnya smartphone berkembang hal ini telah menyebabkan daya jual beli smartphone sangat tinggi.

Di lingkungan kita saja, pastinya banyak kita kenali orang yang sering sekali menjual smartphone lamanya untuk membeli smartphone baru. Hal tersebut sah-sah saja selama kegiatan tersebut tidak merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Oleh karena itu, guna menghindari kerugian yang terjadi, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjual sebuah smartphone lama:

1. Backup data.

Hal paling penting sebelum menjual smartphone adalah pastikan kita telah melakukan backup data terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat data-data yang ada di dalam smartphone lama kita tetap bisa kita buka di kemudian hari.

2. Keluarkan SIM card dan memory card.

Setelah melakukan backup data, jangan lupa untuk mengeluarkan SIM card dan juga memory card milik kita. Pasalnya setiap data yang tersimpna di dalam SIM card maupun memory card pastinya memiliki kaitan yang erat dengan identitas diri dan data yang bersifat pribadi, yang tentunya rentan untuk disalahgunakan.

Jika kita ingin menyertakan memory card sebagai bagian dari hal yang akan dijual, pastikan bahwa memory card telah dibersihkan dengan baik.

3. Enkripsi data dan factory reset.

Hal penting yang tidak kalah pentingnya sebelum menjual smartphone adalah pastikan bahwa kita sudah melakukan factory reset enkripsi.

Dengan melakukan factory reset, maka data-data yang ada di smartphone lama kita akan terhapus. Namun, sebenarnya melakukan factory reset saja masih belum cukup. Karena sebenarnya menghapus data menggunakan factory reset tidak menghapus seluruh data kita sebelumnya.Walaupun harus memiliki keahlian khusus untuk memulihkan data yang telah dihapus dengan factory reset, namun tentu saja hal tersebut masih cukup berbahaya.

Untuk lebih memastikan bahwa data kita benar-benar tidak bisa diakses kembali oleh orang lain, lakukanlah enkripsi sebelum melakukan factory reset. Caranya masuk di menu setting > security > encrypt phone.

4. Bersihkan smartphone.

Jika seluruh data pribadi telah diamankan, kini saatnya untuk membersihkan smartphone lama kita. Bersihkan smartphone dengan microfiber. Hindari penggunaan alkohol atau cairan pembersih dengan bahan kimia keras ketika membersihkan smartphone. Hal ini diperlukan agar si pengguna baru akan merasa puas dengan barang yang kita jual.

5. Kelengkapan Smartphone.

Patikan pula bahwa kita memberikan seluruh aksesoris yang ada pada smartphone dengan lengkap, mulai dari dus, buku panduan, charger, earphone dan berbagai perlengkapan lainnya ketika kita membeli smartphone tersebut. Semakin lengkap maka membuat harga smartphone bekas milik kita memiliki harga jual yang tinggi.

 

Nah, itulah hal yang harus diperhatikan sebelum menjual sebuah smartphone lama. Semoga membantu ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top